Cara Alami Mengobati Saraf Terjepit

by Ummi on July 18, 2017

Jika kamu beruntung, kamu mungkin hanya akan menghadapi kondisi saraf terjepit satu kali saja dalam hidupmu. Bergantung pada lokasi dan tingkat keparahan masalahnya, rasa sakitnya bisa sangat kuat. Saraf terjepit berarti ada beberapa jenis kerusakan atau cedera pada satu syaraf atau seset syaraf, yang mungkin diakibatkan oleh penekanan, penyempitan atau peregangan saraf.

obat saraf kejepit

Peradangan akibat cedera, postur tubuh yang buruk atau posisi tidur yang buruk merupakan penyebab umum dari saraf yang terjepit. Arthritis, misalignment tulang belakang, taji tulang dan cakram hernia juga dapat menyebabkan masalah ini.

Gejala umum dari saraf terjepit meliputi perasaan mati rasa, sensasi seperti ditusuk-tusukjarum, sensasi terbakar dan nyeri tajam yang memancar keluar dari daerah yang cedera. Terkadang, gejala memburuk saat kamu mencoba gerakan tertentu, seperti memutar kepala atau meregangkan leher.

Saraf terjepit sering dikaitkan dengan adanya nyeri di leher atau punggung bagian bawah. Namun, kompresi saraf di leher atau lengan juga dapat mempengaruhi area seperti siku, tangan, pergelangan tangan atau jari. Rasa sakit pada saraf terjepit bisa membuatmu cukup menderita, dan saat melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan untuk tidur pun bisa menjadi sulit. Jika tidak diobati secara tepat waktu, bisa menyebabkan sindroma terowongan karpal, siku tenis, linu panggul, dan kondisi parah lainnya.

Saraf terjepit yang kadang-kadang (tidak akut) biasanya bisa diobati di rumah. Banyak pengobatan alami yang dapat mengurangi gejala dan meningkatkan penyembuhan. Tapi jika sakitnya parah dan mempengaruhi mobilitas, maka penting untuk segera menemui dokter. Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengobati saraf terjepit yang biasa :

Perbaiki postur tubuhmu

Berhubung postur tubuh yang buruk menjadi salah satu penyebab utama dari saraf kejepit, langkah pertama yang perlu kamu ambil adalah meningkatkan postur tubuh. Merubah cara duduk dan berdiri akan membantu melepaskan rasa sakit dan bahkan mengurangi kompresi atau penyempitan saraf.

Untuk saraf terjepit yang ada di leher, pastikan untuk menjaga dagu dalam posisi netral. Seharusnya tidak terlalu jauh ke depan atau ditarik terlalu jauh ke belakang. Pada saat yang sama, bahumu harus berada dalam posisi tegak, yang dapat kamu pertahankan dengan cara meremas lembut bahu Anda bersama-sama.

Selalu duduk dalam posisi tegak dan jagalah tubuh lurus dan tegak saat berjalan atau berdiri. Hindari posisi membungkuk. Dengan melakukan upaya sadar untuk mempertahankan postur tubuh yang benar, kamu dapat dengan mudah mengobati saraf terjepit di leher atau punggung.

Beristirahatlah

Tidak peduli di mana letak saraf terjepit yang kamu alami atau apa penyebabnya, kamu perlu mengistirahatkan daerah yang terkena dampak sebanyak mungkin. Memang, istirahat seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, namun pentingnya penyembuhan tidak boleh diremehkan. Sebenarnya, beristirahat adalah cara yang sangat efektif untuk mengobati saraf terjepit di leher.

Hindari segala jenis aktivitas yang menyebabkan kamu merasa sakit, seperti tenis, golf atau SMS. Istirahatlah sampai gejalanya benar-benar terselesaikan. Sembari dengan membatasi aktivitasmu, tidur lebih lama akan memberi tubuhmu lebih banyak waktu untuk menyembuhkan.

Bahkan jika perlu, gunakan penjepit leher untuk membatasi gerakan Anda saat tidur. Hindari tidur dalam posisi tengkurap; Cobalah tidur telentang atau miring. Untuk merawat saraf terjepit di punggung bawah, cobalah mengangkat kaki beberapa inci saat beristirahat atau tidur.

Gunakan kompres dingin

Untuk mendapatkan bantuan sementara dan cepat dari sakit akibat saraf terjepit, kamu bisa menggunakan kompres dingin. Suhu dingin akan membantu meringankan rasa sakit dengan mematirasakan area yang terkena. Hal ini juga mengurangi pembengkakan dan peradangan.

  1. Masukkan beberapa balok es batu ke dalam kantong plastik yang bisa ditutup (plastic klip).
  2. Bungkus kantong plastik tadi dengan sapu
  3. Letakkan kompres es langsung di daerah yang mengalami saraf terjepit sekitar 10 sampai 15 menit sekaligus.
  4. Ulangi setiap satu jam atau lebih, sesuai kebutuhan.

Catatan: Jangan sekali-kali menerapkan es secara langsung pada kulit, karena bisa menyebabkan luka bakar dingin.

Terapkan panas

Setelah hari pertama (24 jam) menderita saraf terjepit, kamu bisa menerapkan panas pada daerah yang sakit untuk mengendurkan otot yang mungkin kencang di sekitar saraf. Panas memberikan kenyamanan dan membantu proses penyembuhan, karena meningkatkan sirkulasi darah ke lokasi saraf yang terluka.

  1. Rendam kain lap dengan air hangat dan peras kelebihan airnya.
  2. Taruh kompres hangat pada area yang terkena selama setiap 10 menit sekali.
  3. Ulangi sesuai kebutuhan. Anda juga bisa menggunakan alas pemanas atau botol air panas.

Mandi garam Epsom

Magnesium sangat penting bagi tubuh untuk menyembuhkan dan untuk nyeri saraf. Garam epsom adalah salah satu cara terbaik untuk mempertahankan kadar magnesium dalam tubuh. Sebenarnya, tubuh akan menyerap magnesium dari garam Epsom dengan sangat cepat. Ini juga bekerja sebagai agen antiinflamasi alami sekaligus membantu mengendurkan otot yang kencang di sekitar area saraf terjepit.

  1. Campur 1 cangkir garam Epsom di bak mandi yang berisi air hangat.
  2. Rendam tubuhmu di dalamnya selama sekitar 15 sampai 20 menit.
  3. Gunakan obat ini 2 kali seminggu sampai kondisimu mulai

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2