Aturan Penting Dalam Menjaga Kebersihan Produk Dan Peralatan Makeup

by Ummi on December 19, 2016

Memang makeup bisa membuat kita benar-benar terlihat lebih cantik dan berbeda dari biasanya. Namun jika kamu tidak berhati-hati, ada berbagai cara makeup bisa membuatmu sakit. Nah agar kamu bisa menjaga kebersihan produk dan peralatan makeupmu, maka simak aturan-aturan penting dalam membersihkan makeup berikut ini :

Bersihkan kuas makeupmu

Kuas makeup bisa menjadi sarang bakteri, sehingga kamu sebaiknya membersihkannya paling tidak setiap satu kali seminggu.cara terbaik untuk membersihkan peralatan makeupmu sepenuhnya adalah dengan menuangkan alkohol gosok ke dalam satu mangkuk atau cangkir kecil (jangan tambahkan air sama sekali), lalu celupkan kepala kuasnya ke dalam cairan tersebut lalu putar-putar kuasnya. Kamu juga sebaiknya menggunakan tissue yang sudah dicelupakn ke dalam alkohol sebelumnya untuk mengelap gagang kuasnya. Namun ingat, jangan biarkan kuas terendam terlalu lama di dalam larutan alkohol, karena kamu tentu tidak ingin merusak lem yang merekatkan bulu kuasnya.

Cuci tanganmu sebelum menerapkan makeup

Pikirkan tentang hal ini : Sepanjang hari kamu melakukan  kontak dengan permukaan yang banyak dihuni kuman, sehingga kamu sebaiknya jangan langsung menempelkan jarimu ke dalam wadah kosmetik dan langsung mentransfer kotoran yang melekat di jarimu. Sebelum menyentuh produk makeup dari botol (seperti serum, primer, lotion, dan concealer), maka penting bahwa kamu sudah benar-benar mencuci tangan dengan sabun desinfektan.

Pastikan pula makeupmu belum kadaluarsa

Sebagian besar orang tidak berpikir bahwa makeup juga bisa ‘rusak’ seperti halnya makanan, namun sebenarnya  setiap produk kecantikan memiliki tanggal kadaluarsa produk yang pasti. Untuk itu, coba cari symbol PAO (periode masa pakai setelah dibuka) pada kemasan makeup untuk melihat kapan mereka tidak akan aman lagi untuk digunakan. Biasanya, itu ditandai dengan kode angka dan huruf ‘m’ yang merupakan singkatan ‘month’ (bulan), yang berarti jika tulisannya ‘8m’ maka kamu punya waktu 8 bulan hingga produknya tidak laik pakai lagi. Maskara misalnya, bagus digunakan hanya untuk waktu 6 bulan saja. Dan selalu perhatikan pula adanya perubahan dalam bentuk bau, tekstur, dan tampilan makeupmu, karena makeup bahkan bisa ‘rusak’ sebelum tanggal kadaluarsa resminya.

Jangan pernah berbagi makeup dengan orang lain

Meminjam lipstick dan lipgloss dari orang lain sepertinya tidak berbahaya, namun hal itu benar-benar bisa menjadi cara termudah untuk menularkan virus. Misalnya saja, herpes oral bisa ditularkan melalui saling berbagi lip balm, bukannya hanya dengan menghindari orang yang sedang flu saja. Setiap penyakit yang bisa ditularkan melalui air liur, seperti flu, demam, hepatitis dan mononukleosis, adalah sasaran empuk untuk membuat produk bibirmu menjadi rumah bagi virus. Untuk menjaga makeupmu terbebas dari bakteri berbahaya, selalu jaga riasanmu untuk digunakan sendiri.

Desinfektan makeup bubukmu

Bukan hanya kamu perlu untuk membersihkan kuas dan aplikator makeupmu saja, namun bijaksana jika kamu juga membersihkan produk makeup fisikmu. Produk yang terbuat dari bubuk padat (seperti blush, bronzer, eyeshadow, dan lain-lain)  sebaiknya disemprot dengan alkohol gosok untuk menjaga mereka tetap bebas dari bakteri dan virus. Dengan membersihkan produk taburmu menggunakan cara ini, kamu juga kemungkinan kecil mengalami jerawat.

Cuci juga tempat makeupmu

Lalu apa gunanya kita sudah membersihkan kuas dan peralatan makeup jika kita akan mengembalikan mereka lagi ke dalam tas makeup yang kotor. Karena tas makeup tergolong produk makeup yang awet, maka wadah makeupmu mungkin akan menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengumpulkan dan menyimpan bakteri. Untuk mencegah menumpuknya kotoran, maka benar-benar gosok setiap permukaan tas makeupmu dengan menggunakan tisu desinfektan. Ini akan membuat tas makeupmu juga terlihat jauh lebih baik!

Ganti sponge makeupmu secara teratur

Tidak seperti kuas makeup, spons dimaksudkan untuk sekali pakai. Produk cair yang meresap jauh ke dalam spons, dan lingkungan yang lembab dapat mengembangbiakkan bakteri dan jamur. Selayaknya kamu akan membuang spons wastafel dapur yang sudah usang, maka itu juga perlu untuk mengganti spons makeup yang sudah tua dan kotor secara teratur, dan jangan meneruskannya untuk diterapkan ke wajahmu.