Cara Alami Mengembalikan Kembali Kolagen Dalam Kulit

by Ummi on May 18, 2015

Kamu tentu sering mendengar istilah kolagen. Namun, sebenarnya apakah kamu tahu apa itu kolagen? Kolagen adalah serat pelindung yang berfungsi sebagai jaringan ikat di dalam tubuh. Terbuat dari protein, kolagen mengandung sejumlah besar dua asam amino, yakni Hydroxilysine dan Hydroxiproline. Keduanya memberikan kolagen fleksibilitas dan kekuatan untuk menahan jaringan dan organ secara bersamaan, dan bisa meluas seiring pertumbuhan serta juga bisa memperbaiki sel-sel yang rusak.

cara mengembalikan kolagen

Seiring usia, sinar matahari dan paparan radikal bebas, membuat kolagen di dalam kulit kehilangan daya elastisitasnya dan memproduksi sel baru dengan kadar yang lebih rendah. Selagi pengunaan krim dan suntikan kolagen bisa mengembalikan kolagen yang hilang untuk sementara waktu, kamu juga bisa menggunakan teknik alami lain untuk melakukan tugas tersebut :

  • Makanlah  makanan yang kaya vitamin C

Ini berguna untuk memberikan tubuhmu peralatan untuk bisa merubah Prolin dan Lysin menjadi kolagen. Sumber paling efektif dari vit C meliputi sebagian besar buah dan sayur, terutama brokoli, stroberi, tomat, blueberry, dan sayuran lain berwarna hijau.

  • Sertakan daging tanpa lemak

Begitu pula dengan putih telur, dan gandum ke dalam dietmu untuk menyuplai tubuh dengan sejumlah besar dari prolin dan lysine yang dibutuhkan untuk mengembalikan kolagen. Menurut the George Mateljan Foundation, kacang tanah adalah sumber efektif lain dari asam amino yang akan membantu membangun struktur kolagen.

  • Tambahkan bawang putih ke dalam dietmu

Hal ini berguna untu mendukung produksi kolagen. Bawang putih mengandung Taurin dan asam Lipoid yang mengandung sulfur, yang terkenal dapat membantu memperlambat kerusakan kolagen.

  • Terapkan pada kulit krim yang mengandung ekstrak teh

Menurut Mayo Clinic, teh oolong, teh hijau, dan teh hitam mengandung bahan anti inflamasi dan antioksidan yang bisa mengembalikan lagi kolagen, dan bisa sementara waktu mengurangi tampilan kerutan.

  • Konsumsi makanan yang tinggi Fitonutrien

Fitonutrien sangat berguna untuk melengkapi diet kolagenmu. Disamping itu, Anthocyanin yang terdapat pada buah seperti blueberry, cherry, raspberry, dan blackberry, telah diakui mampu menguatkan serat kolagen untuk mempertahankan bentuk kulit yang lebih sehat dan kencang.

PERINGATAN :

Waspadalah terhadap produk perawatan kulit yang menggunakan kata-kata “natural” atau “organik”. Berdasarkan pada American Academy of Dermatology, deskripsi ini hanya merupakan strategi pemasaran belaka, yang tidak selalu berarti produk tersebut dibuat secara alami sepenuhnya. Contohnya saja, ekstrak tanaman akan menjalani pengolahan ekstensif sebelum mereka dapat digunakan dalam system pengiriman seperti yang terdapat pada krim atau losion.

TIPS LAIN :

Cegah hilangnya kolagen tambahan dengna selalu menggunakan tabir surya saat berada di luar, meski dalam cuaca yang dingin dan berawan. Dianjurkan pula memakai tabir surya berspektrum luas yang akan melindungi baik dari sinar UV A atau UV B yang mengandung setidaknya SPF 30.