Cara Alami Mengatasi Haid (Menstruasi) Yang Tidak Teratur

by Ummi on March 15, 2014

Menstruasi atau yang biasa disebut dengan haid merupakan siklus bulanan yang dialami oleh hampir setiap wanita. Namun terkadang, ada sebagian wanita yang mengalami permasalahan berupa tidak teraturnya siklus haid. Kadang haidnya sebentar, kadang lama. Dan periode antara satu haid dengan haid selanjutnya tidak selalu sama.

Cara Alami Mengatasi Haid (Menstruasi) Yang Tidak Teratur

Hal ini bisa disebabkan karena stres atau adanya gangguan pada sistem reproduksi wanita. Meski bagi wanita yang mengalami haid tidak teratur tampaknya tidak mengalami hal-hal yang mengganggu, namun jika hal ini terus menerus dibiarkan akan mengakibatkan munculnya masalah serius di kemudian hari. Mengapa, karena kesehatan alat reproduksi wanita sangat erat hubungannya dengan proses kehamilannya nanti. Siklus haid yang tidak teratur bisa menimbulkan bahaya hamil anggur atau kehamilan ektopik.

Untuk mengatasi gangguan ini, memang bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia yang bisa membantu mengurangi nyeri haid atau melancarkan siklus haid. Tapi, pemakaian obat kimia bisa menimbulkan ketergantungan dan efek samping. Untuk itu, lebih baik menggunakan cara-cara alami untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi haid tidak teratur secara alami :

  • Jaga asupan nutrisi yang seimbang dan vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Perbanyak konsumsi sayuran dan ikan laut seperti salmon dan tuna yang bisa membantu mengatasi stress.
  • Kurangi makanan siap saji yang mengandung banyak minyak dan tinggi lemak yang berbahaya bagi kesehatan reproduksi wanita. Ganti dengan konsumsi kacang-kacangan yang kaya akan protein Omega 3.
  • Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging menjelang periode menstruasi.
  • Minum air yang cukup minimal 8 gelas sehari untuk melancarkan system peredaran darah dan menjaga keseimbangan hormon. Lakukan aktivitas sesuai kemampuan tubuh, jangan sampai terlalu lelah. Hindari mengangkat barang-barang yang terlalu berat.
  • Cobalah untuk mengkonsumsi jamu tradisional atau obat-obatan alami untuk melancarkan haid.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi haid tidak teratur secara alami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba..