Cara Alami Menjaga Kesehatan Gigi & Gusi

by Ummi on June 1, 2015

Dengan gigi serta gusi yang sehat dan putih alami, tidak hanya akan memberimu senyum menawan, tapi juga bisa mengindikasikan kesehatan dan kebersihan mulut yang baik yang sangat berperan besar dalam kehidupanmu. Penelitian menduga, bahwa selain berdampak pada kesehatan gigi, bakteri gigi dan peradangan gusi juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang lain, termasuk penyakit jantung, stroke, sindrom iritasi usus, penyakit ginjal, hingga kanker mulut. Wanita dengan riwayat penyakit mulut juga menunjukkan angka kejadian yang lebih tinggi dalam melahirkan bayi prematur dengan berta badan rendah.

bahan alami untuk menjaga kesehatan gigi

Disamping itu, penyakit gusi, sakit gigi, bau mulut, gigi ompong, atau masalah mulut yang lain juga berpengaruh pada psikologi seseorang. Kesehatan gigi dan gusi memberikan pengaruh langsung pada bagaimana penampilanmu, cara berbicaramu, dan caramu mengunyah serta merasakan makanan, bahkan bisa membuat orang malu bersosialisai. Untuk itu, menyikat gigi dua kali sehari serta flossing saja belumlah cukup, karena masih diperlukan perawatan ekstra. Untuk itu, simak cara alami menjaga kesehatan gigi dan gusi berikut ini :

• Kunyit
Kunyit mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang akan menjaga gigi dan gusi tetap sehat serta terhindar dari infeksi bakteri. Sebuah studi di tahun 2012 yang terbit di Journal of Indian Society of Peridontology menemukan bahwa pencuci mulut (mouth wash) yang terbuat dari kunyit sangat efektif dalam mengontrol plak dan mencegah gingivitis.

  • Tambahkan sedikit air ke ¼ sdt bubuk kunyit untuk membentuk pasta. Dan gunakan pasta ini untuk menyikat gigimu beberapa kali dalam seminggu.
  • Alternatif lain, siapkan pasta dengan bahan 1 sdt bubuk kunyit dan ½ sdt garam dan minyak mustard. Pijatkan ramuan ini ke gigi dan gusimu satu kali sehari.
  • Kamu juga bisa merebus ½ sdm bubuk kunyit dalam 1 cangkir air. Dinginkan dan gunakan sebagai pencuci mulut satu kali sehari.

• Daun jambu
Berdasarkan ulasan sebuah studi di Pharmacognosy Review tahun 2014, daun jambu sangat efektif dalam menyembuhkan sakit gigi. Sebuah bahan antiplak, antimikroba, anti inflamasi, dan antioksidan dalam daun jambu membantu mempertahankan gigi dan gusi yang kuat. Daun jambu juga membantu menjaga nafasmu tetap segar dan bersih. Herbalist menyarankan untuk menggunakan daun/ ranting jambu yang masih muda untuk menjaga kesehatan mulut.

  • Kunyah beberapa helai daun jambu muda secara merata lalu buang sisa kunyahannya.
  • Kamu juga bisa menumbuk beberapa daun jambu muda untuk digunakan sebagai pasta gigi.
  • Pilihan lain adalah menyiapkan pembilas mulut dengan merebus 4-6 daun jambu muda dengan secangkir air selama 5 menit. Setelah dingin, hasil rebusannya bisa digunkan untuk obat kumur setiap hari.

• Teh Hijau
Studi tahun 2012 yang terbit di Archives of Oral Biology menemukan bahwa teh hijau merupakan produk alami yang menjanjikan dalam kesehatan mulut. Fluoride alami, polifenol, dan katekin dalam teh hijau bisa menghancurkan bakteri penyebab gigi berlubang, keropos, dan penyakit gusi. Teh hijau juga bisa mencegah bau nafas tak sedap.

  • Minumlah 3-4 cangkir teh hijau setiap hari untuk meningkatkan kesehatan mulut. Sebaiknya minum teh hijau tawar tanpa gula atau madu.
  • Kamu juga bisa mengunyah permen karet bebas gula yang terbuat dari teh hijau.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2