Berbagai Kegunaan Mentimun Untuk Kecantikan

by Ummi on April 7, 2017

Mentimun atau juga biasa disebut dengan timun atau ketimun merupakan salah satu jenis sayuran yang paling banyak mengandung air. Kandunagn air dalam timun mencapai 90%, sehingga tentu saja menjadikannya sangat menghidrasi. Timun juga cukup efektif dalam menyiram keluar racun dari dalam tubuh, mengurangi peradangan, meningkatkan pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

masker mentimun

Selain sangat berkhasiat untuk kesehatan, timun juga memiliki segudang manfaat bagi kecantikan, berkat khasiat mendinginkan dan menyejukkan yang dimilikinya. Ingin tahu apa saja kegunaan timun untuk kecantikan ? simak ulasannya berikut ini ;

Kegunaan mentimun untuk menenangkan mata yang lelah

Jika kamu telah bekerja di depan computer selama berjam-jam, maka matamu bisa menjadi lelah dan terlihat bengkak. Untuk melegakan mata yang lelah, cukup letakkan beberapa irisan timun dingin di atas mata dan bersantailah selama 10-15 menit. Pastikan timun sudah di kulkas selama setidaknya satu jam atau lebih untuk memastikan bahwa timunnya sudah cukup dingin untuk disentuh. Kandungan air dari timun yang digabungkan dengan sensasi dingin akan membantu mengurangi bengkak dan menyegarkan kembali mata yang lelah.

Kegunaan mentimun untuk mengobati sengatan matahari

Parut mentimun segar dan peras jusnya ke dalam mangkuk. Rendam sepotong kain kasa di dalamnya dan terapkan kain tadi ke daerah yang terbakar matahari. Biarkan selama dua puluh menit. Kulit yang terbakar matahari sangat lembut dan sensitif, jadi kita harus menanganinya dengan perawatan ekstra. Inilah sebabnya kamu harus menyerap jus mentimun di kasa dan menerapkannya ke kulit yang tersengat matahari, bukannya menerapkan mentimun parut langsung ke daerah yang terkena.

Kegunaan mentimun sebagai toner (penyegar)

Parut mentimun dan peras jusnya. Masukkan ke dalam botol kecil dan simpan di lemari es dan gunakan sebagai toner setelah kamu membersihkan wajahmu. Ramuan ini akan tetap segar di lemari es selama seminggu, sehingga kamu harus membuat batch yang baru setiap minggunya, tapi percayalah, itu adalah usaha yang tidak sia-sia.

Kegunaan mentimun untuk menyamarkan bekas jerawat

Hal terburuk tentang jerawat bukanlah jerawat itu sendiri melainkan bekas luka jelek yang ia tinggalkan. Bekas jerawat ini dapat membutuhkan waktu bbeberapa bulan untuk memudar. Untuk mempercepat prosesnya, celupkan bola kapas ke dalam cangkir berisi jus mentimun yang dicampur dengan jus lemon. Terapkan ramuan ini ke bekas luka dan biarkan selama lima belas menit dan lalu bersihkan. Kombinasi dari mentimun dan lemon akan membantu memudarkan bekas luka jauh lebih cepat.

Kegunaan mentimun untuk melembabkan wajah

Haluskan sepotong besar mentimun dan campurkan dengan satu sendok makan madu ke dalamnya. Terapkan ini ke seluruh wajah dan leher dan biarkan selama lima belas menit. Mentimun dan madu keduanya sangat menghidrasi dan akan melembabkan kulitmu, sehingga terasa lembut dan lentur.

Kegunaan mentimun sebagai masker wajah

Cacah mentimun dan campurkan dengan alpukat untuk membuat masker wajah yang sangat kaya dan melembabkan. Oleskan ke wajah dan biarkan selama dua puluh menit. Bersihkan dengan air dingin untuk menampakkan kulit yang dimanjakan.

Kegunaan mentimun untuk mengelupas sel kulit mati

Lumatkan beberapa potongan mentimun menjadi pure. Dalam mangkuk, tambahkan satu sendok makan susu dan satu sendok makan gula merah dan tambahkan pure mentimun ke dalamnya. Campur rata dan terapkan ke seluruh wajah dan leher, gosok dalam gerakan melingkar lembut. Biarkan selama sepuluh menit dan cuci dengan air dingin untuk menampakkan kulit yang segar, bercahaya.

Kegunaan mentimun sebagai pembersih makeup

Haluskan mentimun dan didihkan dengan setengah cangkir susu selama sepuluh menit. Saring cairan ini dan simpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es. Gunakan bola kapas untuk menyerap cairannya dan gesek secara lembut untuk menghapus makeup. Kamu dapat menambahkan satu atau dua tetes minyak kelapa ke bola kapas untuk menghapus riasan mata yang membandel.

Kegunaan mentimun untuk mengencangkan kulit kendur

Campur mentimun halus dengan biji tomat dan gel Aloe Vera untuk membentuk pasta lengket. Terapkan pasta ini di seluruh wajah dan leher dan biarkan selama sepuluh menit dan bersihkan. Pack wajah ini akan membantu mengencangkan kulit kendur.

Kegunaan mentimun untuk mengatasi lingkaran gelap di bawah mata

Tidak seperti halnya mengobati bengkak di sekitar mata, mengobati lingkaran hitam membandel mengharuskanmu untuk mengekstrak jus mentimun dan merendam bola kapas di dalamnya. Kemudian tempatkan bola kapas di atas matamu dan biarkan selama lima belas menit.

Kegunaan mentimun untuk mengatasi komedo

Mentimun halus yang dicampur dengan putih telur adalah pengobatan yang efektif untuk komedo. Cukup campur keduanya bersama-sama dan terapkan pada daerah yang terkena. Biarkan selama lima belas menit dan cuci dengan air hangat.