≡ Menu
werno-werno.com

Cara Alami Atasi Morning Sickness

Banyak perempuan yang mengalami mual-mual selama trimester awal masa kehamilannya. Meski kondisi ini biasa disebut dengan istilah ‘morning sickness’ karena rasa ketidaknyamanan ini biasanya menyerang ketika kamu bangun di pagi hari, namun itu juga bisa terjadi di waktu kapanpun.

cara alami atasi morning sickness

Morning sickness bisa disebabkan oleh banyaknya perubahan yang terjadi dalam tubuh perempuan saat dia sedang hamil. Meski mual dan muntah adalah bagian alami dari proses kehamilan bagi sebagian perempuan, namun juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman yang hebat. Jika kamu termasuk perempuan yang sedang berjuang mengatasi morning sickness, berikut adalah beberapa cara alami atasi morning sickness agar bisa membuat permulaan kehamilanmu bisa terasa sedikit lebih ringan :

Jahe

Jahe telah digunakan untuk meredakan sakit perut selama berabad-abad. Kamu dapat mengambil jahe dalam bentuk suplemen, memakannya mentah, atau menyeduhnya sebagai wedang jahe. National Institutes of Health (NIH) mengusulkan agar wanita hamil mendapatkan 250 miligram (mg) jahe empat kali sehari untuk membantu mencegah dan mengobati morning sickness.

Meski begitu, ada beberapa kontroversi seputar menggunakan jahe saat hamil. Menurut NIH, ada kekhawatiran bahwa jahe mempengaruhi hormon seks janin. Namun, kebanyakan studi menunjukkan bahwa menggunakan jahe untuk mencegah morning sickness mengemukakan tidak adanya risiko kesehatan pada bayi. Jadi, hal yang terbaik adalah untuk membicarakan segala keprihatinan dengan dokter kandunganmu.

Lemon

Lemon adalah pilihan populer untuk menenangkan mual pada wanita hamil. Beberapa orang menemukan bahwa aroma lemon yang manis dan khas bisa meringankan perut yang sedang bergemuruh, sementara yang lain menemukan rasa nyaman pada rasa lemon yang getir dan asam.

Memeras jus lemon atau menambahkan beberapa tetes konsentrat lemon ke dalam segelas air bisa membantu mengatasi mual.  Atau kamu juga bisa mencoba mengemut permen rasa lemon.

Vitamin B6

Vitamin B6, atau juga dicap sebagai pyridoxine jika dalam bentuk suplemen, telah ditunjukkan mampu membantu mengatasi mual pada bulan-bulan pertama kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi vitamin B6 tidak memiliki efek buruk pada kehamilan. Mayo Clinic merekomendasikan bahwa wanita hamil yang mengalami morning sickness sebaiknya mendapatkan 25 mg vitamin B6 setiap delapan jam sekali, tapi periksa penggunaan dan dosisnya dengan dokter terlebih dahulu. B6 ditemukan secara alami dalam sayuran berdaun gelap seperti bayam dan brokoli, kacang-kacangan, dan sereal yang diperkaya.

Seruputlah sesuatu yang menenangkan

Tetap terhidrasi sangat penting bagi calon ibu. Muntah yang dapat datang bersamaan dengan morning sickness dapat meningkatkan kemungkinan dehidrasi. Ketika mereka mual di pagi hari, kebanyakan wanita cenderung untuk menemukan suhu kamar atau minuman hangat lebih mudah untuk mentolerir daripada minuman es.

Minuman yang menenangkan perut diantaranya jahe atau teh, soda jeruk, dan air soda. Teh chamomile merupakan pilihan lain, tetapi wanita dengan alergi mungkin bisa mengalami efek samping.Hindari minuman yang tinggi tingkat keasamannya dan kafein, seperti kopi, karena ini dapat menyebabkan sakit perut.

Metode Perawatan lain

Beberapa ibu hamil telah menggunakan terapi akupunktur atau akupresur untuk menangani morning sickness. Gelang akupresur tersedia di sebagian besar apotek, tetapi penelitian menunjukkan bahwa efeknya tidak lebih dari sekedar plasebo daripada obat yang sebenarnya. Pergi keluar untuk berjalan-jalan agar mendapatkan udara segar juga dapat menenangkan sarafmu. Stres dapat berkontribusi untuk kesengsaraan perut, mengurangi beban stres dapat menenangkan perutmu.

Jurus lain menjalani hari

Memakan sesuatu 15 menit setalh bangun tidur bisa menjadi tindakan pencegahan yang bagus untuk menangkal morning sickness. Sesuatu yang rasanya hambar seperti cracker soda atau roti tawar adalah yang terbaik. Memakan makanan dalam porsi kecil tapi sering sepanjnag hari juga bisa membantu, karena perut yang kosong cenderung bisa mengalami mual.

Meminta orang lain untuk memasak dan menyiapkan makanan untukmu juga bisa menjadi nilai plus, karena bisa membantumu menghindari morning sickness, karena dapur bisa dengan mudah menjadi tempat yang panas dan pengap, sehingga bisa memperburuk mual.

Hal-hal yang harus dihindari

Beberapa aroma tertentu dan bau yang menyengat, mulai dari makanan, sabun, parfum, dan lain-lain bisa memicu mual selama kehamilan, dan ini bisa bervariasi dari satu perempuan ke perempuan yang lain. Jadi, hindarilah bau yang sekira bisa menjadi pemicu mualmu.

Beberapa jenis makanan juga dapat mengganggu perutmu yang sudah sensitif dengan mengagitasi asam lambung. Wanita hamil yang mengalami morning sickness harus menghindari makanan pedas, berlemak, berminyak, dan makanan yang digoreng. Sementara diet hambar mungkin tidak terdengar menarik, tapi itu yang paling mungkin untuk tidak memicu mualmu.

0 comments… add one

Leave a Comment