Bahaya dari minuman ringan alias Soft drink

by Ummi on October 1, 2014

Saat ini, banyak sekali beredar produk-produk minuman ringan dengan berbagai merek. Cuaca yang panas, ditambah dengan minuman ringan yang tersedia dalam berbagai rasa, sangat membuat kita tertarik untuk meminumnya. Namun, tahukah kamu? Dibalik rasa manis dan segarnya, didalam minuman ringan ternyata juga terkandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Apa sajakah itu?

Bahaya dari minuman ringan alias Soft drink

Minuman ringan (soft drink) adalah sebutan untuk minuman olahan pabrik dalam bentuk bubuk atau cair yang sudah dikemas rapi dan langsung siap dikonsumsi. Dalam minuman ringan, terkandung bahan-bahan makanan baik yang alami atau kimia serta bahan tambahan lain seperti pewarna makanan, pengawet, ataupun penguat rasa. Minuman ringan sendiri dibagi menjadi dua jenis, minuman bersoda atau berkarbonasi yang dibuat dengan cara mengabsorbsikan karbon dioksida ke dalam air minum, dan minuman tanpa karbonasi.

Meski minuman bersoda memiliki rasa yang enak, memberikan sensasi kesegaran, terlebih saat dinikmati dalam keadaan dingin dan diminum pada cuaca yang sangat panas, namun sebenarnya minuman jenis ini sama sekali tidak memberikan manfaat yang berarti bagi kesehatan tubuh, malah justru bisa merugikan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Gerald Weissmann, kandungan fosfat yang memberi sensasi menyengat pada minuman bersoda, merupakan salah satu sumber kafein yang biasa ditambahkan ke dalam makanan jenis daging atau kue dan ternyata memiliki efek racun yang bisa mempercepat proses penuaan kulit dan otot sehingga menjadi cepat kering, serta dapat memicu atau memperparah penyakit gangguan jantung dan ginjal yang sedang diderita. Bisa diambil kesimpulan, bahwa dengan kita semakin sering mengkonsumsi minuman bersoda, maka akan semakin mempercepat proses penuaan dini.

Selain itu, sebuah penelitian lain juga membuktikan, bahwa dengan meminum dua kaleng soda dalam seminggu bisa meningkatkan kerapuhan tulang, resiko kanker pancreas, oto lemah, dan gangguan dalam bergerak. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari konsumsi minuman ringan, karena bahayanya bagi kesehatan lebih banyak dibanding dengan kenikmatan sesaat yang diperoleh dengan meminumnya..