≡ Menu
werno-werno.com

Cara Alami Mencegah & Mengurangi Kerutan

Kerutan ! mungkin mereka akan sangat menggemaskan jika terdapat pada anjing jenis Shar-pei. Namun, jika muncul di wajah manusia, mereka sering dikaitkan dengan penampilan yang kurang menarik. Kerutan merupakan bagian dari proses penuaan yang tidak dapat kita hindari, yang bisa diperparah oleh serangan radikal bebas.

Kulit kita, sangat dipengaruhi oleh kekencangan dari protein berserat yang disebut kolagen. Tipe ke dua dari protein, yakni Elastin, berfungsi untuk menyuplai kesegarannya. Kelenjar minyak membuat kulit menjadi lembut dan kenyal, dan lapisan lemak yang ada dibawah kulit berfungi untuk menambah kontur. Seiring tubuh yang semakin menua, sel-sel yang memproduksi semua bahan penting ini, menjadi berkurang jumlahnya dan kurang begitu optimal kinerjanya. Sehingga, kulit menjadi lemah dan kehilangan bentuknya. Kulit menjadi kendur dan keriput serta muncul kerutan karena bantalan lemak semakin menipis dan minyaknya mulai mengering.

Untuk bisa lebih menyamarkan tampilan kerutan dan mencegahnya agar tidak semakin bertambah parah, berikut ini akan kami ulas beberapa cara alami untuk mengatasi kerutan tanpa harus melakukan prosedur kecantikan yang berbiaya mahal atau menggunakan anti-aging cream :

Tingkatkan asupan antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa kimia yang mampu melawan radikal bebas dengan cara menyediakan elektron untuk memberi makan radikal bebas. Jadi, makanlah makanan yang terbuat dari tumbuhan kaya antioksidan, yang meliputi vitamin A, C, dan E, serta senyawa pemberi warna seperti Beta-carotene dan anthocyanin.

Antioksidan akan memberikan kinerja terbaik saat dikombinasikan. Jadi, penuhi piringmu setiap hari dengan berbagai jenis buah dan sayur yang berwarna mencolok seperti buah berrie, brokoli, dan wortel, begitu juga dengan kacang-kacangan dan polong-polongan sebagai cara paling efektif untuk meningkatkan antioksidan dalam dietmu.

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa jenis antioksidan tidak hanya ampuh untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas, namun juga bisa membantu membalikkannya. Bentuk dari vitamin A yang disebut Retinol, telah terbukti mampu mengurangi kerutan dengan cara menstimulasi sel pemroduksi kolagen.

Tingkatkan asupan ikan kaya Omega-3

Lemak di tubuh membantu menciptakan tampilan yang lembut dengan memberikan permukaan yang halus bagi kulit. Lemak makanan juga bisa meningkatkan kesehatan kulit dengan menutrisi sel kulit.

Lemak dan minyak yang paling membantu untuk mengurangi kerutan berasal dari asam lemak Omega-3. Kandungan ini banyak melimpah dalam ikan yang berminyak seperti ikan tuna, salmon, herring, dan sarden. Sumber asam lemak Omega-3 bagi vegetarian bisa berasal almond, kenari, minyak biji bunga matahari dan flaxseed. Selain itu, asam lemak Omega-3 juga merupakan lemak tak jenuh ganda, yang berarti juga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Penuhi asupan mineral

Ada dua mineral utama yang berperan penting dalam mengurangi kerutan. Pertama adalah Selenium. Sebagai antioksidan, selenium berguna untuk menetralisir radikal bebas pelahap elektron sebelum mereka bisa merusak sel kulit. Berdasarkan beberapa penelitian, selenium juga bisa mengembalikan kembali elastisitas kulit. Mineral yang kedua adalah tembaga. Tembaga sangat penting untuk pembentukan kolagen dan elastin, dua protein berserat yang penting bagi kulit.

Seperti halnya jenis mineral yang lain, kedua hal ini hanya diperlukan dalam jumlah yang sedikit saja. Sumber selenium yang baik diantaranya adalah tuna, salmon, kacang Brazil, telur, dan biji-bijian utuh seperti beras merah, gandum, dan oats. Sedangkan kamu bisa menemukan tembaga dalam polong-polongan, buncis, lentil, kacang-kacangan dan kerang.

