Cara Alami Mengatasi Penyakit Trigger Finger (Jari-jari Kaku)

by Ummi on April 1, 2017

Trigger finger atau dalam dunia medis disebut dengan istilah stenosing tenosynovitis, adalah sebuah kondisi di mana jari atau jempol terjebak dalam posisi menekuk, dan sulit untuk diluruskan kembali. Jari tersebut mungkin bisa lurus sendiri dengan sekajap dan tiba-tiba, atau kamu mungkin harus memaksa meluruskannya. Kondisi ini dinamai triiger finger karena meluruskan jari menyebabkan keluarnya sensasi yang terasa seperti menarik pemicu.

penyakit trigger finger

Trigger finger terjadi karena adanya peradangan atau pembengkakan yang menyempitkan selubung yang mengelilingi tendon di jari. Hal ini mencegah tendon untuk bisa meluncur dengan lancar melalui selubung saat kamu menggerakkan jarimu.

Beberapa gejala awal dari trigger finger meliputi nyeri berkepanjangan dan benjolan di pangkal jari dekat telapak tangan, munculnya suara gemeretak atau klik saat meluruskan jari yang sakit, dan kekakuan pada jari yang terkena.

Kondisi ini paling sering mempengaruhi jempol atau jari tengah atau jari manis. Hal ini lebih sering terjadi pada wanita dan individu dengan penyakit diabetes atau arthritis. Selain itu, orang yang pekerjaannya menuntut tindakan mencengkeram atau menggenggam berulang-ulang juga berada pada risiko tinggi mengalami penyakit trigger finger. Kondisi ini dapat menjadi tidak nyaman dan bahkan menyakitkan. Ini akan membatasi pergerakan jari yang terkena dan dapat membuat tidak mungkin untuk meluruskannya.

Meskipun begitu, kamu bisa mengurangi rasa ketidaknyamanan dan mengatasi masalah ini dengan menggunakan metode alami. Berikut adalah beberapa Cara Alami Untuk Mengatasi Penyakit Trigger Finger :

Istirahatkan jarimu

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi trigger finger adalah untuk mengistirahatkan jari yang terkena selama setidaknya tiga atau empat minggu. Istirahat yang cukup adalah komponen kunci untuk menyembuhkan tendonnya. Hal tersebut juga akan mengurangi kekakuan dn peradangan serta mempercepat waktu penyembuhan. Di sisi lain, jika kamu menaruh tekanan pada jari yang terkena, kamu bisa memperparah peradangan dan rasa sakitnya.

Istirahatkan jari yang terkena trigger finger sebanyak mungkin dan hindarilah aktivitas yang membutuhkan tindakan mencengkeram berulang-ulang, menggenggam berulang-ulang atau penggunaan jangka panjang dari mesin genggam bergetar.

Gunakan alat bantu splint

Kamu juga harus menjaga jari yang terkena trigger finger dipakaikan splint sebanyak mungkin sampai rasa sakit dan peradangannya mereda. Sebuah alat bantu splint khusus jari akan menjaga jari yang terkena tetap berada dalam posisi dipanjangkan dan mencegah adanya gerakan saat proses penyembuhan. Hal ini juga membantu mengistirahatkan tendon dan mencegahmu dari mengepalkan jari yang terkena saat tidur.

Sebuah studi 2008 yang diterbitkan dalam Current Reviews di Musculoskeletal Medicine menemukan bahwa splint sangat efektif dalam mengurangi keparahan dan durasi dari gejala trigger finger. Pakailah splint selama sekitar enam sampai tujuh minggu. Namun, pastikan bahwa splint tidak terlalu kencang, karena itu akan menghambat sirkulasi darah dan menyebabkan sensasi mati rasa atau kesemutan.

Terapkan kompres dingin

Kamu juga dapat melihat adanya peningkatan dengan menggunakan kompres dingin beberapa kali sehari. Sebuah kompres dingin akan menawarkan efek mati rasa pada ujung saraf, yang pada gilirannya membantu dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

  1. Letakkan beberapa es batu di handuk tipis dan ikat dengan aman.
  2. Terapkan kompres es ini ke jari yang terkena selama 10 menit.
  3. Berhentilah selama 5 menit dan ulangi 2 atau 3 kali lagi.
  4. Gunakan obat sederhana ini beberapa kali sehari, sesuai kebutuhan.

Jika kamu tidak memiliki es, kamu dapat menggunakan kantong berisi sayuran beku atau sendok dingin.
Catatan: Jangan gunakan es langsung pada kulit, yang dapat menyebabkan radang dingin.

Rendam di dalam air hangat

Sementara kompres dingin efektif, merendam jari yang terkena di dalam air hangat juga dapat memainkan bagian dalam proses penyembuhan dengan cara melemaskan tendon dan otot. Sebuah rendaman air hangat juga meningkatkan aliran darah, membantu mengurangi rasa sakit dan memungkinkanmu untuk menggerakkan jari dengan lebih mudah.

  1. Isi mangkuk dengan air hangat.
  2. Tambahkan 1 sendok makan garam Epsom ke dalamnya (Opsional).
  3. Rendam jari yang terkena di dalamnya selama 5 menit.
  4. Lakukan 4 atau 5 kali sepanjang hari.

Catatan: Selalu periksa dulu suhu air untuk menghindari kulit melepuh.

Lakukan latihan peregangan

Latihan yang lembut akan membantu menjaga mobilitas di jarimu dan juga membantu proses penyembuhan, sehingga jarimu akan kembali ke fungsi optimal secepat mungkin.

  • Renggangkan jari-jarimu, kemudian tarik mereka bersama-sama ke dalam posisi tinju. Ulangi 10 sampai 15 kali. Lakukan latihan ini sebanyak yang kamu bisa sepanjang hari.
  • Genggam bola tenis atau peras bola di telapak tanganmu. Remaslah selama 10 detik, kemudian lepaskan. Lakukan latihan ini selama 10 menit. Ulangi 5 sampai 10 kali sehari.
  • Bungkus karet gelang di sekitar ibu jari dan jari-jari, kemudian coba untuk membuka dan menutup tanganmu yang terjerat karet gelang selama 5 sampai 10 menit. Lakukan beberapa kali sehari.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2