Awas Jangan Memakai Lip Balm Secara Berlebihan

by Ummi on September 5, 2013

Lip balm bisa dibilang jadi senjata andalan para cewek buat bikin bibir terlihat basah, lembab dan menarik. Ini karena lip balm bersifat emollient, yaitu melembabkan sekaligus melembutkan bibir kamu, terutama yang mengalami pecah-pecah.

Tapi ternyata memakai lip balm setiap hari tidak disarankan, kenapa? Pemakiaan lip balm secara berlebihan bisa menjadikan adiktif, artinya kamu bisa jadi kecanduan. Setiap waktu, setiap saat dan setiap detik tanpanya, kamu nggak akan merasa PD atau merasa segar dan cantik.

Mencegah & mengatsi bibir kering dan pecah

Lip balm memang bisa melembabkan dan melembutkan bibir, namun ternyata, memakai lip balm juga akan menghambat proses alami bibir dalam mengganti sel-sel lama menjadi sel baru. Jadi begini: lip balm akan membentuk lapisan pelembab yang melindungi bibir tipis kamu supaya tidak mengering. Bibir kamu memang terasa lembab, tapi proses di mana seharusnya kulit bibir mengering dan mengelupas jadi terhambat, akibat adanya lip balm. Akhirnya, proses regenerasi sel bibir melambat dan sel yang baru tidak terbentuk.

Kalau kamu khawatir sama kemungkinan kulit bibir menjadi pecah-pecah atau bahkan yang sudah terlanjur pecah-pecah, coba lakukan beberapa tips berikut supaya bibir kamu senantiasa segar dan lembab:

  1. Hindari kebiasaan menjilat bibir, karena justru ini akan membuat bibir lebih mudah kering dan kehilangan kelembaban.
  2. Jangan memakai lip gloss yang mengandung alkohol, karena akan meyebabkan kulit bibir menjadi kering.
  3. Oleskan vitamin E buat mengatasi bibir yang sudah terlanjur pecah-pecah.
  4. Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari, buat menjaga kecantikan bibir dan kulit kamu.
  5. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan, Karena sayur dan buah mengandung banyak antioksidan yang sangat baik buat kecantikan.

Bagaimanan nona-nona, mudah dan simpel kan tips mencegah dan mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selamat mencoba..!!

Baca juga; Cara Alami Memerahkan Bibir Hitam.