Bahaya paparan AC bagi kecantikan kulit

by Ummi on September 28, 2014

Di zaman yang semakin panas akibat global warming sekarang ini, hampir semua tempat sudah menggunakan penyejuk udara alias AC. Setiap hari, kita menghabiskan banyak waktu di ruangan yang ber-AC, entah itu di kantor, mobil, kampus, pusat perbelanjaan, fasilitas umum, atau bahkan di tempat tidur. Meski fungsi utama dari AC adalah menyejukkan, namun ada dampak buruk yang tersimpan dibaliknya! Apakah itu?

Bahaya paparan AC bagi kecantikan kulit

Paparan hawa dingin yang dikeluarkan dari penyejuk ruangan bisa memicu terjadinya kerusakan kulit dan rambut dalam jangka panjang. Mengapa itu bisa terjadi? Hal ini disebabkan, karena cara kerja AC adalah dengan menyerap kelembaban udara di dalam ruangan dan merampas cairan lapisan luar epidermis kulit. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka dengan hilangnya cairan dan kurangnya pergantian air pada jaringan kulit bisa mengakibatkan kulit kita, kering, bahkan pecah-pecah. Kalu sudah demikian, maka kamu harus tahu cara mengelupas kulit mati agar aman.

Menurut Dr. Rajan T.D., seorang spesialis kecantikan dan kulit dari India menyatakan bahwa AC bisa menarik kelembaban kulit kita sehingga menyebabakan kulit menjadi kering dan mudah rusak. Kekeringan kulit yang terus berkelanjutan juga akan menimbulkan rasa gatal dan bisa memperparah gangguan kulit yang tengah diderita seseorang.

Efek yang lebih parah akan terjadi jika seseorang sering berpindah dari aktivitas luar ruang yang panas dan terik ke dalam ruang yang ber-AC tanpa adanya pelindung kulit. Perubahan suhu secara drastis iniĀ  bisa menimbulkan kerusakan kulit yang lebih serius lagi. Namun, kita tentu tidak bisa menghindar dari yang namanya Air Conditioner, karena memang kita juga membutuhkannya agar ruangan tidak terlalu pengap dan terasa sejuk.

Sebagai solusinya, gunakanlah selalu pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu, supaya kulit tetap terjaga kelembabannya dan terhindar dari paparan langsung hawa dingin mesin AC. Bahkan, jika kulit sudah lembab, kamu tetap harus pakai pelembab lho. Atau kamu juga bisa menggunakan ramuan alami dengan menggunakan bahan-bahan sebagai berikut: campurkan putih telur dengan satu sendok madu, tambahkan pula 3 sendok susu murni, lalu aduk semua bahan tadi hingga merata. Oleskan tipis-tipis ramuan tadi pada wajah hingga ke bagian leher. Diamkan selama 30 menit hingga mengering. Setelah itu basuhlah dengan air hangat hingga bersih. Lakukan secara rutin minimal seminggu sekali..