≡ Menu
werno-werno.com

Apa Itu Diabetes? Dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Kamu pasti sering mendengar bahwa banyak dari tetangga, rekan kerja atau bahkan keluargamu yang menderita penyakit Diabetes. Memang tak bisa dipungkiri, Diabetes adalah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Maka dari itu, kamu harus waspada agar kamu juga tidak termasuk dalam daftar penderita penyakit gula tersebut. Sebelum kamu tahu lebih dalam mengenai cara ampuh mencegah Diabetes, ada baiknya jika kamu mengenal lebih dulu apa itu penyakit diabetes;

cara mencegah diabetes

Mengenal Diabetes

Diabetes adalah sejenis penyakit yang didefinisikan sebagai ketidak mampuan tubuh untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Biasanya, tubuh kita akan mengubah makanan menjadi glukosa (gula) yang bisa digunakan untuk energi. Seseorang yang menderita Diabetes tidak bisa memproduksi cukup insulin atau tidak bisa menggunakan insulin seefisien mungkin untuk membantu glukosa mencapai sel tubuh untuk digunakan sebagai energi. Sebagai akibatnya, kelebihan gula akan terbentuk. Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan pankreas untuk memberikan kompensasi lebih guna membuat insulin, sehingga menyebabkan kerusakan permanen. Kadar gula dalam darah yang berlebih juga menyebabkan pembuluh darah mengeras, sehingga menyebabkan masalah sirkulasi darah yang parah pada kaki dan telapak kaki.

Beberapa gejala Diabetes tipe 2 yang paling umum meliputi sering kencing, rasa haus dan lapar yang berlebih, penurunan berat badan drastis, perubahan penglihatan mendadak, kekurangan energi yang parah serta luka yang sulit sekali sembuh. Meski begitu, ada beberapa orang dengan Diabetes tipe 2 yang mungkin tidak menunjukkan gejala apapun. Diabetes, akan sangat berbahaya jika tidak segera dirawat dan bisa memunculkan resiko penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan dan kondisi buruk lainnya. Penyakit Diabetes juga bisa menyerang siapa saja, dari semua kalangan usia di belahan dunia manapun. Jika kamu atau keluargamu beresiko terkena Diabetes tipe 2, maka segera ikuti langkah-langkah berikut ini unyuk membantu mengurangi resiko secepatnya.

Cara mencegah Diabetes

  • Berhenti merokok saat ini juga

Pusat pengendalian penyakit di Amerika Serikat memperkirakan bahwa perokok memiliki kemungkinann 30-40 % untuk terserang Diabetes tipe 2lebih banyak dibanding dengan yang tidak merokok. Merokok juga terbukti dapat menaikkan kadar gula dalam darah dan merusak jantung serta pembuluh darah. Jika kamu perokok, maka mintalah bantuan ke pakar ahli untuk membantumu menemukan rencana penghentian yang akan berhasil untukmu. Minta pula dukungan dari teman dan keluarga untuk selalu memantau dan menyemangati tujuanmu.

  • Turunkan kelebihan berat badanmu

Menurut Obesity Society, seseorang yang gemuk akan lebih kesulitan untuk mengontrol kadar gula dalam darahnya. Faktanya, hampir 90 % penderita Diabetes tipe 2 memiliki berat yang berlebih. Untuk itu, pertahankan agar Indeks Massa Tubuhmu (BMI) berada dalam cakupan yang aman dan menyehatkan.

  • Olahraga selama 30 menit minimal dalam 5 hari seminggu

Berjalan, berenang, atau bersepada adalah salah satu contoh opsi olahraga yang bagus dan mudah dilakukan. Disamping itu, penting juga untuk meningkatkan pergerakanmu secara keseluruhan, seperti dengan menaiki anak tangga sebagai ganti elevator, memarkir mobil di tempat yang lebih jauh dari tujuanmu, atau turun dari halte bus lebih awal. Kamu juga bisa mengajak keluargamu jalan-jalan setelah makan bersama dan melakukan sit up / lunges selama iklan TV. Pokoknya, gerakan tubuh sekecil apapun akan membantu.

  • Makan makanan yang sehat serta batasi konsumsi gula berlebih dan daging olahan

Secara umum, perbanyak sajian sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada, dan sawi. Ikan segar, ayam, dan kalkun juga bisa jadi pilihan yang bagus. Meskipun menggoda, namun katakan “tidak” pada makanan ringan kemasan, permen, makanan beku tinggi sodium, dan daging olahan.

1 comment… add one

Leave a Comment