≡ Menu
werno-werno.com

Buah dan Sayur Penurun Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah zat lilin yang diproduksi oleh hati yang terdapat dalam banyak makanan seperti telur, daging, dan produk olahan susu. Berdasarkan American Heart Association, kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi, adalah resiko kesehatan yang serius dan faktor resiko utama bagi penyakit jantung. Namun jangan khawatir! Dengan perubahan pola makan yang sederhana, bisa membantumu menurunkan kadar kolesterol. Diantaranya, dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung phytosterol, zat yang mirip kolesterol yang terkenal berguna untuk membantu penurunan kolesterol. Berikut adalah daftar buah dan sayur penurun kolesterol menurut situs Dietary Fiber Foods :

makanan penurun kolesterol

1. Serat larut

Memilih buah dan sayur yang kaya dalam serat larut, sangat berguna untuk menurunkan kadar LDL. Serat larut yang terdapat dalam buah dan sayur akan menghalangi penyerapan kolesterol ke dalam system. Sumber terbaik dari serat larut dalam sayuran meliputi wortel, jagung, kubis, ubi jalar, kacang polong dan kecambah. Sedangkan daftar buah yang merupakan sumber serat larut terbaik adalah apel, pear, citrus, berries, apricot dan buah ara.

2. Niacin

Memakan produk segar yang tinggi Niacin atau dikenal dengan istilah vitamin B3 membantu mengurangi produksi kolesterol dan meningkatkan pengeluaran kolesterol, berdasarkan keterangan dari situs World’s Healthiest Foods. Sumber niacin terbaik meliputi alpukat dan sayuran seperti asparagus, kacang polong, kentang, jamur, jagung dan kacang lima. Selain itu, ubi jalar, sawi, brokoli, wortel dan paprika hijau juga mengandung jumlah niacin yang lumayan.

3. Vitamin C

Memakan buah dan sayur yang kaya vitamin C membantu mencegah oksidasi dari kolesterol. Di samping buah sitrus seperti jeruk dan jeruk bali, ada sayuran lain yang juga kaya vitamin C seperti jambu, kiwi, blackberries, paprika merah, sawi dan brokoli. Produk lain yang juga mengandung vitamin C adalah mangga, manggis, nanas, strawberry dan bok choy.

4. Vitamin E

Vitamin E membantu mencegah pertumbuhan plak pembuluh darah dan oksidasi kolesterol, salah satu faktor yang memicu penghalangan pembuluh arteri. Sumber vitamin E terbaik meliputi bayam, kentang, dan ubi. Buah yang mengandung vit E adalah blueberry, jambu, cranberries, kiwi, mangga, pepaya dan peach.

0 comments… add one

Leave a Comment