≡ Menu
werno-werno.com

Cara Alami Obati Sakit Telinga

Sakit telinga bisa membuat sangat tidak nyaman. Sebagian besar sakit telinga disebabkan oleh infeksi telinga atau penumpukan cairan di telinga bagian tengah. Penyebab lain meliputi pilek, adanya penumpukan kotoran di telinga, penyumbatan di saluran pernafasan, kerusakan fisik di bagian dalam telinga, peningkatan tekanan udara dan yang lainnya. Sakit telinga umumnya lebih sering dialami oleh anak kecil dibanding dengan orang dewasa. Sakit telinga yang biasa dapat ditangani dengan menggunakan ramuan alami. Dan sebagian besar bahannya sudah tersedia selalu di dapurmu. Berikut adalah beberapa cara alami obati sakit telinga :

obat sakit telinga

Kompres panas atau hangat

“Obat alami yang paling banyak dicoba dan benar terbukti ampuh untuk sakit telinga adalah kompres panas atau hangat,” tutur Brandon Hopkins, MD, yang bekerja di Head and Neck Institute di The Cleveland Clinic. Pastikan kompresnya hangat, tapi jangan terlalu panas. Panas akan membantu sirkulasi darah dan bekerja untuk mengurangi rasa sakit. “Indikasi lain, sekarang saatnya untuk menemui dokter jika kamu memiliki demam tinggi yang tidak mempan diobati dengan Tylenol atau ibuprofen atau jika kamu umumnya tidak doyan makan atau minum,” Dr. Hopkins memperingatkan. “Juga jika sakit telinga tidak teratasi oleh Tylenol atau ibuprofen atau menggunakan terapi panas, maka kamu harus mencari perawatan medis.”

Cuka putih atau cuka sari apel

Akhir-akhir ini, cuka sari apel telah mengalami kebangkitan popularitas kesehatan kembali. Orang menggunakannya di rambut, kulit, dan meminumnya untuk membantu sistem kekebalan tubuh. Tapi Dr. Hopkins tidak yakin ini adalah metode yang telah dicoba dan benar-benar manjur saat berhubungan dengan sakit telinga. Dia menambahkan bahwa cuka dan cuka sari apel bisa membantu melonggarkan kotoran telinga sebelum dihilangkan, jadi jika sakit telingamu berasal dari telinga yang tersumbat kotoran, maka cobalah menambahkan beberapa tetes cuka ke telingamu, lalu biarkan menetes ke kain lap.

Mineral oil

Ada beberapa jenis sakit telinga. “Saya biasanya tidak merekomendasikan penggunaan mineral oil untuk mengobati sakit telinga, walaupun saya merekomendasikan mineral oil jika rasa sakit itu disebabkan oleh kulit kering dan retak di saluran telinga,” ujar Dr. Hopkins. Jadi, penting untuk mencari tahu mengapa telingamu mengganggumu. Beberapa tip untuk ini: Infeksi telinga luar datang dengan banyak rasa sakit, seperti saat Anda menarik telingamu. “Infeksi telinga tengah biasanya tidak disertai rasa sakit saat telinga digoyang-goyang,” kata Dr. Hopkins. Infeksi telinga yang lebih serius juga akan disertai demam, dingin, masalah sinus, atau batuk.

Permen karet Xylitol

Xylitol adalah zat manis yang bisa ditemukan pada permen karet dan pelega tenggorokan. Sebuah studi baru-baru ini pada tahun 2016 yang diadakan oleh The National Center for Biotechnology Information melihat apakah permen karet jenis ini sangat membantu dengan penyakit telinga pada anak-anak sampai usia 12 tahun. Menurut penelitian, mengunyah jenis permen karet ini membantu infeksi telinga tengah akut, selama tidak ada infeksi pernapasan.

Bawang putih

Dr. Hopkins mengatakan bahwa tidak ada laporan atau bukti nyata bahwa bawang putih bekerja untuk menyembuhkan atau meringankan sakit telinga. Tapi bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin, yang mengandung antioksidan dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang menakjubkan. Allicin dan obat tetes bawang putih tersedia di banyak toko kesehatan dan nutrisi agar lebih mudah, dan tidak begitu bau, untuk digunakan dalam perawatan telinga.

Hairdryer

Sekali lagi, obat ini hanya bekerja pada beberapa jenis sakit telinga tertentu. “Untuk perenang, sebagai tindakan pencegahan, saya sarankan menjaga saluran telinga tetap kering untuk mencegah infeksi seperti kondisi telinga perenang, kamu bahkan bisa menggunakan pengering rambut dari jarak enam sampai delapan inci untuk mengeringkan telinga setelah berenang,” saham Dr. Hopkins. “Namun, sebaiknya kamu berbicara lebih dulu dengan dokter anakmu untuk menemukan rencana terbaik tentang apa yang harus dilakukan saat anak Anda menderita sakit telinga.”

0 comments… add one

Leave a Comment