≡ Menu
werno-werno.com

Benda-benda Yang Sebaikanya Kamu Bersihkan Dengan Sikat Gigi

Kebanyakan dari kita sibuk menggunakan spons, kain, vacuum cleaner, atau penghisap debu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di berbagai benda yang ada di rumah. Padahal, terkadang alat yang paling efektif untuk bersih-bersih sebenarnya sudah tersedia di kamar mandimu, yakni sikat gigi. Ingin tahu benda apa saja yang sebaiknya dibersihkan dengan sikat gigi? Simak ulasannya berikut :

kegunaan sikat gigi

Permukaan kompor gas

Ashlee Edie, seorang pakar bersih-bersih mengatakan bahwa bulu sikat yang kasar dan ukuran sikat gigi yang kecil membuatnya sempurna digunakan untuk membersihkan tempat yang sulit dijangkau dan membandel di rumah seperti permukaan kompor gas. “Kotoran bisa dengan cepat menumpuk di kompor gas,” ujar Edie. “Terapkan sedikit cairan pencuci piring ke sikat gigi dan gunakan gerakan memutar untuk menghilangkan kotorannya,” Pastikan untuk membilas dan mengelapnya dengan kain bersih setelah itu.

Celah ubin (Grout)

Untuk menjaga celah di antara ubin keramik tetap terlihat baru, gunakan pasta gigi untuk menggosokkkan larutan yang terdiri dari bleach dan air di sepanjang celah ubin untuk menghilangkan setiap noda. Dan jangan lupa untuk membilasnya setelah selesai.

Keran

Apa itu benda pekat yang bersembunyi disekeliling dan di dasar keranmu ? “Jamur dan bakteri bisa berkembang di keran air, jadi gunakan sikat gigi untuk menggosokkan campuran air dan sabun secara menyeluruh, untuk membersihkan keranmu,” saran Edie.

Noda karpet dan kain pelapis

Sikat gigi bisa digunakan untuk mengatasi noda kecil tapi membandel yang ada di karpet dan kain pelapis. “Terapkan penghilang noda ke titik noda dan gunakan sikat gigi untuk menerapkan tekanan pada noda,” saran Edie. “Gosok dalam gerakan memutar untuk mengikis noda dan ulangi teris sampai noda benar-benar hilang.”

Menghilangkan crayon dari dinding

Jika anakmu telah menggunakan dinding sebagai kanvas lukisannya lagi, tips cepat untuk menghilangkan tanda bekas crayon adalah dengan memenuhi sikat gigi dengan krim cukur atau pasta gigi, lalu terapkan di tanda crayon, dan gosok hingga hilang. Lalu, cukup lap permukaannya dengan tisu.

Ventilasi mobil, kamar mandi, dan hairdryer

Serabut dan debu kerap terjebak dalam segala alat yang menjadi jalur keluar masuknya udara-termasuk pengering rambut, ventilasi mobil, dan bahkan ventilasi kamar mandi. Pernahkah kamu melihat ke arah ventilasi kamar mandimu? Mereka biasanya sarat dengan debu. Pastikan ventilasi dalam kondisi mati atau tidak dicolokkan ke listrik lalu lepaskan penutupnya. Keluarkan untuk disikat dengan lembut atau jika dilapisi maka kamu dapat membersihkannya di wastafel dengan sikat gigi yang lembab. Untuk pengering rambut, pastikan dicabut dulu dari stopkontak dan dengan lembut gunakan sikat gigi kering untuk menghilangkan debu. Hal yang sama juga berlaku untuk ventilasi mobilmu.

Keyboard computer

Keyboard komputer biasanya berdebu dan bahkan mungkin memiliki remah-remah atau kotoran lainnya yang mengintai di sekeliling tombolnya. Sikat gigi yang bersih, lembut dan kering sangat cocok untuk membersihkan area ini. Cabut keyboard dari komputer atau jika laptop, cabut steker laptop. Balikkan keyboard dan sikat perlahan pada bagian tombol di tempat sampah atau wastafel. Jangan gunakan jenis air atau cairan apapun pada keyboard komputer.

Rak kulkas

Menggunakan sikat gigi untuk bisa masuk ke rak plastik lemari es yang beralur adalah cara terbaik untuk membersihkan daerah yang sulit dijangkau, kata Diane Regalbuto, seorang ahli kebersihan rumah dan pemilik Betty Likes to Clean di Philadelphia dan South Jersey. Hal yang sama juga berlaku untuk segel karet di antara pintu dan bagian utama lemari es dimana debu, kotoran dan remah-remah bisa berkumpul.

Tepi wastafel dan drainase

Regalbuto merekomendasikan menggunakan sikat gigi untuk membersihkan lubang pembuangan wastafel dan bagian tepinya. Banyak kotoran dan lumut bisa menumpuk di daerah itu. Sikat gigi dengan pembersih adalah alat yang sempurna untuk membersihkan area itu.

Oven pemanggang

Sudahkah kamu melihat oven pemanggang rotimu akhir-akhir ini? Ini mungkin penuh dengan remah-remah dan sampah yang terbakar. Regalbuto merekomendasikan sikat gigi untuk membersihkan area ini. Pertama cabut steker oven dan gunakan sikat gigi kering untuk mengeluarkan remah-remahnya lalu bersihkan grill di bak cuci dengan sabun dan air. Bilas dan keringkan.

Menyikat parutan keju

Sikat parutan keju dengan sikat gigi bekas sebelum kamu mencucinya atau menaruhnya di dishwasher. Cara ini akan membuatnya lebih mudah untuk dicuci dan mencegah adanya sumbatan di pembuangan dishwasher akibat adanya sisa keju atau benda lain yang mungkin kamu parut.

Membersihkan rambut jagung

Sebelum kamu merebus jagung, ambillah sikat gigi bekas dan gosok secara perlahan untuk menyikat helai rambut jagung yang sulit dijangkau sehingga kamu tidak perlu lagi membersihkannya dari gigi-gigimu setelah kamu makan jagungnya.

Membersihkan dan meminyaki cetakan waffle

Sikat gigi berbulu lembut dan bersih  adalah alat yang tepat untuk membersihkan remah dan adonan gosong dari sudut dan celah cetakan wafel. Gunakan juga untuk menyebarkan minyak secara merata pada permukaan cetakan waffle sebelum digunakan untuk selanjutnya.

Mengoleskan pewarna rambut

Apa kamu ingin mewarnai rambutmu sendiri di rumah? Gunakan sikat gigi bekas sebagai aplikator. Ini adalah ukuran yang sempurna dan akan membuat berantakan seminimal mungkin.

0 comments… add one

Leave a Comment