Beragam manfaat & khasiat labu kuning

by Ummi on November 27, 2014

Apakah kamu termasuk orang yang suka dengan labu kuning? Jika tidak, kini saatnya kamu merubah pikiranmu untuk beralih menggemari buah yang berwarna oranye ini. Perlu kamu tahu, ternyata buah yang identik dengan perayaan Halloween ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita. Labu bisa kita olah dalam berbagai bentuk sajian, mulai dari pudding, bubur, kolak, cake, atau hanya sekedar dikukus saja sudah enak. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah yang memiliki rasa manis ini:

Beragam manfaat & khasiat labu kuning

  1. Labu kuning menjaga penglihatan kita agar tetap tajam.

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh National Institue of Health, dalam satu mangkuk labu yang sudah direbus dan dihancurkan, terdapat lebih dari 200 % asupan harian vitamin A yang direkomendasikan, sehingga mampu meningkatkan ketajaman penglihatan terutama dalam kondisi cahaya yang redup. Selain vitamin A, labu juga kaya akan Karotenoid (bahan yang membuat warna labu kuning menyala), termasuk juga Beta Karoten, yang nantinya akan di ubah tubuh menjadi cadangan vitamin A sebagai perlindungan tambahan.

  1. Biji labu sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Berbagai jenis kacang-kacangan dan biji-bijian, termasuk biji labu yang memiliki kandungan zat kimia nabati yang tinggi bernama Phitosterol yang terbukti dalam beberapa studi mampu mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Labu juga merupakan salah satu sumber serat yang tinggi. Hanya dengan konsumsi 3 gram labu dalam setiap satu porsi sajian, labu hanya mengandung 49 kalori, yang mana mampu menjagamu tetap merasa kenyang lebih lama dengan jumlah kalori yang sedikit. Sebuah diet yang kaya serat bisa sangat membantu orang untuk makan dengan porsi sedikit, dan mampu menurunkan berat badan. Sebagai contoh, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 silam menunjukkan bahwa orang yang biasa makan satu buah apel beserta kulitnya yang mengandung banyak serat sebelum makan siang, akan mengonsumsi lebih sedikit kalori dalam seluruh makanannya dibandingkan dengan orang yang hanya makan saus apel atau minum jus apel.

  1. melindungi kulit dari radikal bebas.

Seperti yang dilaporkan oleh majalah kesehatan ‘Health’, kandungan Karotenoid dalam juga memiliki kekuatan untuk menetralkan radikal bebas sehingga mampu menjaga sel-sel kanker untuk tetap menjauh, serta melindungi kulit agar terbebas dari kerutan.

  1. Berpeluang mengurangi resiko penyakit kanker.

Seperti halnya sayuran berwarna orange lainnya (misalnya wortel dan kentang manis), labu juga mengandung antioksidan Beta Karoten yang berperan penting dalam pencegahan kanker berdasarkan laporan dari National Cancer Institue di Amerika. Mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan Beta Kroten akan lebih membantu daripada kita harus mengonsumsi suplemen.

  1. Mengembalikan tenaga usai kerja berat.

Apakah kamu selama ini mengira jika pisang merupakan salah satu bahan pembangkit energy alami yang paling manjur? Maka rubahlah pikiranmu. Semangkuk labu yang sudah dimasak lebih manjur untuk mengisi kembali pasokan Pottasium dengan perbandingan 654 mg potassium dalam labu, disbanding 422 mg potassium dalam pisang. Tambahan beberapa mg potassium bisa mengembalikan keseimbangan elektrolit tubuh setelah melakukan pekerjaan berat dan menjaga otot-ototmu tetap berfungsi dengan maksimal.

  1. Biji labu mampu meningkatkan mood.

Biji labu juga kaya akan asam amino Tryptophan, salah satu bahan yang menurut para ahli sangat membantu dalam produksi hormone Serotonin yang sangat erat kaitannya dengan masalah mood..