≡ Menu
werno-werno.com

Cara Alami Mengobati Wasir Atau Ambeien

Wasir alias ambeien terjadi saat pembuluh darah balik di anus dan rektum menjadi bengkak atau meradang. Beberapa faktor yang menjadi penyebab wasir adalah, riwayat keluarga, konstipasi alias sembelit, pola makan rendah serat, obesitas, kurang aktivitas fisik, kehamilan, dan duduk atau berdiri dalam waktu lama.

cara alami mengobati wasir

Wasir pada dasarnya dibagi menjadi dua jenis, wasir internal (dalam) dan eksternal (luar). Wasir internal terbentuk dibagian dalam rektum, dan wasir eksternal berada hanya dibawah kulit disekitar anus. Beberapa gejala dari penyakit ambeien adalah adanya benjolan atau gumpalan darah disekitar anus, pendarahan saat buang air besar, iritasi disekitar daerah dubur,dan keinginan untuk buang hajat meskipun tidak ada tinja.

Jika dibiarkan tidak ditangani dalam waktu yang terlalu lama, wasir dapat juga menimbulkan komplikasi seperti kehilangan darah kronis, kematian jaringan, dan bahkan kanker anus. Untungnya, sangat mudah untuk merawat wasir dan menghilangkan gejalanya dengan menggunakan bahan alami dan sederhana seperti berikut ini:

Es batu

Ramuan rumahan pertama yang sangat direkomendasikan untuk mengobati wasir adalah es batu. Es akan membantu mempersempit pembuluh darah, mengurangi pembengkakan, dan meredakan rasa sakit dengan cepat. Terapkan kantung es atau pecahan es batu yang dibungkus dengan kain secara langsung diatas area yang terkena wasir selama sekitar 10 menit. Lakukan hal ini beberapa kali sehari hingga wasirnya hilang.

Kamu bahkan juga bisa menggunakan sebungkus kecil sayuran beku seperti kacang polong atau jagung. Balut kemasan sayuran ini kedalam kain penyaring teh lalu terapkan diatas wasir. Lakukan selama 20 menit tiga kali sehari.

Lidah buaya

Lidah buaya alias aloe vera adalah salah satu bahan alami terbaik untuk mengobati wasir. Khasiat anti inflamasi dan terapetik dari lidah buaya membantu mengurangi iritasi wasir. Lidah buaya bisa digunakan baik untuk mengobati wasir dalam ataupun luar. Untuk mengobati wasir luar, oleskan sedikit gel lidah buaya ke anusmu (dubur), dan perlahan pijat area tersebut. Ramuan sederhana akan melegakan rasa sakit dan meredakan sensasi terbakar yang kamu rasakan.

Untuk mengobati wasir dalam, potong daun lidah buaya menjadi beberapa irisan kecil. Pastikan juga kamu menghilangkan bagian seperti duri yang ada di sisi daunnya. Letakkan irisan daun lidah buaya ke dalam kulkas lalu bekukan. Terapkan irisan daun lidah buaya dingin ini ke wasir yang menyakitkan untuk meredakan rasa sakit dan sensasi gatalnya.

Jus lemon

Jus lemon mengandung berbagai nutrisi yang akan memberimu rasa terbebas dari wasir dengan cara menguatkan kapiler dan dinding pembuluh darah. Penuhi bola kapas dengan perasan air jeruk lemon, dan oleskan diatas wasir. Pada awalnya mungkin akan terasa sedikit kesemutan dan sensasi terbakar, namun tidak lama setelah itu akan terasa melegakan.

Alternatif lain, peras setengah buah lemon kedalam segelas susu panas lalu minum. Lakukan hal ini setiap tiga jam sekali untuk mendapatkan hasil terbaik. Atau, campur masing-masing satu setengah sendok teh jus lemon, jus jahe, dan jus daun mint dengan ditambah sedikit madu hingga merata. Minum ramuan ini satu kali sehari.

Minyak kacang almond

Minyak almon, yang terkenal dengan khasiat emolien dan penyerapan jaringannya yang mendalam, efektif digunakan terutama untuk mengobati wasir luar. Celupkan bola kapas kedalam minyak almon murni, dan oleskan ke atas daerah yang terdampak. Minyak ini akan melembabkan dan meringankan peradangan, dan akan meredakan sensasi gatal dan terbakar disekitar anus. Lakukan hal ini beberapa kali sehari.

Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan dan digunakan terutama untuk mengobati wasir luar. Minyak ini akan membantu meningkatkan elastisitas pembuluh darah, yang nantinya akan membantu meredakan inflamasi dan menciutkan ukuran pembuluh darah yang bengkak pada kanal anus.

Konsumsi satu sendok teh minyak zaitun setiah hari. Zaitun akan membantu mengurangi peradangan sementara lemak tak jenuh tunggalnya akan meningkatkan fungsi dari system ekskresi.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment