≡ Menu
werno-werno.com

Cara Alami Untuk Mengobati Mata Ikan di Kaki

Mata ikan adalah sejenis kutil umum yang kebanyakan muncul pada telapak kaki atau kaki. Secara medis, kondisi ini dikenal sebagai clavus, yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Virus ini kebanyakan tumbuh subur di tempat yang hangat dan lembab seperti lantai ruang ganti dan kolam renang, di mana ia menyerang kulit di bagian bawah kaki melalui kontak langsung. Mereka yang memiliki pecah atau retakan di kulit mereka lebih rentan tertular virus ini. Penyebab lain dari mata ikan adalah adanya tekanan atau gesekan yang terus menerus pada daerah tertentu pada kulit.

cara mengobati mata ikan

Siapapun bisa mengalami mata ikan. Namun, anak-anak, orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah dan orang-orang yang pernah memiliki mata ikan sebelumnya lebih rentan terhadap masalah ini. Nyeri dan sakit saat berjalan bisa menjadi gejala awal dari mata ikan di kaki. Tanda lain dari mata ikan adalah adanya titik melingkar datar pada kulit dengan daerah yang keras dan tebal di tengahnya. Kutil itu juga mungkin bisa terlihat berwarna kuning, dengan kerak atau titik hitam di tengahnya.

Tekanan yang Anda berikan pada daerah yang sakit saat berjalan dapat menyebabkan kutil tumbuh ke dalam di bawah lapisan kulit keras yang tebal (kalus). Kebanyakan mata ikan tidaklah berbahaya dan bisa hilang tanpa pengobatan. Tapi ada banyak perawatan di rumah yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi gejala dan meningkatkan penyembuhan lebih cepat. Sebelum mencoba pengobatan berikut ini, ingatlah bahwa kamu mungkin memerlukan beberapa kali perawatan berulang sebelum mata ikan itu benar-benar hilang.

Lakban

Duct tape atau lakban adalah obat yang sangat efektif untuk mengobati mata ikan. Menutupi mata ikan dengan lakban akan menyebabkannya menyusut dan hilang. Plus, iritasi yang disebabkan oleh lakban bisa merangsang sistem kekebalan tubuh untuk merespons dan melawan penyebab masalah, yakni virus.

  1. Rendam kaki Anda dalam air hangat selama 10 menit, lalu lap sampai kering. Potong sedikit lakban. Ukurannya harus sedikit lebih besar dari ukuran mata ikan.
  2. Letakkan lakban pada mata ikan selama 1 sampai 2 hari.
  3. Setiap kali Anda melepaskan selotipnya, ulangi proses perendamannya.
  4. Biarkan kulit mengudara sebentar, lalu letakkan selotip baru di area tersebut.
  5. Lakukan ini sampai mata ikan benar-benar hilang, tapi tidak lebih dari 2 bulan.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat bekerja sebagai pengobatan mata ikan yang hebat. Asam asetat di dalamnya membantu mengatasi pertumbuhan jaringan kulit yang tidak normal. Ini juga memiliki sifat antivirus, yang berarti bisa melawan akar penyebab masalah.

  • Larutkan cuka sari apel mentah tanpa disaring dengan jumlah air yang sama. Rendam bola kapas di dalamnya dan aplikasikan di area yang terkena mata ikan. Kemudian tutupi area dengan lakban. Ganti  setiap beberapa hari sekali sampai mata ikan sembuh total.
  • Juga, tambahkan 2 sendok teh cuka sari apel mentah tanpa filter ke segelas air dan minumlah dua kali sehari untuk membantu memerangi virus dari dalam.

Kulit Pisang

Anda juga bisa menggunakan kulit pisang untuk menyingkirkan mata ikan yang menyakitkan. Enzim dalam kulit pisang membantu melembutkan kutil. Saat sudah dilunakkan, kamu bisa dengan mudah menyingkirkan kutil dengan menggosoknya dengan batu apung.

  1. Potong sepotong kulit pisang dan tempelkan di atas area yang terkena.
  2. Biarkan selama semalaman.
  3. Keesokan paginya, lepaskan kulitnya dan rendam daerah yang terkena mata kaki dengan air hangat selama 10 menit.
  4. Kemudian, gosok daerah tersebut dengan lembut dengan batu apung.
  5. Cuci daerah itu lalu oleskan beberapa pelembab.
  6. Lakukan ini setiap hari sampai mata ikan itu hilang.

Bawang Putih

Sifat anti virus dan anti-inflamasi bawang putih dapat membantu menyingkirkan mata ikan di kaki. Selain itu, efek kaustik dari bawang putih juga akan membatasi tempat berkembang biak untuk kutil, sehingga menyebabkan mereka melepuh dan rontok secara bertahap.

  • Hancurkan beberapa siung bawang putih segar dan oleskan langsung ke daerah yang terkena. Gunakan lakban atau perban untuk menahan bawang putih di tempatnya dan biarkan dalam waktu semalam. Keesokan paginya, lepaskan perban dan bersihkan area dengan air. Lap kering dan oleskan beberapa pelembab. Ulangi perawatan ini sekali sehari sampai mata ikan itu hilang.
  • Anda juga bisa mengambil bawang putih secara oral dengan menggunakannya dalam masakan Anda atau sebagai suplemen. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen apapun.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment