Cara Agar Gigi Tidak Semakin Menguning

by Ummi on November 22, 2016

Warna gigi asli sebenarnya tidak bisa menjadi benar-benar putih-karena warna alami sebenarnya adalah kuning muda sampai kuning kemerahan. Tapi seiring bertambahnya usia, gigi akan cenderung berwarna lebih gelap lagi. Seiring waktu, permukaan gigi yakni enamel akan retak dan terkikis, mengekspos dentin, interior dari gigi menjadi tidak terlalu padat, sehingga menyerap warna makanan.

agar gigi tidak semakin kuning

Noda juga akan merasuk ke plak dan kumpulan tartar di antara gigi. Beberapa makanan dan minuman, termasuk kopi, teh, cola, rokok, jus yang berasa asam, obat-obatan tertentu, dan makanan yang sangat berpigmen, semua bisa menodai gigimu.

Berita bagusnya adalah, semakin kuning noda gigimu, maka akan semakin mudah pula untuk menghapusnya. Banyak noda umum yang dapat dibersihkan dan dihilangkan melalui pembersihan gigi profesional dan dihindari dengan beberapa cara alami berikut ini :

Minumlah menggunakan sedotan

Untuk mencegah membekasnya noda, atau gigi kembali berubah menguning setelah kamu telah memutihkan mereka, maka minumlah minuman seperti kopi, soda, dan teh melalui sedotan untuk meminimalisasi kontak mereka dengan permukaan gigi. Hal ini dapat secara signifikan membatasi paparannya dan membantu menjaga gigimu lebih putih lebih lama, kata John C. Bulan, DDS, dokter gigi kosmetik dan dokter gigi umum di Half Moon Bay, CA.

Susuli minum kopi atau anggur dengan makanan pemutih

Makanan yang bersifat renyah, termasuk apel, seledri, dan wortel, bertindak seperti sikat gigi kecil ketika kamu mengunyah mereka, dan mereka membantu menggosok noda dari waktu ke waktu. Efek pembersihan pada gigi mungkin akan terlihat meski hanya sedikit sekali, terutama jika kamu merupakan seorang peminum kopi yang tidak biasa makan apel setiap hari. Sifat agak asam dan kualitas astringent dari apel, dikombinasikan dengan dagingnya yang bertekstur kasar, dan kaya serat, membuat apel menjadi makanan yang ideal untuk membersihkan dan mencerahkan gigi.

Buat sendiri pemutih gigimu

Menyikat gigi dengan pasta yang terbuat dari baking soda dan air beberapa kali dalam sebulan bisa menghilangkan noda dangkal dan memutihkan gigi dengan naik satu atau dua tingkat warna. Sifat kasat  dari pasta tersebut bisa menetralkan noda dan memoles gigi tetapi tidak cukup abrasif untuk megikis enamel gigi.

Pilih lipstick yang tepat

Warna lipstick dengan nuansa dasar warna biru akan membuat gigi terlihat lebih cerah, ujar Jessica Liebeskind, seorang makeup artist dari New York. Untuk mengetahui warna lipstick manakah yang akan cocok untukmu, maka Jessica menyarankan untuk mencoba memakai tiga atau empat warna lipstik yang berbeda, di mana itu akan menjadi lebih jelas, lipstick yang mana yang berbasis warna biru dan lipstick mana yang memiliki nuansa dasar warna kuning atau emas yang bisa membawa nuansa kekuningan di gigi.

Kendalikan asam lambungmu

Asam lambung  tidak hanya membuat kita merasa sengsara, tetapi juga dapat melakukan kerusakan permanen pada gigi. Asam dari sistem pencernaan dapat berakhir di mulutmu, melarutkan enamel gigimu layaknya seperti asam dari minuman soda atau olahraga. Asam ini, bagaimanapun, dapat menjadi lebih kuat, kata Edmond Hewlett, DDS, penasehat American Dental Association dan profesor di University of California Los Angeles School of Dentistry. Tanyakan pada dokter bagaimana untuk mengatasi maag.