≡ Menu
werno-werno.com

Bahan-bahan perawatan kecantikan alami yang tersedia di rumah

Jika kamu ingin merawat kecantikan wajah dan tubuhmu, tanpa harus repot-repot pergi ke salon/ spa dan mengeluarkan banyak biaya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di kulkas rumahmu. Strawberry, lemon, bawang, atau madu kedengarannya seperti bahan-bahan yang pasti ada dalam daftar belanjaanmu bukan?

Bahan-bahan perawatan kecantikan alami yang tersedia di rumah sekaligus manfaat dan cara menggunakannya

Selain mereka banyak mengandung vitamin dan nutrisi penting bagi diet seimbang, namun bahan-bahan ini juga bisa memberikan banyak kemajuan pada kulit dan rambutmu. Berikut ini adalah beberapa perawatan kecantikan yang menggunakan bahan rumahan untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan :

  1. Masalah yang dialami : Hiperpigmentasi (kulit gelap) dan bintik-bintik hitam

Bahan yang digunakan : jus lemon segar & bawang merah
Jus lemon dan bawang merah secara alami bersifat asam, dan saat keduanya digabungkan menjadi satu, mereka akan menciptakan alternatif ramuan rumahan yang ringan dan efektif untuk menghilangkan bintik hitam dan perawatan hiperpigmentasi yang biasanya sering menggunakan bahan kimia. Untuk hasil terbaik, sebaiknya campur 1 butir bawang merah dengan  perasan lemon segar sebelum menerapkannya pada area yang diinginkan, lalu biarkan hingga 10-15 menit. Bersihkan ramuan tadi dengan pembersih (cleanser) yang ringan.

  1. Masalah yang dialami : kulit kusam

Bahan yang digunakan : teh peppermint
Kulit berkilau tidak hanya diperoleh dari perawatan luar saja, namun juga bisa dari dalam dengan meminum the peppermint secara teratur. Teh peppermint dikenal mampu meningkatkan sirkulasi darah, memberikan kulit kilau yan memukau. Selain itu, teh  peppermint juga bisa bermanfaat untuk mengatasi stress.

  1. Masalah yang dialami : warna kulit tidak merata dan kerusakan akibat sinar UV

Bahan yang digunakan : strawberry dan madu
strawberry merupakan sumber vitamin C dan sumber alami dari asam salisilat, yang sering ditemukan dalam produk perawatan anti-acne yang membantu membersihkan kulit dan menahan panas. Saat strawberry dipadukan dengan madu yang memiliki manfaat anti bakterial, keduanya akan mampu menciptakan hasil yang luar biasa daripada kamu harus membeli masker yang mahal. Hancurkan 3 buah strawberry dan campur bersama 1 sendok makan madu. Lalu oleskan campuran tadi ke wajah, diamkan selama 15 menit. Setelah kering, basuh wajah dengan air hangat.

  1. Masalah yang dialami : rambut kering dan kasar

Bahan yang digunakan : minyak kelapa
Saat cuaca mulai mengahangat, rambut akan menjadi kering dan kasar sehingga sulit diatur. Karena memiliki fungsi untuk melembabkan, minyak kelapa sangat efektif untuk menutrisi rambut dan mengatasi kekeringan. Caranya, oleskan 1 sendok makan minyak kelapa cair ke seluruh rambut setelah keramas biasa dengan shampoo. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air dingin yang juga akan membantu menutup kembali kutikula rambut dan melembabkan serta memerangi rambut kasar.

  1. Masalah yang dialami : tangan dan kaki kering serta kapalan

Bahan yang digunakan : susu almond dan kopi tumbuk
Untuk melembutkan tangan dan sebagai scrub kaki, kamu bisa menggabungkan susu almond dengan sisa gilingan kopi bubuk tadi pagi. Susu almond sangat kaya akan antioksidan dan vitamin E yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa merusak dan merobek kolagen. Di sisi lain, bubuk kopi juga memberikan manfaat dari eksfoliasi (pengelupasan kulit mati) yang membantu mencerahkan kulit. Campur dua cangkir susu almond dan kopi bubuk ke dalam mangkuk. Usapkan campuran tadi ke tangan dan kaki, lalu pijat perlahan dengan gerakan memutar..

0 comments… add one

Leave a Comment