≡ Menu
werno-werno.com

Body Oil Yang Ampuh Lembabkan Kulit Keringmu

Kulit kering bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya saja, kondisi lingkungan, faktor genetik, dan juga gaya hidup bisa berperan penting dalam menentukan kondisi kulitmu. Berdasarkan informasi dari Mayo Clinic, mandi terlalu lama atau paparan tingkat kelembaban udara yang rendah juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Untung saja, kamu bisa secara rutin merawat kulit keringmu sendiri di rumah. Namun jika kamu memiliki kulit yang sangat kering hingga membuat gatal-gatal, bersisik, dan mengelupas, maka lebih baik segera konsultasikan ke ahli kulit (dermatologist). Berikut adalah beberapa body oil (minyak tubuh) yang bisa kamu gunakan untuk merawat dan melembabkan kulit keringmu:

body oil untuk kulit kering

  • Baby Oil

Baby oil merupakan emolien ringan yang terbuat dari mineral oil dan biasanya memiliki tambahan wewangian. Kamu bisa menggunakan baby oil yang biasa pada kulit keringmu, untuk mendapatkan kulit yang lebih halus, lembut, dan terhidrasi. Masih menurut Mayo Clinic, baby oil bisa membantu meringankan kondisi kulit kering dengan cara memerangkap kelembaban di kulitmu. Hal ini akan sangat efektif jika digunakan segera setelah mandi atau berendam. Pastikan pula kamu tidak mandi atau berendam dengan menggunakan air yang terlalu panas, karena justru akan menghilangkan kelembaban kulit. Setelah mandi, cukup keringkan tubuhmu menggunakan handuk, lalu terapkan baby oil secara merata ke seluruh tubuh.

  • Olive Oil (minyak zaitun)

Beberapa pelembab siap pakai yang dijual bebas di pasaran, biasanya ada yang mengandung minyak zaitun sebagai bahan aktifnya. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal untuk mendapatkan produk ini. Kamu juga bisa menggunakan extra virgin olive oil yang bisa kamu dapatkan di toko-toko obat sebagai minyak tubuh. Dikutip dari buku ‘Complete Beauty Bible’ karangan Paula Begoun, minyak zaitun memiliki efek bermanfaat saat digunakan sebagai mouisturizer (pelembab) secara intens untuk kulit kering yang ekstrem. Untuk perawatan malam hari, terapkan lapisan minyak zaitun diatas pelembab yang biasa kamu gunakan untuk manfaat ganda. Minyak zaitun akan membantu pelembab regulermu melakukan penetrasi mendalam ke dalam kulit, menyebabkan peningkatan kelembutan dan hidrasi.

  • Canola Oil

Minyak bunga canola adalah pilihan alternatif yang lebih murah dibanding minyak zaitun, namun harganya lebih mahal jika dibuat dalam minyak tubuh siap pakai. Dalam bukunya yang berjudul ‘Flower That Heal’, Judy Griffin memaparkan bahwa minyak bunga Canola adalah sumber yang baik dari asam lemak esensial yang membantu untuk memelihara dan menenagkan kulit serta mencegah peradangan. Kamu bisa gunakan canola oil generik yang tersedia di toko obat sebagai pelembab untuk kulit keringmu. Untuk melawan bau yang menyengat dari canola oil, kamu bisa tambahkan beberapa tetes  minyak esensial lain seperti lavender atau mawar untuk mendapatkan aroma yang lebih menyenangkan. Kamu bisa menaruh minyak canola tersebut ke dalam botol semprot, dan gunakan sebagai body mist ke seluruh kulit saat kamu selesai mandi, kapanpun kamu membutuhkan kelembaban ekstra.

1 comment… add one

Leave a Comment