Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil

by Siti Eka Kurniyati on October 23, 2015

Masa kehamilan memang membuat para ibu harus pintar-pintar memilih makanan. Ibu hamil tidak bisa asal memilih makanan yang akan mereka konsumsi karena bisa saja makanan tersebut berbahaya bagi ibu hamil. Ibu hamil juga harus teliti memilih asupan nutrisi yang tepat saat hamil.

buah yang bagus untuk wanita hamil

Ibu hamil membutuhkan asupan serat yang tinggi, untuk itu wanita yang sedang hamil sebaiknya mengkonsumsi banyak buah. Tapi tidak bisa sembarangan buah lo.. karena ada beberapa buah yang justru malah berbahaya untuk kehamilan seperti nanas, durian dan delima. Jadi apa saja buah yang bagus untuk perkebangan jabang bayi dan kesehatan ibu hamil? Berikut ini adalah daftar buah yang bagus untuk kehamilan.

Apel

Apel memiliki berbagai kandungan vitamin yang banyak seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan  vitamin C. Selain vitamin, buah apel juga mengandung tannin, asam malat da berbagai serat lainnya. Vitamin serta serat tersebut pastinya sangat bermanfaat bagi ibu hamil sendiri dan bayi yang dikandungnya. Selain bagus untuk perkembangan janin,  buah apel juga dimanfaatkan untuk mengatasi sembelit atau mengatasi diare.

Buah Naga

Buah yang sedang populer di Indonesia ini ternyata memiliki banyak manfaat lho! Buah naga mengandung asam folat, vitamin C, karoten, karbohidrat serta serat yang bagus bagi wanita hamil. Asam folat yang terkandung dalam buah naga akan mengurangi resiko cacat system saraf otak pada bayi serta cacat pada tabung saraf.

Alpukat

Selain bagus untuk Mengatasi Rambut Kusut, buah yang satu ini memiliki kandungan asam folat yang baik untuk jabang bayi seperti dijelaskan di atas. Alpukat juga mengandung lemak sehat yang bagus untuk ibu hamil. Juga mampu mencegah resiko pada bayi untuk terkena penyakit Spina Bifida yaitu keluarnya jaringan sumsung tulang belakang dari dalam punggung.

Jeruk

Dengan buah ini, kamu bisa menguragi rasa mual di pagi hari alias morning sickness. Rasa segar dan fresh dari buah jeruk serta kandungan vitamin C nya yang banyak serta antioksidan, membuat buah ini disarankan bagi para Ibu hamil. Selain bagus untuk ibu hamil, kulit jeruk biasanya juga dimanfaatkan dalam bidang kecantikan seperti Memutihkan Kulit Ketiak, Mengobati jerawat dll.

Pisang

Buah kuning yang satu ini juga ternyata bagus lho untuk ibu hamil. Kandungan gizinya yang tinggi seperti B6 yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi dalam kandungan. Pisang juga mengandung kalium yang bagus bagi ibu hamil. Baca : Kandungan & Manfaat Pisang.

Kiwi

Buah ini juga salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil karena bisa mengurangi rasa mual Karena gejala morning sickness. Kandungan gizinya yang tinggi juga mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. (baca : Kandungan Gizi Buah Kiwi). Buah kiwi memiliki kandungan acid folik yang tinggi yang dibutuhkan bagi ibu hamil serta janin yang sedang dikandungnya. Kandungan nutrisi ini mampu mencegah cacat saraf dan cacat mental pada bayi yang dilahirkan. (baca : Manfaat Kiwi Untuk Kesehatan)

Kurma

Kurma adalah buah yang dikenal karena memiliki segudang manfaat (baca : Manfaat Kurma Bagi Kesehatan dan Kecantikan). Buah kurma sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk memperkuat dinding rahim dan mengatasi kram perut yang sering dialami oleh wanita hamil. Ini karena kurma memiliki berbagai kandungan seperti zat besi, kalium, gula, serta vitamin B komplek. (Baca : Aneka Resep dari Kurma)