Apa Itu Anoreksia ?

by Ummi on March 23, 2016

Apa itu Anoreksia ???

Anorexia nervosa adalah kondisi kesehatan mental yang serius. Hal ini merupakan jenis gangguan makan dimana seseorang akan selalu berusaha menjaga agar berat tubuh mereka bisa tetap sekurus mungkin.

Orang yang mengalami anoreksia biasanya akan melakukan hal ini dengan cara membatasi jumlah makanan yang mereka makan, membuat diri mereka sendiri untuk muntah, dan melakukan olahraga secara berlebihan.

pengertian anoreksia

Kondisi ini biasanya timbul akibat sebuah kekhawatiran tentang bentuk tubuh dan berat badan yang berasal dari akibat rasa takut akan menjadi gemuk atau hasrat kuat untuk bisa jadi kurus. Banyak orang dengan anoreksia memiliki image yang menyimpang dari diri mereka sendiri, dengan berpikir bahwa mereka gemuk padahal mereka tidak.

Anoreksia sebagian besar umumnya mempengaruhi para gadis dan wanita, meskipun hal itu juga menjadi sesuatu yang lebih umum dialami para pria di beberapa tahun terakhir. Rata-rata, kondisi ini mulai timbul pada usia sekitar 16 hingga 17 tahun.

Tanda-tanda dan gejala Anoreksia

Orang yang menderita anoreksia seringkali berusaha keras untuk menyembunyikan perilaku menyimpang mereka dari keluarga dan teman-teman dengan cara berbohong tentang apa yang mereka makan atau berpura-pura kalau sudah makan sebelumnya.

Tanda-tanda seseorang memiliki kemungkinan menderita anoreksia atau gangguan pola makan yang lain diantaranya adalah :

  • Tidak mau makan, makan dengan porsi sangat sedikit, atau menolak untuk makan makanan yang berlemak.
  • Terlalu terobsesi menghitung kalori di dalam setiap makanan.
  • Segera meninggalkan meja makan setelah makan sehingga mereka bisa memuntahkannya keluar.
  • Meminum obat penekan nafsu makan, obat pencahar, atau peluruh kencing (pokoknya setiap obat yang membantu menghilangkan cairan dari dalam tubuh).
  • Sering berulang kali menimbang bobot tubuhnya sendiri atau memeriksa tubuhnya di depan kaca.
  • Memiliki masalah fisik, seperti perasaan pusing, pening, rambut rontok atau kulit kering.

Anoreksia juga bisa dikaitkan dengan masalah psikologis yang lain seperti depresi, kecemasan, rasa percaya diri yang rendah, penyalahgunaan alkohol, dan menyakiti diri sendiri.

Mendapatkan bantuan

Orang yang menderita anoreksia seringkali tidak mau meminta bantuan, barangkali karena mereka takut atau tidak menyadari jika mereka sedang bermasalah. Banyak orang yang menyembunyikan kondisi mereka selama waktu yang cukup lama, terkadang hingga bertahun-tahun. Langkah pertama yang terpenting bagi seseorang yang menderita anoreksia adalah, mereka mau menyadari bahwa mereka butuh bantuan dan mereka ingin menjadi orang yang lebih baik.

Jika kamu pikir ada seseorang yang kamu kenal mengalami anoreksia, maka cobalah untuk berbicara kepada mereka tentang kekhawatiranmu dan dorong mereka untuk mencari bantuan. Hal ini bisa menjadi sebuah percakapan yang sangat sulit karena mereka bisa saja bersikap defensif dan menolak untuk menerima kenyataan bahwa mereka mengalami masalah. Meski begitu, penting juga bagimu untuk tidak mengkritik atau menekan mereka karena ini bisa saja membuat segala sesuatunya menjadi bertambah buruk.

Kamu juga mungkin bisa meminta bantuan saran dari grup pendukung masalah pola makan tentang bagaimana cara terbaik untuk bisa mengungkap hal tersebut.

Dan jika kamu merasa, kamu sendiri mengalami anoreksia, maka cobalah untuk mencari bantuan sesegera mungkin. Kamu bisa memulai dengan membicarakan hal ini kepada seseorang yang kamu percaya, seperti salah satu anggota keluarga atau teman dekat, dan barangkali kamu meminta mereka untuk menemanimu mencari grup pendukung.