Bisakah Golongan Darah Menentukan Kepribadianmu?

by Ummi on December 13, 2016

Banyak kebudayaan di berbagai Negara di dunia, percaya bahwa jenis golongan darah dapat berbicara banyak tentang siapa dirimu sebenarnya. Apakah itu juga ternyata sesuai dengan karakter sifatmu? Misalnya saja di Jepang, golongan darah digunakan untuk menentukan kepribadian dan temperamen seseorang. Seperti halnya astrologi, komunitas ilmiah sering menolak golongan darah sebagai indikator kepribadian, tapi itu tidak menghentikan popularitasnya di majalah wanita Jepang, di mana horoskop tentang golongan darah diterbitkan. Dalam video game Jepang, golongan darah umumnya merupakan dimensi yang digunakan dalam penciptaan karakter. Bahkan, beberapa orang Jepang bahkan mungkin terkejut jika orang asing tidak tahu tipe golongan darahnya.

karakter sesuai golongan darah

Sejarah tentang teori bahwa golongan darah menentukan kepribadian sebenarnya tergolong kelam. Pada tahun 1900, ilmuwan Austria Karl Landsteiner menemukan empat jenis golongan darah. Seperti halnya ilmuwan abad ke-19 yang menggunakan ukuran otak (yang otaknya lebih besar, lebih canggih) untuk menyebarkan teori superioritas ras dan jenis kelamin, banyak ilmuwan (kulit putih) menggunakan teori golongan darah sebagai cara untuk mendorong ide-ide supremasi ras mereka sendiri. Para ilmuwan dari barat menganggap orang Asia lebih rendah (inferior) dan tidak terlalu cerdas berhubung sebagian besar dari mereka memiliki tipe darah B.

Pada tahun 1927, Takeji Furukawa, seorang profesor Jepang, memperkenalkan teori golongan darah untuk masyarakat Jepang dalam sebuah makalah berjudul, “The Study of Temperament Through Blood Type.” Meskipun ia tidak memiliki mandat yang tepat dan tidak punya dukungan secara ilmiah, masyarakat memeluk ide tentang golongan darah tersebut sebagai penentu kepribadian. Pemerintah Jepang bahkan menugaskan penelitian untuk menentukan apakah mereka bisa mengembangkan tentara yang lebih baik. Pada 1970-an, sebuah buku yang dikarang oleh Masahiko Nomi menghidupkan kembali gagasan itu, yang masih populer dengan masyarakat umum Jepang hingga saat ini.

Cari tahu golongan darahmu

Salah satu cara termudah untuk mengetahui golongan darahmu adalah untuk mendonorkan darah. Karena golongan darah harus cocok untuk dijadikan donor, mereka akan menuliskan apa golongan darahmu, sehingga kamu selalu dapat menanyakannya. Jika kamu sedang hamil, dokter juga akan melakukan tes darah tertentu untuk menilai masalah genetik yang potensial, sehingga menentukan golongan darah ibu adalah hal yang standar. Cara termudah? Tanya saja ke orang tuamu; mereka mungkin tahu.

Apa kata golongan darahmu tentang kepribadianmu?

Golongan darah O

Kamu adalah kupu-kupu sosial (populer di kalangan masyarakat). Seringkali menjadi orang yang terkenal dan percaya diri, kamu sangat kreatif dan tampaknya selalu menjadi pusat perhatian. Kamu bisa membuat kesan yang baik pada orang-orang dan kamu seringkali cukup menarik. Terorganisir dan penuh perhitungan, sifat keras kepalamu akan membantumu mencapai tujuanmu. Golongan darah ini mencetak para pemimpin yang baik. Dari segi cinta, golongan darah O adalah yang paling kompatibel dengan O dan AB. Pilihan karir yang umum : bankir, politisi, penjudi, menteri, broker investasi, dan atlet pro.

Golongan darah A

Para pemilik golongan darah A tampak tenang dan kalem di luar, tapi di dalam, mereka penuh dengan kecemasan dan kekhawatiran. Kamu bersifat perfeksionis dan sering pemalu dan sensitif. Biasanya pemilik golongan darah ini adalah tipe orang yang introvert (tertutup), namun stabil dan bijaksana. Kamu juga bisa menjadi pendengar yang baik dan sensitif terhadap nuansa dan lingkungan di sekitarnya. Kamu ingin selalu menjadi modis dan memakai tren mode terbaru, tetapi tidak pernah tampak mencolok atau norak. Kamu juga sangat suka dengan settingan yang romantis dan sering menghindari kehidupan nyata dan memilih dunia fantasi. Golongan darah A adalah yang paling kompatibel dengan A dan AB di bidang cinta. Pilihan karir yang umum: akuntan, pustakawan, ekonom, penulis, programmer komputer, dan kolumnis gosip.

Golongan darah B

Kamu bisa sangat berorientasi pada tujuan hidup dan sering menyelesaikan tugas-tugas ambisius yang ditetapkan untukmu. Kamu ramah dan sangat menawan, kamu pandai membaca orang dan memberikan dukungan. Meskipun sangat kritis terhadap penampilan (tapi bukan penampilanmu sendiri), kamu tidak suka pilih-pilih serta tidak mungkin untuk diam atas hal-hal kecil. Golongan darah B adalah individualis impulsif yang sering membuat jalan mereka sendiri dalam hidup. Kamu sangat kuat dan optimis. B adalah yang paling kompatibel dengan B dan AB dalam urusan cinta. Pilihan umum karir: juru masak, penata rambut, pemimpin militer, pembawa acara talk show, dan wartawan.

Golongan darah AB

Tidak mengherankan, AB bisa sangat dualistik, memiliki sifat dari golongan darah A dan B. Kamu mungkin bisa saja bersifat pemalu serta ramah, dan ragu-ragu serta percaya diri. Kamu sering menonjol daripada orang lain, tidak suka label, dan sangat baik dan santai. Kamu orang yang logis dan bertekad untuk melakukan hal-hal dengan benar. Biasanya dapat dipercaya, kamu suka membantu orang lain. Kamu sering berbicara secara serius. Kesabaranmu, konsentrasimu, dan kecerdasanmu sangatlah mengagumkan. AB dapat menemukan jodoh dengan setiap golongan darah lainnya. Pilihan karir yang umum: bartender, pengacara, guru, perwakilan penjualan, dan pekerja sosial.