≡ Menu
werno-werno.com

Cara Alami Mengobati Bintitan (Stye / Hordeolum)

Apa itu stye ? stye atau hordeolum yang juga disebut dengan bintitan atau dalam istilah Jawanya timbilen adalah benjolan kecil merah, semacam jerawat, yang terbentuk di tepi luar kelopak mata. Kelopak mata memiliki banyak kelenjar minyak kecil, terutama di sekitar bulu mata. Kulit mati, kotoran, atau penumpukan minyak bisa menyumbat atau memblok lubang kecil ini. Bila kelenjar tersebut tersumbat, maka bakteri bisa tumbuh di dalamnya dan menyebabkan munculnya stye atau bintitan.
obat bintitan
Gejala dari stye meliputi:

  • Nyeri dan bengkak
  • meningkatnya produksi air mata
  • kerak yang terbentuk di sekitar kelopak mata
  • Rasa sakit dan gatal

Jika stye Anda tidak menyakitkan, itu mungkin merupakan sebuah chalazion. Perawatan untuk chalazions dan styes serupa, tapi chalazion mungkin memakan waktu lebih lama untuk sembuh.

Tapi jangan khawatir, bintitan bisa dengan mudah kita singkirkan jika kita tahu bagaimana cara tepat untuk mengatasinya. Berikut adalah Ramuan Alami Untuk Mengobati Bintitan yang bisa kamu coba di rumah ;

Gunakan kompres hangat

Kompres hangat adalah cara yang paling efektif untuk mengobati bintitan. Kehangatan akan membantu melarutkan nanah dan minyak sehingga stye bisa mengering secara alami. Caranya, Basahi lap bersih dengan air hangat. Pastikan airnya tidak terlalu panas. Peras kainnya sehingga menjadi lembab tapi tidak sampai menetes. Kemudian letakkan perlahan di atas mata Anda selama sekitar 5 sampai 10 menit. Jangan meremas atau mencoba menusuk stye. Anda bisa melakukan hal ini 3 sampai 4 kali setiap hari.

Shampoo bayi

Pilih sampo bayi yang tidak pedih di mata dan campurkan dengan sedikit air hangat. Gunakan untuk menyeka kelopak matamu dengan menggunakan kapas atau lap bersih. Anda bisa melakukan ini setiap hari sampai stye hilang. Rajin membersihkan kelopak mata Anda juga membantu mencegah timbulnya bintitan di masa mendatang. Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan larutan garam. Ini dapat membantu meningkatkan drainase (pengempisan) dan memecah selaput bakteri.

Kantong teh celup hangat

Kantung teh celup efektif ketika digunakan untuk menghilangkan noda karena mengandung sifat anti-bakteri. Tip bagus tentang cara menyingkirkan stye adalah, dengan menyiapkan secangkir teh seperti biasa. Tapi setelah Anda menuangkan air mendidih ke dalam cangkir dengan kantong teh, jangan tambahkan susu. Biarkan kantung tehnya terendam selama satu atau dua menit, sebelum mengeluarkannya. Kemudian, biarkan dingin beberapa menit lagi. Setelah didinginkan, letakkan di atas mata yang terkena bintitan, biarkan di sana sampai sepuluh menit. Jika kamu memiliki stye di setiap mata, Anda perlu menggunakan dua kantong teh celup yang terpisah untuk mendapatkan hasil terbaik. Jika Anda bertanya-tanya teh mana yang paling ampuh, sebaiknya teh hijau (tentu saja).

Biji ketumbar

Orang-orang telah lama menggunakan biji ketumbar untuk mengobati stye. Ini berkat sifat anti-inflamasi mereka. Biji ketumbar mengurangi bengkak, kemerahan dan – yang lebih penting – rasa sakit. Setelah beberapa hari saja, Anda semestinya sudah merasa jauh lebih baik. Tip yang bagus tentang cara menyingkirkan bintitan dengan ketumbar adalah dengan mengambil satu sendok teh biji ketumbar dan tambahkannya ke secangkir air. Lalu, rebus air tersebut hingga mendidih. Setelah direbus, angkat dari api dan biarkan dingin. Saring dan olesi daerah yang terkena dengan air rebusan ketumbar menggunakan kain. Pelan-pelanlah, dan ulangi tiga kali per hari.

Aloe vera

Lidah buaya adalah penyembuh alami, dan ini bisa membantu menghilangkan bintitan yang menyebalkan. Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dan bekerja untuk menenangkan peradangan, kemerahan dan pembengkakan. Tips tentang bagaimana menyingkirkan stye adalah dengan hanya mengambil daun dari tanaman lidah buaya, lalu belah terbuka dan ekstrak gelnya (lendir). Kemudian, gosokkan gel lidah buaya ini ke area yang terkena. Biarkan sekitar 15 menit sebelum mencuci muka dengan air hangat. Ulangi tiga kali sehari.

Kentang

Tip bagus tentang cara menyingkirkan stye adalah dengan hanya menghaluskan beberapa kentang untuk dibuat pasta. Sebarkan pasta kentangnya ke kain dan kemudian oleskan ke area yang terkena.

Daun mint

Tip bagus selanjutnya tentang bagaimana menyingkirkan stye adalah dengan mengambil beberapa daun mint, hancurkan mereka dan oleskan seperti tapal ke kelopak mata Anda. Biarkan selama lima menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Minum obat anti nyeri

Jika rasa sakit dan bengkaknya menjadi tidak tertahankan dan mempengaruhi aktivitas sehari-hari Anda, Anda harus berpikir untuk minum obat penghilang rasa sakit. Mereka akan mengurangi rasa sakit dan bahkan bisa mempercepat proses penyembuhan.

Kapan harus mendapatkan perawatan medis dari dokter?

Jika dengan penggunaan bahan-bahan alami di atas masih belum menunjukkan kemajuan, Dokter mungkin akan meresepkan krim antibiotik untuk infeksi. Untuk peradangan, dokter Anda mungkin memberi Anda suntikan steroid untuk mengurangi pembengkakan. Terkadang styes juga perlu dikeringkan secara profesional, terutama jika bersifat internal (letaknya di dalam kelopak mata) atau mempengaruhi penglihatan Anda.

0 comments… add one

Leave a Comment