Apa Yang Dikatakan Kuku Mengenai Kesehatanmu?

by Ummi on October 27, 2015

Pernahkah kamu memperhatikan dengan seksama, bagaimana dengan kondisi dari kuku tanganmu sebenarnya? Maksudnya memperhatikan setiap bentuk, perubahan warna, tanda, dan retakan di kuku tanganmu? Ternyata, para pakar kesehatan profesional telah lama mengaitkan kesehatan tubuhmu dengan kesehatan dari kuku tanganmu.

kuku yang sehat

“Seperti halnya mata yang bisa dibilang sebagai jendela dari jiwa kita, maka begitu pula dengan kuku.” Ujra Tamara Lior, MD, seorang dermatologis di klinik Kecantikan di Florida. Lior mengatakan bahwa dia pernah meyakinkan seorang pasien untuk memeriksakan paru-parunya setelah dia mengetahui adanya warna kebiruan di kukunya, yang merupakan pertanda bahwa pasien tersebut tidak mendapatkan cukup banyak oksigen. Dan setelah diperiksa, pasien tersebut ternyata memiliki cairan di paru-parunya.

Jadi, agar kamu bisa lebih waspada dengan kondisi kesehatanmu, maka cek mengenai kondisi dan bentuk dari kuku tanganmu yang bisa memberikan pertanda tertentu, seperti pada ulasan berikut ini ;

Bintik putih kecil di kuku

Pernahkah kamu menyadari, terkadang ada tanda bintik putih yang muncul di permukaan kukumu. Lalu, apa artinya? Ternyata itu menandakan bahwa kamu sedang kekurangan seng alias zync.

Seng merupakan blok pembangun tubuh, sedangkan kekurangan seng bisa menyebabkan diare, impotensi, rambut rontok, terhambatnya pertumbuhan, gangguan nafsu makan, lesi di bagian mata dan kulit, serta tertekannya sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mendapatkan asupan seng dari kerang, biji labu kuning, coklat pekat, dan kacang tanah.

Lunula kuku

Gundukan warna putih berbentuk seperti bintang sabit terbalik yang ada di bagian pangkal kuku atau biasa disebut dengan istilah ‘moon’ atau ‘Lunula’ bisa dijadikan indikator dari kesehatan thyroid yang bagus. Jadi, seseorang yang memiliki kesehatan thyroid yang bagus, pasti memiliki moon di setiap kukunya, terutama di ibu jarinya. Setiap kuku yang tidak memiliki half moon menunjukkan bahwa ia memiliki thyroid yang lemah. Semakin sedikit moon yang tampak, maka semakin lemah pula thyroidnya. Kesehatan thyroid yang lemah bisa menyebabkan depresi, perubahan suasana hati (mood swing), dan rambut yang menipis.

Alur kuku

Adanya alur berbentuk garis-garis vertikal di atas kuku bisa berarti adanya kemungkinan kekurangan zat besi. Asupan harian yang direkomendasikan adalah 18 mg zat besi per hari. Kamu bisa mendapatkan 14 mg zat besi dari ½ cangkir biji labu kuning, 6.2 mg dari ½ cup tahu, dan 7.4 mg zat besi dari 3 oz kerang rebus.

Sedangkan alur kuku yang berbentuk horizontal juga bisa berarti kekurangan akan vitamin A dan C. Kamu bisa memperoleh asupan vitamin A dari ubi jalar, wortel, brokoli, bayam, selada, dan yang lainnya. Untuk vitamin C, bisa kamu peroleh dari pepaya, strawberry, jeruk, lemon, melon, dan kembang kol.

Selain beberapa tanda diatas, masih ada beberapa peringatan lain yang ditunjukkan oleh kukumu mengenai kondisi kesehatanmu, diantaranya :

  • Perubahan warna kuning pada ujung kuku (bahkan ada beberapa yang hingga menutupi seluruh kuku) bisa menjadi tanda dari noda rokok, atau mengindikasikan adanya masalah dengan limpa, hati, atau pankreas.
  • Kulit di tepi kuku yang tersiat sedikit, atau biasa disebut dengan istilah ‘hangnails’, menandakan kemungkinan buruknya pencernaan, kekurangan protein, dan vitamin C.
  • Adanya warna biru di sekitar lunula atau moon, bisa menandakan adanya kemungkinan terjadi masalah dengan paru-paru atau saluran pernafasanmu.
  • Warna merah di sekitar lunula atau moon, bisa menandakan kemungkinan adanya masalah jantung.
  • Jika warna kukumu tiba-tiba memutih semua, maka ada dua kemungkinan penyebabnya. Pertama, adanya gangguan suplai darah ke kuku baik sebagian atau sepenuhnya, yang bisa menjadi pertanda dari kondisi kesehatan yang serius. Kedua, kamu sedang mengalami infeksi jamur di kuku.
  • Warna kulit yang memerah di sekitar kuku tangan, menandakan adanya kemungkinan gangguan jaringan pembuluh ikat.
  • Kuku yang mudah patah atau sobek menandakan kemungkinan kamu mengalami kekurangan vitamin B-7.

Itu tadi beberapa tanda peringatan yang bisa kamu ketahui dari kukumu yang berkaitan dengan kondisi kesehatanmu. Jika kamu menyadaria danya perubahan dalam kukumu, entah itu dari segi bentuk, warna, atau yang lain maka segera lakukan pemeriksakan lebih lanjut.