Perbanyak minum teh

Beberapa minuman dikenal akan daya tarik antioksidannya. Diantaranya adalah kopi, kokoa, dan teh. Antioksidan yang berperan disini adalah Katekin dan Epikatekin. Senyawa ini bisa ditemukan dalam semua jenis daun teh. Meski begitu, kandungannya akan berkurang oleh proses oksidasi, yang menjadi bagian dari proses fermentasi yang digunakan untuk membuat teh hitam.  Penelitian terbaru menunjukkan bahwa teh hijau dan teh putih lah yang paling superior dalam mengirimkan antioksidan dan memegang peranan penting dalam mengurangi kerutan.

Teh hijau tidak di fermentasi dan mengalami lebih sedikit oksidasi, sedangkan teh putih (white tea) diseduh dari pucuk daun termuda dari tanaman teh dan emngalami proses oksidasi yang paling sedikit dibanding dari semua jenis teh. Walhasil, baik teh hijau ataupun teh putih akan mampu menyimpan lebih banyak katekin dan epikatekin. Disamping itu, teh putih juga telah terbukti mampu menghentikan reaksi enzim yang menghancurkan kolagen dan elastin. Untuk mendapatkan antioksidan terbaik, pilihlah seduhan daun teh yang masih segar, bukannya teh instan atau es teh kemasan.

Nikmati produk kedelai dengan wajar

Kacang kedelai mengandung senyawa dan protein nabati berkualitas tinggi yang disebut dengan isoflavon, yang dikenal sebagai antioksidan. Dalam beberapa penelitian, kandunagn isoflavon kacang kedelai juga terbukti mampu membantu pertumbuhan kolagen. Namun penggunaan krim oles yang mengandung isoflavon kedelai Genistein dianggap akan lebih berguna daripada mengkonsumsi kedelai secara langsung.

Perangi kerutan dari luar

Kini semakin banyak produk kesehatan dan kecantikan yang mengklaim mampu meningkatkan dan menutrisi kulitmu, termasuk diantaranya adalah nutrisi pelawan kerutan yang terdapat dalam suplemen makanan.

Diantara bahan dasar produk kecantikan yang telah terbukti mampu mengurangi tampilan kerutan adalah :

·         Retinol, merupakan bentuk dari vitamin A. Bahan ini biasanya diindetifikasi sebagai retinoic acid atau retinaldehyde dalam label produk.
·         Peptida, merupakan rantai dari asama mino. Asam amino adalah blok pembangun protein, dan protein adalah komponen utama dalam kulit. Copper peptides dianggap bahan yang paling efektif.
·         Hydroxyacids, banyak terdapat secara alami dalam buah-buahan. Mereka juga bisa ditemukan dalam asam laktat dalam makanan produk olahan susu. Mereka membantu mengelupas sel kulit mati yang bisa merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru.

Hindari dan lindungi kulit dari elemen pemicu kerutan

Melindungi kulit dari elemen penyebab kerutan adalah kunci tidak hanya dalam mencegah munculnya kerutan, namun juga bisa membantu mengurangi kerutan yang sudah muncul. Misalnya saja, tabir surya berspektrum luas dengan kandungan SPF 25-30 sangat efektif untuk membentengi kulit dari radiasi sinar UV A dan UV B matahari. Beberapa merek tabir surya juga mengandung vitamin E atau isoflavon kedelai. Sehingga, produk ini akan memperkuat penghalang dengan carea meregenerasi kolagen.

Begitu juga dengan pemakaian pelembab. Pelembab akan membantu menyimpan cairan dalam sel, sehingga bisa mengisi kerutan sementara waktu dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan dalam jangka panjang. Beberapa pelembab juga mengandung kolagen dan keratin. Protein ini secara temporer akan mengurangi kerutan dan melindungi kulit, namun tidak bisa diserap secara topikal. Jadi, akan lebih bermanfaat jika kamu juga memakan makanan yang mengandung kolagen dan keratin.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment