Beberapa Pantangan Yang Harus Dihindari Sebelum Menemui Dokter

by Ummi on January 22, 2017

Entah kamu berencana untuk melakukan cek up kondisi kesehatan, atau hanya melakukan tes umum, ketahuilah bahwa ada beberapa pantangan yang harus kamu jauhi untuk bisa memuluskan rencanamu tersebut. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus kamu hindari sebelum kamu menemui dokter :

Jangan minum kopi sebelum melakukan tes tekanan darah

Jika kamu akan melakukan kunjungan dokter rutin, kamu mungkin akan diminta untuk melakukan tes tekanan darah. Jadi, yang terbaik adalah untuk menghindari kopi tepat sebelum janji pertemuanmu karena hal tersebut bisa mempengaruhi hasilnya. “Meminum kopi atau minuman berkafein lain seperti minuman energi atau cola dalam waktu satu jam sebelum mengukur tekanan darah dapat membuat nomor artifisialnya menjadi lebih tinggi,” kata James Dewar, MD, wakil ketua pengobatan keluarga di University of Pittsburgh Medical Center (UPMC) . “Hal yang sama berlaku untuk produk tembakau dan obat dekongestan over-the-counter.” Tapi jika kamu tahu kamu memiliki tekanan darah tinggi, dokter mungkin telah memberitahumu untuk menghindari minum kopi sama sekali.

Jangan makan makanan tinggi lemak sebelum pengambilan darah

Kamu mungkin ingin menghindari pasta fettucini atau double cheeseburger sebelum pemeriksaan darah secara teratur. “Jika kamu tidak biasa mengkonsumsi makanan tinggi lemak, maka jangan melakukannya, sehingga dokter bisa mendapatkan gambaran yang akurat tentang kesehatanmu,” kata Deepa Iyengar, MD, profesor keluarga dan komunitas kedokteran di McGovern Medical School di UTHealth dan seorang dokter di Memorial Hermann-Texas Medical Center. Makan makanan yang porsinya luar biasa besar dapat menyebabkan hasil tesmu akan melenceng. Kamu mungkin perlu menghindari makan secara umum. “Jika pengambilan darahmu juga akan mencakup pengukuran kolesterol atau lemak lainnya, yang terbaik adalah untuk menghindari kalori selama delapan sampai 10 jam sebelum tes ini diambil,” kata Dr Dewar. “Gula darahmu dan lemak tertentu dalam darah yang disebut trigliserida dapat meningkat sedikit setelah kamu makan.” Kamu mungkin akan diberitahu untuk berpuasa sebelum pemeriksaan darah rutin, kata Dr Iyengar, sehingga kamu mungkin tidak punya pilihan lain.

Jangan minum obat flu sebelum periksa ke dokter

Ketika kamu sakit, doktermu mungkin ingin mengevaluasi gejala yang kamu alami tanpa adanya efek dari obat over-the-counter. “Jika memungkinkan, jangan minum obat apapun dulu, jadi doktermu dapat melihat adanya temuan abnormal dan menilai kondisi kesehatanmu,” kata Dr Iyengar. “Beberapa obat dapat meningkatkan tekanan darah, dan dokter tidak akan tahu apakah obat atau penyakitnya kah yang bisa menjadi penyebabnya.” Jika kamu benar-benar merasa sakit dan tidak betah, maka itu mungkin baik-baik saja untuk minum obat over-the-counter. Dokter ingin kamu merasa lebih baik dan akan bergantung padamu untuk menjelaskan gejala-gejala yang kamu alami. Tapi yang pasti biarkan dokter tahu obat mana yang kamu ambil. “Jika kamu mengambil obat untuk mengobati penyakit akut, maka penting untuk membiarkan dokter tahu jika mereka membantu dan / atau menimbulkan efek samping,” kata Dr Dewar. “Hal ini dapat membantu dokter dan dirimu dalam memutuskan langkah selanjutnya dalam pengobatan.”

Jangan terlalu haus sebelum tes urine

Jika kamu ingin melakukan tes urine, yang terbaik adalah jangan terlalu dehidrasi sebelum janji pertemuan. Jadi jika kamu berolahraga, pastikan kamu minum banyak air sesudahnya. “Hindari episode dehidrasi parah yang secara signifikan dapat mengubah sebuah analisis urine,” Benjamin Davies, MD, kepala urologi di UPMC Shadyside / Hillman Cancer Center. “Dan hindari olahraga yang tidak biasa kamu sertakan dalam rutinitas sehari-hari mu.” Jika kamu berolahraga secara teratur, maka kamu mungkin sudah tahu bagaimana tubuhmu akan bereaksi dan bagaimana mengurusnya sesudahnya; tetapi jika kamu tidak terbiasa dengan hal itu, maka kamu bisa saja mendapatkan dehidrasi.

Jangan menggunakan deodoran sebelum mammogram

“Mamografi menyarankan para wanita untuk melewatkan deodorant / antiperspirant atau bedak pada hari dilakukannya mammogram,” kata Dr Roth. “Alasannya adalah bahwa banyak deodoran dan bedak ketiak mengandung aluminium, yang pada mamografi terlihat mirip dengan kalsifikasi payudara dan dapat dibaca sebagai positif palsu.” Meskipun kamu mungkin khawatir tentang bau badanmu, tapi teknisnya memang harus begitu, dan bau badanmu tidak akan terlalu parah jika kamu mandi terlebih dahulu. Ini akan lebih baik daripada kamu harus mendapatkan informasi berita keliru nantinya!

Jangan minum alkohol sebelum tes kolesterol

Tentu kamu tidak ingin ada apapun yang mengubah trigliseridamu (salah satu dari empat komponen yang diukur dalam profil kolesterol), sehingga dapat menyebabkan hasil sia-sia yang mengkhawatirkan. “Tindakan pencegahan untuk abstain minum alcohol 24 jam sebelum tes kolesterol didasarkan pada potensi kenaikan trigliserida yang dapat terwujud segera setelah minum alkohol,” kata Joon Sup Lee, MD, kepala kardiologi di University of Pittsburgh School of Medicine dan co-director dari UPMC Heart and Vascular Institute. Selain itu, umumnya kamu juga harus menghindari permen, makanan tinggi lemak, dan makan berlebihan sebelum tes kolesterol. “Semua hal tersebut jika dikonsumsi dalam jumlah besar dapat mempengaruhi trigliserida dalam jangka pendek,” kata Dr Lee. “berhubung kita ingin hasil ujian kolesterol untuk mencerminkan apa yang tubuhmu lakukan dalam jangka panjang, yang terbaik adalah untuk menghindari fluktuasi jangka pendek ini.”