Cara Alami Membasmi Kecoak

by Ummi on February 28, 2017

Rayap, semut, lalat, dan kecoa merupakan beberapa hama yang mengganggu dan merusak pemandangan rumah. Bahkan selain jorok, kecoa juga kerap menjadi sumber penyakit. Banyak orang yang merasa risih dan jijik jika melihat adanya banyak kecoa di hunian mereka. Namun, meskipun sudah di usir, kecoa seringkali balik lagi dan menginvasi rumah. Agar kamu bisa sukses membasmi dan mencegah kecoa menyerbu rumahmu, simak cara alami membasmi kecoa berikut ini :

Penyebab serbuan kecoa :

Sebelum kita membahas cara membasmi kecoa, ada baiknya kita cari tahu lebih dulu penyebab kecoa bisa menyerbu rumah sehingga kita bisa mengatasi akar permasalahannya dan mencegah hal tersebut terjadi lagi di kemudian hari :

  • Kebersihan lingkungan yang buruk.
    • Langkah-langkah pengendalian hama yang tidak teratur.
    • Menyimpan makanan dalam wadah yang tidak tertutup sehingga menarik kecoak.
    • Serbuan kecoa tetap mungkin terjadi bahkan di rumah yang bersih melalui saluran pipa dan celah-celah kecil.
    • Kecoak bisa bertahan meski dengan ketentuan minimum untuk bisa bertahan hidup.
    • Mereka berkembang biak dengan sangat cepat.
    • Kecoa membangun sarang di sudut-sudut terpencil dan celah-celah, memipihkan tubuh mereka dengan mudah untuk menyesuaikan ruang apapun.
    • Kecoa merupakan hama yang sangat tangguh dan sulit dibasmi.

Berikut adalah tanda-tanda rumahmu sedang diserbu kecoa :

  • cangkang telur kecoak yang menetas biasanya terlihat.
    • feses (kotoran) Kecoa yang menyerupai bubuk kopi atau lada hitam akan terlihat.
    • Sebuah serbuan kecoak yang serius dapat menyebabkan bau apek yang menyengat.
    • Kecoak mati dapat terlihat dari waktu ke waktu.
    • Kecoak dapat didengar bergegas tentang di malam hari.
    • terlihanya kecoa di siang hari adalah tanda serangan kecoak yang parah.
    • masalah perut terkait yang berkepanjangan; terutama pada anak-anak mungkin karena dapur yang penuh dengan kecoa.

Cara alami membasmi kecoak

Berikut adalah bahan dan cara alami yang bisa kamu gunakan untuk membasmi kecoa :

Mudah tersedia di setiap toko kelontong dan menjadi bahan umum di dapur, dan merupakan solusi bagi kecoa yang tampaknya permanen, daun salam adalah bahan yang sangat efektif. Tinggalkan bundelan daun salam di dekat lubang wastafel, sudut dan celah-celah di mana cenderung menjadi sarang kecoa untuk menangkis hama. Kamu juga dapat menempatkan sebungkus daun salam di lemari untuk melindungi buku dan pakaian dari kecoak.

Larutan ammonia

Kecoa sering bersembunyi di bak cuci piring dan saluran pipa. Amonia adalah ramuan pembasmi kecoak kelas atas dalam situasi ini. Tambahkan secangkir penuh amonia dalam seember air dan siramkan ke bawah wastafel dan toilet untuk membersihkan pipa. Bau menyengat yang kuat akan mengusir kecoak yang bersarang di pipa dan saluran pembuangan.

Kapur barus

Kapur barus sangat baik untuk menangkal semua jenis hama termasuk kecoak. Tempatkan beberapa kapur barus di lemarimu dan dekat daerah tertentu yang rawan diserbu kecoak atau mungkin sarang untuk kecoak. Namun, mereka juga tidak baik bagi manusia sehingga sangat penting untuk menjauhkan mereka dari anak-anak.

Minyak mint

Semprotkan minyak mint langsung ke kecoak atau ke dalam bak cuci piring (sink) dan sudut-sudut dapur serta kamar mandi di mana kecoak lebih mungkin untuk menetap. Mereka mungkin tidak bekerja secepat seperti beberapa pengobatan rumah lainnya, tetapi itu merupakan cara alami dan tidak beracun untuk menjaga rumahmu bebas kecoak dari waktu ke waktu.

Listerine

Listerine tidak hanya memiliki sifat antiseptik sebagai obat kumur tapi juga dapat digunakan untuk membasmi hama di rumahmu. Encerkan solusi Listerine dengan air dan semprotkan campuran ini di sarang atau kecoa atau sekitar dapur dan kamar mandi untuk menyingkirkan kecoak.

Cedar

Ekstrak sedar (cemara) bisa hadir dalam bentuk bola, chips, atau balok untuk membasmi segala jenis hama termasuk kecoak. Menjadi salah satu pembasmi kecoak terbaik, cedar seringkali digunakan untuk menggaris lemari dan closet untuk membuat biang hama ini pergi.

Jebakan petroleum jelly

Jika kamu merasa sangat kreatif, maka garisi tepi toples atau kendi dengan petroleum jelly dan biarkan semalaman dengan beberapa makanan di dalamnya sebagai perangkap. Kecoak akan naik kedalamnya untuk mencari makanan, tetapi akan terjebak di dalamnya, tidak dapat melarikan diri karena adanya petroleum.

Pemutih

Bleach atau pemutih adalah salah satu desinfektan yang paling umum digunakan di rumah. Campur pemutih dengan air dan tuangkan ke wastafel dan toilet untuk menjaga rumah bersih dan bebas dari kecoak yang hidup di saluran pipa, sink dan selokan. Larutan pemutih akan membunuh kecoak yang merepotkan dan menghancurkan sarang mereka.

Lemon

Lemon memiliki sifat anti patogen alami. Tambahkan jus lemon ke air yang kamu gunakan untuk mengepel lantai, permukaan dapur dan lemari kamar mandi untuk menjaga kuman pergi dan mengusir kecoak yang tidak tahan bau sitrat.

Boraks

Taburkan boraks di dekat sudut, celah-celah, sink dan pipa di dapur dan kamar mandi dan biarkan semalaman. Menjadi makhluk nokturnal, kecoak yang bergegas keluar di malam hari akan datang dalam kontak dengan boraks yang mengeringkan exoskeletons mereka dan bertindak sebagai racun yang lambat. Mereka yang terkena dampak boraks akan membawanya kembali ke sarang mereka secara efektif membunuh kecoak lain juga.