Bahaya Tidur Setelah Subuh

by Siti Eka Kurniyati on February 19, 2016

Apa yang kamu lakukan sehabis sholat subuh? Apakah kamu tidur lagi sehabis menunaikan solat subuh? Segera hilangkan kebiasaan tersebut. Selain karena memang dilarang oleh agama, tidur setelah subuh dan juga pagi hari sebelum jam 11 siang juga tidak bagus untuk kesehatan.

bahaya tidur setelah solat subuhGodaan tidur di pagi hari memang sangat besar, apalagi jika kamu malam hari tidur terlalu larut malam alias begadang. Mengantuk di pagi hari memang sering terjadi terlebih jika kamu mengalami insomnia di malam harinya. (baca : efek buruk tidur malam dan cara mengatasi insomnia). Lalu sebenarnya apa saja bahaya tidur di pagi hari baik sesudah habis sholat subuh atau sebelum jam 11 siang? Simak ulasannya di bawah ini.

Sakit Kepala / Pusing

Kebiasaan tidur di pagi hari akan menambah waktu tidurmu lebih lama. Waktu tidur standar adalah lebih sedikit 8 jam. Waktu tidur yang lebih lama akan membuatmu sakit kepala atau pusing. Ini dikarenakan tidur terlalu lama akan membuat cairan serebrospina akan mengalir secara terus menerus ke kepala dan bisa menyebabkan sakit kepala. Kamu tentu tidur terlalu lama dan ketika terbangun merasakan sakit di bagian kepala bukan?

Bingung dan Merasa Lesu Seharian

Tidur di pagi hari juga akan membuatmu terbangun dengan rasa bingung dan badanmu akan terasa lesu selama seharian. Ini terjadi karena saat kamu tidur di pagi hari, metabolisme yang ada dalam tubuh akan ter ‘setting’ seperti saat kamu tidur di malam hari. Jadi jika kamu tidur di pagi hari system tubuhmu akan bekerja secara tidak normal dan akan mempengaruhi energy yang kita miliki saat kita bangun dan tubuh akan terasa lesu seharian.

Metabolisme yang Tidak Seimbang

Ritme tubuh adalah untuk beraktifitas dan juga untuk beristirahat. Tubuh yang digunakan tidur di pagi hari yang seharusnya kita sudah harus bangun dan memulai aktifitas akan mempengaruhi system metabolisme tubuh. Sarapan yang seharusnya kamu lakukan antara jam 6 sampai 8 kamu gunakan untuk tidur. Rasa lapar kita juga akan semakin lama dan kecepatan metabolisme tubuh juga akan terpengaruh. Ini bisa berakibat pada kenaikan berat badan. (baca : makanan enak yang bisa menurunkan berat badan)

Penyakit Jantung

Resiko tidur setelah subuh atau di pagi hari juga bisa mengakibatkan penyakit jantung. Nurse Health Study telah melakukan penelitian terhadap 72 ribu wanita yang menunjukkan bahwa terlalu lama tidur hingga pagi dengan waktu 9 sampai 11 jam memiliki 38% resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Selain karena terlalu lama waktu tidurnya, penyakit jantung juga bisa disebabkan karena banyaknya makanan yang dikonsumsi sebelum tidur. Jadi, jangan terlalu kekenyangan ya saat kamu hendak pergi tidur. (baca : tanda peringatan serangan jantung)

Diabetes

Sudah dijelaskan di atas bahwa tidur terlalu lama di pagi hari akan menurunkan kinerja system metabolisme tubuh. Jika seperti itu maka pengaturan kadar gula dalam darah juga akan kacau. Hal ini tentu bisa menyebabkan diabetes. (baca : apa itu diabetes?)

Resiko Kanker Darah

Kadar darah putih akan meningkat ketika tidur apalagi di pagi hari. Darah putih yang meningkat bisa menyebabkan kanker darah. Terlebih jika kita tidur pada jam antara jam 10 sampai 12 siang akan sangat rawan.

Resiko Penyakit Lain

Selain yang sudah disebutkan beberapa penyakit di atas, bahaya tidur setelah solat juga bisa mengakibatkan anemia atau kurang darah. Kamu akan merasa lemas, mata berkunang-kunang dan tidak bergairah. Lalu keseimbangan fungsi otak akan terganggu jika kamu terus melakukan kebiasaan buruk tidur di pagi hari. (baca : cara mencegah anemia)