Cara Alami Mengatasi Kuku Cantengan

by Ummi on February 12, 2017

Peyebab cantengan

Cantengan atau kuku kaki yang tumbuh ke dalam terjadi ketika sudut atau tepi kuku kakimu melengkung dan tumbuh ke dalam kulit di sekitarnya. Hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri, kemerahan, dan bengkak. Kondisi ini sangat umum pada laki-laki dan perempuan. Dan dari semua jari kaki, jempol kaki adalah yang kemungkinan besar akan terpengaruh.

Penyebab umum dari cantengan adalah:

• trauma kuku, seperti kuku tersayat
• memakai sepatu yang terlalu ketat
• memotong kuku terlalu pendek
• memotong kuku kaki terlalu menyudut

Untuk mencegah infeksi, penting untuk mengobati cantengan segera setelah mereka muncul. Kasus cantengan ringan mungkin memerlukan pengobatan ringan dengan pengobatan rumahan. Sedangkan kasus serius mungkin perlu intervensi bedah.

Berikut adalah cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cantengan :

Rendam kakimu di dalam air hangat yang bersabun

Merendam kaki yang cantengan mungkin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meringankan nyeri. Kamu bisa merendam kakimu di dalam air hangat bersabun tiga kali sehari selama hingga 20 menit. Sabun Castile (sabun dengan bahan dasar minyak zaitun) adalah pilihan yang baik. Kamu juga dapat menambahkan garam Epsom ke dalamnya untuk bantuan tambahan.

Rendam kakimu ke dalam larutan cuka sari apel

Cuka sari apel adalah ramuan kuno untuk hampir semua kondisi di masa kini, termasuk juga cantengan. Ia dipercaya memiliki khasiat antiseptik, antiinflamasi, dan kemampuan meredakan nyeri, meskipun bukti-bukti ilmiahnya masih terbatas. Untuk mencoba ramuan ini, persiapkan sebaskom air hangat yang dicampur dengan ¼ cup cuka sari apel. Rendam kaki yang cantengan ke dalamnya selama hingga 20 menit setiap hari. Keringkan kakimu secara menyeluruh setelah perendaman.

Balut area yang cantengan dengan kapas

Mayo Clinic merekomendasikan untuk menyelipkan potongan-potongan kecil dari kapas atau benang gigi wax di bawah tepi kuku yang cantengan untuk mendorong pertumbuhan kuku yang tepat. Namun tidak setiap kelompok medis setuju. Menurut American College of Foot dan Ankle Surgeons, menempatkan kapas di bawah kuku dapat meningkatkan rasa sakit dan memungkinkan bakteri berbahaya untuk berkembang. Merendam kapas atau benang gigi dalam alkohol sebelum aplikasi dapat membantu mengurangi risiko ini.

Oleskan salep antibiotik

Menggunakan salep atau krim antibiotik yang dijual bebas di pasaran dapat mempromosikan penyembuhan dan membantu mengurangi risiko infeksi. Oleskan salepnya pada kuku jari kaki yang cantengan sesuai dengan petunjuk pemakaian, biasanya hingga sampai tiga kali sehari. Salep antibiotik ini termasuk Neosporin, Polysporin, dan Bactroban. Pastikan kamu membalut dengan perban kuku jari kakimu setelah pengaplikasian salep.

Gunakan sepatu dan kaos kaki yang nyaman

Sepatu dan kaos kaki yang terlalu sesak bisa menekan kuku jari kakimu. Hal inilah yang dianggap menjadi penyebab utama dari cantengan. Untuk membantu mencegah terjadinya cantengan atau cantengan yang lebih parah, gunakan sepatu dan kaos kaki yang pas namun masih meninggalkan ruang yang lega di bantalan jari kaki. Selama proses penyembuhan, hindari untuk memakai sepatu dulu atau gunakan sandal sebanyak mungkin untuk membatasi tekanan pada kuku jari kaki.

