Cara Alami Atasi Sakit Kepala Tanpa Obat

by Ummi on July 13, 2015

Sakit kepala merupakan penyakit yang hampir pasti dialami oleh setiap orang di semua kalangan usia, dan memiliki berbagai jenis gejala yang berbeda. Mengobati sakit kepala, memang gampang –gampang susah. Memang, meminum obat sakit kepala yang tersedia bebas di pasaran bisa sangat membantu, namun penggunaan obat yang sama dalam jangka panjang bisa menyebabkan ketergantungan dan efek samping, bahkan bisa membuat kita kebal terhadap obat tersebut.

Jika kamu tidak ingin selalu ketergantungan dengan obat sakit kepala seperti aspirin dan hendak mencoba alternatif lain yang lebih alami, maka ikuti tips menyembuhkan sakit kepala secara alami berikut ini :

cara alami obati sakit kepala

Terapi relaksasi

Metode relaksasi otot yang progresif ini mampu mengurangi tekanan dan rangsangan otot serta meredakan rasa nyeri. Dan, kamu juga bisa mempelajari dan mempraktekkannya sendiri di rumah.

Terapi perilaku kognitif

Pelajari untuk menggantikan pikiran negatif dengan sebuah skrip yang memproduksi pikiran yang lebih positif dan sehat. Ini biasanya dilakukan sesuai pengarahan terapis yang terlatih. Sakit kepala tegang yang sering, mungkin bisa disebabkan oleh depresi yang tak disadari.

Rajin olahraga

Ada beberapa kejadian, bahwa latihan aerobik bisa membantu mengurangi sakit migrain. Meski tidak ada penelitian kuat yang mengaitkan kemampuan olahraga untuk membantu menyembuhkan sakit kepala, namun itu masuk akal karena dengan olahraga, akan melepaskan hormon endorphin yang bisa mengurangi tingkat stress. Olahraga bagus untuk segala hal.

Konsumsi magnesium

Beberapa penderita migrain mempunyai kadar magnesium otak yang rendah selama serangan migraine datang, dan mungkin malah kekurangan magnesium diantara periode migrain. Wanita yang biasanya menderita migraine saat siklus haid, bisa memanfaatkan dari perawatan dengan konsumsi suplemen magnesium.

Konsumsi riboflavin

Riboflavin yang juga dikenal dengan vitamin B2, dapat membantu mencegah sakit kepala dengan meningkatkan metabolisme oksigen. Kamu bisa memakainya dalam bentuk suplemen.

Hindari makanan dan minuman pemicu sakit kepala

Kafein yang biasa terdapat pada kopi, teh, coklat dan beberapa obat pereda nyeri, bisa memperburuk atau malah meringankan sakit kepala, tergantung pada seberapa banyak kamu minum dan seberapa sering. Alkohol, terutama anggur merah adalah minuman pemicu sakit kepala yang umum. Pemicu lainnya meliputi : makanan dengan kandungan tyramine seperti pada ikan asap dan dendeng, pemanis buatan, monosodium glutamate, dan asam nitrat. Hindari pula makanan tinggi karbohidrat atau gula yang bisa menyebabkan gula darah melonjak tinggi, lalu menurun dengan cepat.

Minum lebih banyak air

Dehidrasi juga bisa menyebabkan sakit kepala. Jadi minum cukup air mineral 6-8 gelas sehari untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Makan teratur

Berpuasa atau tidak makan tepat waktu bisa menyebabkan sakit kepala. Jangan sampai kamu melewatkan jadwal makan tiga kali sehari di pagi, siang dan malam hari.

Coenzyme Q10

Jenis suplemen antioksidan ini bisa bermanfaat untuk mengurangi frekuensi sakit kepala.

Minum ramuan herbal

Kamu juga bisa meminum ramuan herbal seperti tumbuhan butterbur atau fever few yang berkhasiat untuk  mencegah migrain.