Cara Alami Mengobati Nyeri Sendi

by Ummi on February 20, 2017

Penyakit Arthritis atau nyeri sendi merupakan penyakit kronis yang biasanya menyerang orang yang sudah berusia lanjut di atas 55 tahun yang menyebabkan pembengkakan dan kekakuan sendi sehingga anggota tubuh sulit untuk digerakkan. Jika kamu menderita penyakit ini, maka cobalah beberapa cara alami untuk mengobati arthritis berikut ini :

Seruputlah wedang jahe

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa jahe dapat meniru NSAID, obat yang paling sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit arthritis. Tampaknya jahe bekerja dengan membatasi bahan kimia penyebab nyeri yang merupakan bagian dari respon inflamasi tubuh tanpa menimbulkan efek samping obat-obatan. Gunakan jahe dalam bentuk bubuk, mentah, atau dimasak sebentar secara bebas pada makanan. Kamu juga bisa membuat wedang jahe sendiri dengan cara mendidihkan irisan jahe selama 15 menit dalam beberapa cangkir air mendidih, atau membeli kantong teh jahe kemasan di supermarket.

Makanlah makanan pelawan inflamasi

Singkirkan makanan cepat saji, junk food, gorengan, dan makanan olahan. Sebuah studi di Swedia pada pasien rheumatoid arthritis (rematik) menemukan bahwa mereka yang beralih ke rencana diet Mediterania (pikirkan tentang buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, ikan, minyak zaitun, kacang-kacangan, bawang putih, bawang merah, dan rempah-rempah) memiliki lebih sedikit peradangan dan mendapatkan kembali beberapa kemampuan fisik sebagai hasilnya.

Hiruplah aroma yang menyenangkan

Studi menunjukkan bahwa aroma menyenangkan seperti lavender dapat mengubah persepsi rasa nyeri. Peneliti Jepang menemukan bahwa lavender bisa mengurangi kadar hormon stres kortisol, yang bisa membuatmu merasa santai dan kurang menyadari rasa sakit. Tapi lavender bukan satu-satunya aroma menyenangkan yang bekerja sebagai obat rumah alami. Para peneliti Korea menemukan bahwa pasien arthritis mengalami sedikit rasa sakit dan kurang tertekan ketika mereka terkena aroma berbagai bumbu dapur, termasuk rosemary, dan peppermint. Untuk pengobatan aromaterapi penenang rasa sakit, tambahkan satu sendok teh atau lebih dari salah satu rempah-rempah kering ke dalam seperempat cangkir minyak sayur. Cium aromanya sesering mungkin.

Buatlah kompres panas sendiri

Isi kaus kaki berbahan katun (tidak menggunakan bahan serat sintetis, yang dapat mencair jika dipanaskan) dengan beras dari dapurmu dan tutup rapat. Masukkan ke dalam Microwave pada suhu tinggi selama 2-3 menit. Ketika sedikit mendingin tapi masih bagus dan hangat, letakkan kaos kaki tadi di sendi yang sakit dan kaku untuk menghilangkan rasa sakit. Kompres ini harus tetap hangat selama sekitar setengah jam. Kamu akan menyukai bagaimana beras akan mengikuti bentuk tubuhmu dan memberikan panas yang menenangkan. Jika kamu memiliki lavender atau ramuan harum lain, masukkan pula ke dalam kaus kaki untuk sedikit aromaterapi yang menenangkan juga.

Cucilah piring dengan tangan

Hal itu kedengarannya kontraintuitif, namun jika tanganmu sakit, tugas dapur yang sederhana ini bisa meringankan nyeri sendi. Pertama, mencelupkan tanganmu ke dalam air panas bisa membantu mengendurkan otot dan sendi dan mengatasi kekakuan. Kedua, latihan ini akan menjaga tangan dan jari-jarimu tetap aktif bergerak.

Berikan sendi perawatan panas-dingin bergantian

Kali ini kamu akan memerlukan dua ember. Isi salah satu ember dengan air dingin dan es batu. Dan isi ember lain dengan air panas dengan suhu dimana kamu masih bisa mentoleransi untuk menyentuhnya. Mulai dengan air dingin, rendam sendi yang sakit selama semenit, lalu beralihlah ke air panas dan celupkan selama 30 detik. Lalu teruskan beralih dari air dingin ke panas selama sekitar 15 menit. Akhiri dengan air dingin selama semenit.

Berenanglah

Berenang telah lama direkomendasikan sebagai latihan yang baik bagi orang-orang dengan penyakit arthritis; air yang tak berbobot dapat mengurangi dampak pada sendi. Sebuah studi Taiwan menemukan bahwa latihan di air secara signifikan meningkatkan fleksibilitas lutut dan pinggul, kekuatan, dan kebugaran aerobik. Sementara itu, sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa program tersebut juga mengakibatkan sedikit rasa sakit dan fungsi yang lebih baik secara keseluruhan. Tanyakan ke klub kesehatan, rumah sakit, atau kolam renang lokalmu tentang kelas khusus yang dirancang untuk orang dengan arthritis.

Cobalah kunyit

Rempah-rempah yang biasanya ditemukan dalam masakan kari ini mengandung senyawa kuat bernama curcumin, yang bisa menghambat enzim dan protein yang bisa mempromosikan inflamasi. Beberapa studi menemukan bahwa kunyit secara spesifik dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak dalam pasien arthritis. Dalam salah satu studi dari orang-orang yang menderita lutut osteoarthritis, mereka yang makan 2 gram kunyit sehari, memiliki pengurangan rasa sakit dan mobilitas yang meningkat setara dengan mereka yang meminum 800 miligram ibuprofen. Taburkan ½ sendok teh bubuk kunyit ke dalam menu amsakanmu setiap hari.