Cara Alami Melawan Rasa Kantuk Saat Kerja

by Ummi on February 18, 2017

Apakah kamu pernah mengalami rasa kantuk yang berat saat sedang di tempat kerja? Maka kamu tidak sendirian. Sekarang semakin banyak orang yang mengalami rasa kantuk di kerja. Rasa kantuk bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah kurang tidur, gangguan tidur, insomnia, hiperkalsemia (kelebihan kalsium dalam darah), hipertiroid, diabetes, migraine, dan akibat pengaruh obat-obatan tertentu.

cara melawan kantuk

Rasa kantuk di siang hari bisa membuatmu mudah marah dan menghambat rutinitas harianmu. Sebagian besar orang mencari kopi dan minuman energi untuk melawan kantuk. Kafein memang dapat membantumu tetap terjaga untuk sementara tapi bagaimana dengan semua efek samping yang mereka bawa? Kamu menjadi tidak sehat dengan memerangi rasa kantukmu dengan menggunakan cara ini, dengan kafein! Tapi jangan khawatir, berikut akan kami ulas tentang cara alami melawan rasa kantuk saat bekerja :

Ikuti jadwal tidur yang rutin

Hal ini adalah sebuah keharusan. Karena kamu tidak cukup tidur atau tidak tidur di waktu yang sama setiap harinya, ritme tubuhmu akan menjadi terganggu. Tidur yang cukup dan tidak terganggu adalah kunci untuk tetap merasa segar dan bugar sepanjang hari. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan :

  • Tidurlah antara jam 20:00-23:00 WIB, jangan lebih dari itu karena di jam tersebut kamu akan mendapatkan tidur paling nyenyak.
  • Tidurlah setidaknya 7-8 jam setiap malam.
  • Jaga waktu bangun yang teratur pada saat hari kerja maupun akhir pekan. Kamu mungkin bangun satu jam kemudian pada akhir pekan tapi jangan sampai kesiangan. Jika kamu setiap hari bangun jam 6 pagi, maka kamu tak mengapa untuk bangun di jam 7 pada hari Minggu tapi jangan di jam 10! Ini akan mengganggu ritme siklus tidur tubuhmu.

Dapatkan sinar matahari atau cahaya yang terang

Sinar matahari akan mengatur jam biologismu; itu membuat tubuhmu waspada terhadap waktu kerja. Namun, mungkin tidak selalu mungkin bagimu untuk mendapatkan sinar matahari, berkat kamu pernah mengalami pergantian tugas (shift). Di saat seperti itu, jagalah tempat kerjamu agar tetap terang benderang. Ini akan melawan rasa kantuk dan membuat kamu tetap waspada. Ritme sirkadian atau jam internal tubuh mengontrol siklus tidur dan bangun. Ritme ini pada gilirannya, dikendalikan oleh suatu bagian dari otak kita yang dipengaruhi oleh cahaya.

Namun, dalam perjalanan pulang dari kerja, kamu harus mencoba untuk menghindari cahaya terang sehingga kamu bisa tertidur dengan mudah setelah kamu mencapai rumah. Juga, gunakan tirai tertutup atau gorden yang berat sehingga sinar matahari akan diblokir ketika kamu tidur di siang hari. Tidur berkualitas yang tak terganggu sangat penting untuk melawan rasa kantuk.

Lakukan olahraga untuk menghalau rasa kantuk

Dapatkan beberapa latihan sehari-hari, terutama di pagi hari. Adrenalin akan membantumu tetap lebih waspada. Salah satu penyebab utama rasa kantuk adalah tidak mendapatkan aktivitas fisik yang cukup. Tubuh kita dibuat untuk bekerja dan beristirahat, bukan untuk beristirahat selalu. Bila kamu tidak menggerakkan otot dan semua yang ada di dalam tubuhmu, maka kamu akan menjadi lamban. Jadi, biasakan untuk berolahraga setiap hari selama minimal 30 menit. Ini juga akan membuatmu tidur lebih baik di malam hari. Meskipun begitu, hindari berolahraga dekat dengan waktu tidur! Ini akan menghambat tidur dan membuatmu lebih mengantuk keesokan harinya.

Tapi latihan apa yang harus dilakukan?
• Berjalan selama 30-40 menit setiap hari
• Jogging selama setengah jam atau pergi ke gym dan menggunakan alat latihan elips
• Berenang selama 20-30 menit
• Berlari adalah latihan yang baik
• Bersepeda juga dapat membantu
• Lakukan aerobik atau yoga

Singkatnya, lakukan apapun yang kamu merasa suka tapi juga menggerakkan tubuhmu untuk waktu setidaknya 30-40 menit sehari.

Gunakan titik akupresur untuk melawan rasa kantuk

Ketika kamu merasa mengantuk dan perlu menjadi terjaga, kamu juga dapat mengambil bantuan dari akupresur disertai dengan pernapasan yang tepat. Ini akan merangsang sistem saraf dan membuat dirimu kembali waspada hampir seketika.

Tekan Titik Akupresur GV 26
Titik ini terletak di alur philtrum vertikal antara pangkal hidung dan perbatasan bibir atas. Tekan bagian tengah titik ini menggunakan jari telunjuk dengan tegas. Sambil memegang titiknya, tarik napas dalam-dalam, tahan selama beberapa detik dan buang napas perlahan. Ulangi ini tiga kali.

Gosok titik akupresur B 23 dan B 47
Titik-titik ini terletak di punggung bagian bawah. Bawa tanganmu ke punggung bagian bawah. Sekarang gosok dengan cepat titik-titik di punggung bawah dengan ibu jari, dari atas ke bawah. Lakukan ini selama satu menit.

Tekan dan Gosok titik akupresur St 36
Titik ini terletak empat jari di bawah dari bagian bawah tempurung lutut, di sepanjang batas luar tulang kering di kaki. Ini juga disebut titik energi dan bisa meremajakanmu. Pegang titik dengan kedua tangan dan tekan dengan kuat. Menggunakan buku-buku jarimu, gosok dengan cepat dari atas ke bawah.

Kamu tidak perlu merangsang semua titik akupresur yang dibahas di atas. Lakukan entah yang nomer satu atau dua, atau semuanya, yang penting apa pun yang bisa membuatmu waspada dan melawan kantukmu.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2