‚Č° Menu
werno-werno.com

Cara Ampuh Atasi Phobia

Phobia adalah suatu rasa ketakutan yang berlebihan pada suatu hal, kejadian, atau situasi tertentu yang ditandai dengan keinginan yang kuat untuk menjauh dari hal menakutkan tersebut. Yang menarik, terkadang hal yang ditakuti oleh orang yang menderita phobia bukan merupakan sesuatu yang menyeramkan bagi kebanyakan orang pada umumnya.

Cara mengatasi segala jenis phobia

Phobia memiliki banyak sekali jenis. Ada spesifik phobia seperti phobia pada ketinggian, binatang tertentu seperti ular dan kecoa, kilat, jarum, kegelapan atau yang lainnya. Ada juga phobia sosial yaitu berupa perasan takut dipermalukan dan dikritik saat melakukan pidato atau tampil didepan banyak orang. Agoraphobia adalah perasaan takut pada tempat terbuka yang menyebabkan orang menghindar dari tempat seperti mall, elevator, atau bangunan kantor. Meski memiliki jenis yang berbeda-beda, pada dasarnya semua phobia memiliki kesamaan yang umum, yakni orang yang menderita phobia mengetahui bahwa ketakutan mereka akan situasi atau objek tertentu tidaklah masuk akal.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi phobia tersebut agar tidak menjadi hal yang diluar kendali? berikut adalah beberapa tips ampuh untuk mengatasi berbagai jenis phobia:

1. hadapi ketakutanmu, jangan menghindar.

Kamu harus berusaha menekan phobiamu setahap demi setahap, jangan langsung sekaligus. Jika kamu menderita phobia naik pesawat misalnya, pertama-tama cobalah untuk membayangkan usaha kerasmu saat pesawat take off hingga landing. Selanjutnya, cobalah melihat gambar atau video tentang penerbangan. Lalu, cobalah pergi ke bandara. Tujuan utamanya adalah mencoba melatih kembali respon otakmu untuk terbang dan naik pesawat untuk mengatur kembali respon ketakutanmu.

2. atasi phobia dengan menjalani therapy pelepasan (exposure therapy) yang resmi

Jika kamu merasa sulit untuk melakukan therapy ini sendirian, mintalah bantuan professional. Untuk melakukan terapi pelepasan, dibutuhkan adanya dukungan dan arahan dari psikolog yang terlatih dan berpengalaman. Mereka akan menyediakan peralatan, tugas rumah, strategi cadangan,dan masih banyak cara lain untuk membantu mengatasi phobiamu.

3. gunakan bantuan obat-obatan

Beta Blockers terkadang digunakan untuk mengurangi rasa kegelisahan atau gejala demam panggung yang dialami penderita phobia. Obat sedative seperti Valium juga digunakan untuk menghilangkan kegelisahan, dan beberapa doktor akan memberi obat pasiennya dengan antidepressant yang meningkatkan mood. Obat-obatan ini bisa diperoleh resepnya dari dokter, sehingga penderita bisa mendapatkannya setiap saat dan mampu mengendalikan phobianya saat ketakutan itu datang.

4. jalani hypnotherapy

Hypnosis juga bisa digunakan untuk mengatasi phobia. Dalam ranah hipnotis, kamu akan lebih terbuka untuk disugesti dan memeriksa phobiamu. Hypnosis sudah terkenal mampu membantu orang untuk melawan persepsi, emosi, bahkan sensasi mereka sehingga menjadikan hypnosis perawatan jitu untuk phobia.

5. atasi phobia dengan cara alami

Ada beberapa cara alami untuk mengatasi phobia tanpa obat-obatan dan bisa kamu coba sendiri tanpa bantuan dokter atau psikolog, diantaranya adalah:

  • melatih teknik bernafas

Saat ketakutan itu melanda, pertama-tama, tarik nafas dari hidung selama empat detik. Tahan selam tiga detik, lalu secara perlahan buang nafas melalui mulut pada empat detik setelahnya. Lakukan hal ini terus menerus sampai kamu merasa tenang.

  • ¬†gunakan akar valeria

Jika phobia yang kamu derita membuatmu terjaga dimalam hari, maka cobalah untuk menggunakan zat sedative alami ini. Akar valeria telah lama digunakan untuk obat tidur alami dan membantu melawan rasa gelisah. Mendapatkan tidur yang cukup dan berkulaitas sangat penting untuk melawan gangguan mental, karena kurang tidur dapat meningkatkan rasa kegelisahan dan semakin memperburuk mood. Sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi bahan ini..

0 comments… add one

Leave a Comment