Minum obat pereda rasa nyeri

Obat Acetaminophen (Tylenol) mungkin dapat membantu meredakan kuku cantengan. Biasanya tidak menimbulkan efek samping, kecuali kamu meminumnya melebihi dari dosis yang dianjurkan, yakni 3.000 miligram sehari atau kamu meminumnya bersamaan dengan minuman beralkohol.

Jika kuku cantenganmu bengkak, Ibuprofen mungkin akan menjadi pilihan yang lebih baik karena ibuprofen bisa meredakan baik rasa nyeri ataupun bengkak. Beberapa efek samping ibuprofen meliputi sakit perut, mulas, dan diare. Minumlah obat pereda nyeri sesuai dengan petunjuk pemakaian atau saran dokter.

Gunakan pelindung kaki

Sebuah pelindung kaki memberikan bantalan penghalang bagi kuku kaki yang cantengan. Pelindung kaki tersedia dalam bentuk cincin yang pas di daerah yang terkena atau sebagai penutup untuk seluruh jari kaki. Beberapa merek dari pelindung kaki, seperti Dr. Scholl ini, hadir dengan gel obat untuk membantu melembutkan kuku kaki untuk memudahkan pemotongan. Gunakan perawatan sebagaimana telah diarahkan sampai cantengannya hilang.

Cobalah menggunakan sarung kaki (toe brace)

Sarung kaki biasanya terbuat dari bahan komposit yang tipis, melekat, dan direkatkan ke bagian atas kakimu. Mereka dimaksudkan untuk membantu melindungi kulit dari kuku cantengan yang tajam, dan mengangkat tepi kuku saat kukumu tumbuh. Sarung kaki tersedia secara online dan di beberapa apotek.

Mintalah resep antibiotik oral ke dokter

Antibiotik oral tidak secara rutin diresepkan untuk kuku kaki cantengan ysng tidak terinfeksi. Tidak ada bukti bahwa antibiotik bisa memperbaiki kondisi. Namun, jika kamu memiliki kuku cantengan yang terinfeksi atau sistem kekebalan tubuh yang lemah, maka kamu mungkin perlu antibiotik oral.

Beberapa tanda-tanda infeksi adalah:
• peningkatan kemerahan
• sakit yang berdenyut-denyut
• peningkatan pembengkakan
• bernanah
• kehangatan di kaki yang terkena dampak dan daerah sekitarnya
• bau busuk

Beberapa antibiotik yang digunakan untuk mengobati kuku kaki cantengan yang terinfeksi adalah ampisilin, amoksisilin, dan vankomisin.

Pertimbangkan untuk penghilangan kuku

Jika kuku cantengan tidak juga membaik dengan pengobatan rumahan, maka penghilangan kuku sebagian atau sepenuhnya mungkin diperlukan. Menggunakan anestesi lokal, dokter dapat menghilangkan bagian dari perbatasan kuku, bantalan kuku yang mendasari, atau bagian dari lempeng tengah kuku. Pada kasus yang parah, berulang, seluruh kuku yang cantengan dapat dihilangkan. Ini adalah pilihan terakhir, dan solusi yang berpotensi menyakitkan yang dapat meningkatkan risiko infeksi. Hal ini juga meningkatkan risiko bahwa kukumu akan cacat saat akan tumbuh kembali.

Kapan kamu harus menemui dokter ?

Masalah kaki kecil seperti kuku cantengan dapat menyebabkan komplikasi serius pada beberapa orang. Temui dokter jika kamu memiliki kuku cantengan dan kamu juga memiliki diabetes atau kondisi lain yang menyebabkan sirkulasi yang buruk, atau kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Kamu juga harus menemui dokter jika:

• Mengalami nyeri dan pembengkakan yang parah.
• Penggunaan ramuan alami tidak memperbaiki kondisi tersebut.
• Kamu memiliki reaksi alergi pada kulit untuk obat rumahan.
• Kamu memiliki beberapa pertanyaan tentang cara merawat kuku cantengan.