Aromaterapi Sesuai Suasana Hati

by Ummi on April 19, 2015

Entah kamu ingin membangkitkan semangat, atau ingin menenangkan pikiran, penggunaan aromaterapi yang tepat bisa memberikan pengaruh yang besar pada suasana hati, dan bahkan bisa mempengaruhi perasaan tamu yang datang mengenai rumahmu. Kamu bisa menggunakan aromaterapi dalam bentuk lilin beraroma, minyak esensial, ataupun parfum. Berikut ini adalah beberapa aromaterapi yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan suasana hati yang tepat:

manfaat aromaterapi

Untuk memberikan energi & semangat

  • Kulit jeruk memiliki pengaruh membuat rileks sekaligus membangkitkan semangat. Bahkan, aroma jeruk juga dipercaya sebagai antioksidan kuat yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan serangan radikal bebas. Nyalakan lilin aromaterapi dengan wangi Citrus atau hangatkan irisan kulit jeruk di dalam oven dengan tingkat panas yang rendah, untuk memenuhi rumahmu dengan aroma yang sedap.
  • Rosemary juga bisa membantu meningkatkan kewaspadaan mental, membuatnya menjadi pembangkit semangat yang tepat pada penghujung hari yang melelahkan.
  • Anggur memiliki sifat penyeimbang dan peningkat mood yang sempurna untuk mengatasi stress atau untuk membantu mengalahkan cuaca dingin.

Untuk menenangkan dan rileks

  • Wangi mawar bisa membawa sensasi peningkatan vitalitas dan rasa santai yang menentramkan.
  • Aromaterapi dengan wangi Tanaman nilam (Patchouli) juga bisa meredakan stress dan kecemasan. Sempurna untuk membantumu melepaskan lelah sambil bersantai di mandi air hangat.
  • Bunga Geranium adalah bunga dengan wangi yang menenangkan dan menyeimbangkan. Sangat berguna untuk membantu meredakan kecemasan, tekanan, dan kurang istirahat.

Untuk meningkatkan gairah seks

  • Vanilla. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Chicago Smell and Taste Treatment Research Foundation menemukan bahwa wangi vanilla bisa memberikan nuansa sensual dan bergairah untuk pasangan. Saat libidomu menurun, gunakanlah aromaterapi dengan wewangian vanilla untuk merangsang pikiran kita untuk meningkatkan kepekaan tubuh (karena bersifat merangsang sekresi estrogen dan testosterone) serta meningkatkan gairah seksmu dan juga pasangan.

Selain itu, wewangian yang lembut seperti bunga Lily, Melati, dan Gardenia sangat bagus untuk kamarmu saat siang hari. Selamat mencoba!