Awas! waspadai bahaya merokok bagi kecantikan

by Ummi on September 27, 2014

Jangan sekali-kali melakukan kebiasaan merokok demi mendapatkan kecantikan yang alami. Meski para wanita jarang sekali yang merokok, namun mereka juga sulit untuk menghindar dari paparan asap rokok karena sering berinteraksi dengan para perokok, terutama di tempat-tempat umum.

Waspadai bahaya merokok atau terkena asap rokok bagi kecantikan

Asap rokok sangat berpengaruh pada proses penuaan dini. Meskipun penuaan dini ini bisa diantisipasi dengan mengkonsumsi salah satu dari 8 makanan super pencegah penuaan dini, namun menghindari asap rokok juga harus dilakukan. Orang yang memiliki kebiasaan merokok, akan terlihat 15-20 tahun lebih tua dibandingkan dengan usia aslinya. Ini akan terlihat jelas ketika sudah memasuki usia 30 tahun keatas. Asap rokok bisa membuat kulit menjadi kering dan kusam, sehingga kulit rentan terhadap alergi dan paparan radikal bebas. Hal ini dikarenakan, merokok bisa mengurangi produksi vitamin A yang berfungsi sebagai pelindung kulit. Bahaya dari asap rokok ini juga bisa menyerang siapa saja, tak peduli apakah itu perokok aktif ataupun pasif.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan, bahwa merokok dapat menimbulkan percepatan proses penuaan dan membuat para perokok bisa meninggal 10 tahun lebih awal sebelum waktunya. Disamping itu, bagi perokok di usia 20-an tahun, merokok juga terbukti sebagai pemicu munculnya syndrome Werner yang ditandai dengan rambut yang mulai cepat beruban, lapisan kulit yang semakin menipis, dan suara yang semakin parau.

Syndrome Werner disebabkan oleh adanya mutasi gen WRN yang berfungsi untuk memproduksi protein WRN yang mampu melindungi serta memperbaiki DNA pada setiap sel dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Toru Nyunoya, peneliti dari Universitas Iowa beserta teman-temannya dengan cara mengumpulkan sempel sel-sel paru-paru dari para perokok dengan menggunakan emphysema, jumlah gen WRN yang terdapat pada para perokok sebenarnya masih dalam tingkat normal, namun terdapat suatu hal yang menghalangi gen WRN tersebut untuk memproduksi protein WRN.

Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata penyebab dari kurangnya produksi protein WRN adalah ekstrak asap rokok, sehingga dapat mempercepat proses penuaan sel. Dengan adanya penuaan sel, maka juga akan mengakibatkan seseorang mengalami penuaan dini. Inilah beberapa bahaya yang kita alami jika melakukan kebiasaan merokok atau sering terkena asap rokok..