AWAS..! Bahaya Gadget bagi Kesehatan

by Ummi on November 21, 2014

Perkembangan teknologi semakin pesat. Kini, sudah banyak tersedia berbagai gadget dengan beragam bentuk dan kegunaan mulai dari smartphone, tablet, laptop, PC, smartwatch, hingga kamera digital. Tidak hanya orang tua saja yang menggunakannya, bahkan anak sekolah dasar pun sekarang sudah mahir mengoperasikan gadget.

Efek negative gadget bagi kesehatan

Meski gadget membawa banyak manfaat bagi manusia, karena semakin mempermudah komunikasi, memperluas wawasan dengan cara yang mudah, menyediakan hiburan multimedia yang beragam, dan masih banyak yang lainnya, namun penggunaan gadget secara berlebihan bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan kita. Apa saja efek buruk gadget bagi kesehatan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

  • Obesitas

Kamu bisa menjadi seorang penggila makanan saat gadgetmu sudah berada dalam genggaman. Bermain game, chatting, atau asyik berkutat dengan gadget bisa membuatmu merasa lapar dan tanpa sadar kamu akan mulai berpesta makanan dan terus ngemil tanpa beranjak satu meterpun dari tempat dudukmu. Hal ini tentu akan membuat berat badanmu terus bertambah. [Baca juga; Cara aman atasi obesitas]

  • Gangguan tidur

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa anak kecil seharusnya tidak diberikan gadget apapun hingga mereka mencapai usia tertentu. Penggunaan gadget secara konstan (terus menerus) bisa menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia, dan kurang tidur. [Baca juga; Efek negatif akibat kurang tidur]

  • Masalah pendengaran

Mendengarkan musik melalui headphone pada smartphone, MP3 Player, ataupun laptop secara terus menerus bisa menimbulkan masalah pendengaran. Berdasarkan penuturan para ahli, suara yang mencapai kekuatan 85 desibel bisa mengubah bulu-bulu halus pada telinga bagian dalam menjadi jaringan parut jika ini dilakukan sebagai kebiasaan. Inilah salah satu cara bagaimana gadget bisa berpengaruh buruk bagi kesehatanmu.

  • Kanker

Gelombang radiasi merupakan salah satu unsur penyebab kanker. Radiasi yang dipancarkan oleh gadget bisa memicu berbagai penyakit kanker seperti Leukimia, kanker kulit, Tyroid, payudara, dan kanker perut.

  • Memicu ketidak harmonisan keluarga

Efek negative lain dari pengguanan gadget yang berlebihan adalah berkaitan dengan produksi sperma. Menggunakan smartphone lebih dari 18 jam sehari bisa mengurangi produksi sperma pria. Bahkan, menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2004 oleh State Unioversity of New York menyebutkan bahwa dengan terus meletakkan laptop pada pangkuan dan berada di dekat perut bisa berefek pada kurangnya produksi sperma.

  • Mata kering

Apakah kamu merasa matamu tiba-tiba terasa sakit dan kering? Jika iya, ini disebabkan oleh ketegangan yang terjadi pada mata. Saat mata terus menerus menatap layar gadget mata menjadi tegang, dan menyebabkan mata kering yang selanjutnya juga akan memicu infeksi dan beragam gangguan mata yang lainnya.

  • Stress

Stress bisa dipicu oleh penggunaan gadget yang kamu pakai untuk berkomunikasi. Menunggu telepon penting, atau melakukan interview melalui Skype Chat bisa membangun tekanan ekstra dalam pikiranmu yang akan memicu stress dan bisa berimbas pada kesehatanmu.

  • Kehilangan kontak dengan lingkungan sekitar

Efek terburuk dari gadget adalah kamu bisa kehilangan kontak dengan lingkungan sekitarmu sejak kamu teracuni dan terlalu larut dengan teknologi.

  • Membahayakan kehamilan

Radiasi yang dipancarkan gadget bisa memperlambat laju perkembangan otak dari janin dan bahkan bisa memicu hiper aktivitas yang berbahaya bagi janin.

  • Sakit punggung

Pengguanan gadget yang terus-terusan juga bisa menyebabkan beragam sakit punggung. Saat kamu secara konstan menggunakan gadget dalam posisi duduk, hal itu bisa berpengaruh pada punggungmu..