Barang-barang Yang Sebaiknya Tidak Dibeli Secara Online

by Ummi on August 24, 2015

Memang, beberapa tahun yang lalu, kebanyakan orang masih khawatir dan ragu membeli segala sesuatu lewat online. Namun, kini ceritanya sudah berbeda. Demam online shopping sudah merajalela dan merambah hingga ke pelosok daerah di penjuru Tanah Air. Tidak hanya tertentu pada tiket kereta atau pesawat saja, kini kita juga bisa membeli gadget, baju, sepatu, makanan, mobil, hingga furniture secara online. Trend online shopping yang berkembang pesat belakangan ini tak lepas dari promosi toko online yang semakin gencar, syarat pengiriman dan pengembalian barang yang lebih cepat, murah, dan fleksibel, serta kita akan mendapatkan banyak kemudahan jika bertransaksi secara online.

tips online shopping

Terlepas dari segala keuntungan yang didapat, kamu jangan sampai terlena untuk membeli segala sesuatu lewat online. Masih ada beberapa item yang akan lebih baik jika kamu membelinya secara langsung di toko atau melihatnya secara mendetil, karena ada beberapa barang yang begitu penting dan personal jika harus dibeli tanpa melihat barangnya langsung. Bahkan beberapa diantaranya bisa menggiringmu ke kawasan yang berbahaya dan mungkin illegal.

Memang, godaan untuk membeli barang secara online kini sangat sulit untuk ditolak, namun ulangi terus mantra ini saat hendak membeli lewat online shopping : Jika kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang sebaiknya seperti itu. Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak dibeli lewat online :

Segala sesuatu yang ditawarkan oleh situs yang meragukan

Ada situs yang tidak jelas, yang sebaiknya kamu tidak membeli segala sesuatu dari situs tersebut. Kamu mungkin memiliki daftar situs online yang bereputasi baik dalam daftar hidupmu. Namun, kamu juga akan sering melihat penawaran yang tidak bisa dipercaya pada sebuah situs yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Seperti yang pernah saya alami, saya mendapat tawarn untuk membeli smartphone via online dengan potongan harga hingga 50 %. Bayangkan, jika kamu membeli smartphone iPhone yang harga aslinya 14 juta, sekarang hanya tinggal 7 juta saja. Tidak masuk akal bukan? atau situs MLM yang menawarkan keuntungan investasi hingga berlipat-lipat ganda. Wow! Mungkin kedengarannya terasa menggiurkan, dan situsnya tampak meyakinkan, namun seringkali kenyataannya tidak seperti itu. Situs yang mempunyai alamat atau info kontak yang tidak jelas atau bahkan palsu, penawaran harga yang tidak masuk akal, tidak memiliki riwayat online yang baik, bahkan meminta informasi tentang nomor PIN ATM atau data sensitif yang lain, bisa menjadi pertanda bahwa situs itu harus segera kamu jauhi.

Mobil

Saat ini ada banyak situs pembelian mobil online yang memiliki syarat dan aturan pengiriman dan pengembalian barang yang bagus dan layanan konsumen yang bisa dipercaya. Meski terkadang kamu suka sebal dengan sales mobil yang terus ngotot menawarkan jualannya, atau semua proses tawar menawar yang begitu melelahkan dan membuat stress, namun masih ada hal yang akan  lebih nyaman dan memuaskan jika kamu membeli mobil langsung ke dealer mobil. Ada banyak hal yang tidak akan kamu tahu tentang mobil tersebut sampai kamu benar-benar mencoba mengendarainya secara langsung. Seperti bagaimana sebenarnya rasa dan sentuhan saat masuk mobil tersebut, bagaimana aromanya, seberapa lega sebenarnya ruang tempat duduk bagi para penumpang, dan masih banyak yang lain.

Bayangkan jika kamu ternyata tidak suka dengan mobil yang kamu beli lewat online. Meskipun kamu bisa mengembalikannya, kamu akan berhadapan dengan masalah pengembalian yang rumit dan tentu saja akan menimbulkan percekcokan seberapapun bagusnya syarat pengembalian barang yang ditawarkan oleh situs tersebut. Apalagi jika kamu membelinya tidak dari situs yang bereputasi baik, semuanya tentu akan semakin bertambah buruk.

Rancangan desainer ternama

Saat ini, banyak sekali beredar produk-produk rancangan desainer ternama seperti tas, sepatu, baju, hingga parfum yang dipalsukan, dan bukanlah suatu ide baik jika kita harus membeli rancangan desainer ternama lewat online. Banyak situs online yang  menawarkan produk tiruan atau barang palsu yang mirip dengan rancangan desainer terkenal, dan itu illegal. Celakanya, kita tidak akan bisa memastikan apakah barang tersebut asli atau palsu jika membelinya lewat online yang notabene kita hanya bisa melihat gambarnya, bukan barangnya secara langsung.

Mereka mungkin akan memanfaatkan informasi kartu kreditmu, dan yang lebih parah lagi, jika ternyata barang itu palsu maka tidak ada lagi yang bisa kamu lakukan. Jangankan untuk meminta ganti rugi, mengontak mereka pun akan susah. Jangan harap mereka akan bertanggungjawab jika ternyata ada masalah (dimana hal itu akan sering terjadi akibat kualitasnya yang jelek, seperti bahannya ternyata mudah rusak, warnanya luntur, jahitannya kasar, dan lain-lain).

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2 3