≡ Menu
werno-werno.com

Berencana Ingin Hamil ??? Makan Makanan Berikut Ini

Jika kamu adalah wanita yang merencanakan untuk segera punya momongan, tiga bulan menjelang pembuahan (konsepsi) adalah bulan-bulan terpenting saat itu dikaitkan dengan kesehatan jangka panjang bagi calon jabang bayi. Suplemen vitamin kehamilan yang berkualitas baik memang hal yang wajib untuk mendukung diet yang sehat. Namun, penggunaan suplemen saja masih belum cukup. Mengkonsumsi makanan segar adalah cara terbaik untuk memastikan kamu mendapat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, konsumsilah beberapa makanan berikut ini yang baik kamu masukkan dalam dietmu segera setelah kamu memulai program untuk bisa hamil:

diet sehat jika ingin hamil

  • Makanan yang sehat bagi usus

Kunci dari kesehatanmu adalah dengan menjaga sistem daya tahan tubuh agar tetap kuat melalui usus dan sistem pencernaan yang sehat. Oleh karena itu, kunci untuk membentuk calon bayi dengan sistem imun yang kuat adalah dengan memastikan bahwa ususmu juga sehat. Makanlah setidaknya salah satu dari makanan berikut ini setiap hari untuk menyediakan ususmu probiotik yang ramah usus. Probiotik juga bisa menjauhkan hal-hal yang kotor seperti infeksi jamur yang bisa menyerang saat kamu hamil. Sediakan kimchi, tempe, kefir, yogurt tawar, ataupun miso. Semua makanan ini merupakan sumber probiotik yang bermanfaat bagi ususmu.

  • Makanan yang mengandung Asam Folat

Asam folat adalah jenis vitamin B -komplek yang sangat bermanfaat dalam pencegahan cacat bawaan saat kehamilan. Cacat bawaan ini bisa melibatkan tabung saraf, yang nantinya akan membentuk otak bayi dan pada bagian bawahnya yang membentang menjadi tulang punggung bayi. Sediakan selalu lentil, kedelai hitam, kacang pinto, dan kacang merah yang menjadi sumber asam folat. Asparagus, bayam, brokoli, selada, labu siam, dan buah bit juga sama bermanfaatnya. Mereka semua bukan hanya menjadi sumber asam folat yang baik, namun juga penuh dengan antioksidan.

  • Makanan untuk menstimulasi otak

Sejenak, bayangkanlah bahwa janin yang ada dalam kandungan bagaikan seperti parasit yang akan mengambil makan dari inangnya (yakni dirimu). Jadi, nutrisi apapun yang tidak bisa janin dapatkan selama di dalam rahim, maka ia akan mencurinya dari ibunya, termasuk cadangan asam lemak Omega-3. Asam lemak Omega 3 terutama DHA, akan terkumpul dalam otak janin beberapa bulan menjelang dia lahir dan segera setelah ia lahir.  Dan telah terbukti, bahwa bayi prematur tidak bisa memiliki banyak waktu dalam kandungan untuk menyerap DHA yang penting, dan sebagai akibatnya, beberapa bayi prematur dapat mengalami ADHD atau gangguan lain seperti kecemasan dan depresi (namun ini bukalah vonis seumur hidup, karena dalam banyak kasus bisa diobati dengan suplementasi DHA). Jadi, tidak akan pernah terlalu dini untuk memulai menyimpan cadangan asam lemak Omega – 3 melalui konsumsi salmon liar, biji labu kuning, kenari, flaxseed, kedelai, dan ikan sarden.

  • Makanan yang harus dihindari

Sementara kamu sibuk menyiapkan dirimu untuk kelahiran sang janin, mulailah membersihkan rak dapur dan buang setiap makanan yang mengandung tinggi fruktosa, sejumlah besar gula olahan, dan juga makanan yang mengandung lemak trans. Dengan kata lain, singkirkan makanan junk food. Makanan ini bisa mengacaukan kadar insulin dan mengganggu keselarasan hormon dalam tubuh ibu, dimana nantinya akan menjadi tempat tinggal sementara bagi si mungil. Batasi pula asupan Merkuri, serta kurangi secara drastis konsumsi ikan tuna, tile fish dan sirip ikan hiu. Sehatkan tubuhmu dan berikan tubuhmu jumlah yang wajar dari olahraga, hilangkan stress yang tidak perlu dari kehidupanmu, dan nikmatilah setiap momen demi momen dari proses kehamilanmu.

0 comments… add one

Leave a Comment