Cara Alami Mengatasi Kejang Pada Otot Punggung

by Ummi on July 28, 2017

Kejang punggung adalah kontraksi atau kram yang menyakitkan di bagian otot punggung. Rasa sakit tersebut bisa menjadi akibat dari berlebihan selama latihan atletik atau karena hal sepele seperti hanya sebab salah bergerak saat bangun tidur atau melakukan pekerjaan rumah tangga. Menurut Sports Injury Bulletin, sebagian besar kejang punggung mempengaruhi bagian bawah punggung. Kamu bisa meringankan rasa sakit karena kram otot di punggung melalui pengobatan di rumah berikut ini:

kram punggung

Langkah 1

Kompres dengan es daerah yang sakit untuk menghilangkan rasa sakit karena kejang punggung. Terapkan kantung berisi es batu dalam gerakan memijat ke punggungmu, (kamu mungkin memerlukan bantuan anggota keluarga lain untuk menjangkau tempat yang tepat) untuk jangka waktu 12 menit, menurut Sports Injury Bulletin. Rasa dingin tidak hanya meredakan rasa sakit tapi juga bisa mengurangi peradangan di dalam otot dan jaringan sekitarnya. Anda bisa mengompresi es area yang sakit di sepanjang hari, dan beristirahatlah selama 20 menit di antara sesi icing.

Langkah 2

Ambil obat pereda nyeri over-the-counter seperti ibuprofen atau acetaminophen untuk mengobati kejang pada otot punggung di rumah. Kebanyakan kejang yang terjadi tanpa merobek ligamen dapat dibantu oleh obat-obatan yang mungkin sudah kamu miliki di lemari obat P3K.

Langkah 3

Lakukan peregangan lembut untuk menguatkan punggung bagian bawahmu, yang bisa meringankan dan mencegah kram otot, menurut MedlinePlus. Latihan Pelvic tilts, juga disebut pelvic presses, dapat menguatkan bagian bawah punggung Anda dan meningkatkan fleksibilitas Anda.

Caranya adalah, berbaringlah di lantai atau tempat tidur dengan kedua lengan lurus ke bawah di samping tubuhmu. Kencangkan otot perutmu, lalu dengan lembut dorong punggung kecilmu ke lantai. Pegang posisi selama beberapa detik (hingga 12 detik sangat ideal jika kamu kuat) sebelum kembali rileks.

Langkah 4

Lakukan pengangkatan kaki untuk memperkuat punggung Anda dan untuk membantu melemaskan otot-otot yang tegang sehingga menyebabkan sering kejang. Berbaringlah di lantai atau tempat tidur. Angkat lengan kanan dan kaki kiri setinggi mungkin, jaga kedua tungkai tetap lurus. Pegang posisi selama mungkin Anda bisa sebelum kembali ke posisi semula. Ulangi latihan dengan lengan kiri dan kaki kanan. Dua set dari 10 pengulangan latihan ini sudah cukup memadai, menurut Sports Injury Bulletin.

Itu tadi adalah beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mengatasi kejang atau kram pada otot punggung di rumah.