≡ Menu
werno-werno.com

Cara Ampuh Mengatasi & Mencegah Kram Kaki Di Malam Hari

Penyebab kaki mengalami kram di malam hari bisa bermacam-macam, mulai dari terlalu banyak berdiri, masa kehamilan, hypothyroid, hingga dehidrasi. Kaki yang kram tiba-tiba di malam hari, bisa membuat kita terbangun dan kaki terasa kaku dan sakit sekali. Jika tidak segera diatasi, maka otot kaki akan semakin tegang dan rasa sakitnya bertambah parah. Berikut akan kami ulas tentang cara cepat mengatasi & mencegah kram kaki di malam hari agar kamu bisa segera mengantisipasinya jika suatu hari nanti hal ini terjadi padamu :

Tips mengatasi kram kaki di malam hari :

Regangkan otot betismu

Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk meregangkan otot betis, diataranya adalah sebagai berikut :

  • Tumpukan berat badanmu pada kaki yang mengalami kram, dan sedikit tekuk lututmu, sekaligus jaga agar posisi kakimu datar di lantai.
  • Cara lain untuk meregangkan otot betis adalah untuk menghadap ke dinding, berdirilah dalam jarak agak jauh, dan bersandarlah ke dinding menggunakan tangan untuk dukungan. Jaga agar kakimu yang kram tetap lurus, serta telapak kaki dan tumit di lantai, ketika kamu menyandarkan tubuhmu bagian atas ke dinding.
  • Kamu juga dapat mencoba memposisikan diri dengan tanganmu di dinding. Tempatkan jari-jari kaki dari kakimu dengan otot betis yang kram ke dinding sedangkan tumitmu di lantai. Jaga kaki tetap lurus dan sandarkan tubuh bagian atas lebih dekat ke dinding untuk meregangkan otot betis.
  • Jika kamu tidak dapat berdiri, kemudian duduklah dengan memanjangkan kakimu yang mengalami kram. Tarik bagian atas kakimu ke arah kepala dan daerah dada, jaga kakimu tetap lurus.

Regangkan otot hamstring

Untuk meregangkan otot hamstringmu, dilakukan sambil duduk, tarik kaki mu yang kram ke arah kepala dan area dada dengan posisi kaki datar di lantai. Kamu juga dapat meregangkan hamstring dengan berbaring telentang, dan tarik lutut ke dadamu. Jika ada seseorang di sampingmu, mereka dapat membantu dengan menempatkan tekanan tambahan secara lembut pada lutut, menekan sedikit lebih dekat dengan dadamu.

Regangkan otot quadristep

Regangkan pula otot paha depanmu. Berdirilah di samping kursi atau dinding terdekat untuk menstabilkan diri. Tekuk lutut kakimu yang kram, dan angkat kakimu. Tarik kaki ke arah daerah punggung bawah dan pantatmu.

Pijat area kaki yang kram

Dengan memijat otot-otot kaki yang terkena kram secara lembut selama 10 hingga 15 menit, bisa membantu otot untuk rileks.

Terapkan kompres panas atau dingin

Dengan menggosokkan kantong berisi es batu, handuk hangat atau kompres pemanas (heating pad) pada kaki yang terkena kram bisa meringankan inflamasi untuk melenturkan otot yang kram. Ketika menggunakan kompres pemanas, pastikan bahwa suhu airnya tetap nyaman sehingga kamu tidak membakar dirimu sendiri. Dalam kebanyakan kasus, kompres dingin atau panas akan membuat rasa sakit hilang hanya dalam beberapa menit, meskipun lebih baik kamu tetap meninggalkannya di sana selama sekitar sepuluh menit untuk memastikan bahwa rasa sakit telah hilang sepenuhnya.

Jalan-jalan atau menggoyangkan kaki

Berjalan-jalan atau menggoyangkan kaki setelah kram akan mengirim sinyal ke otak bahwa ototmu membutuhkan untuk berkontraksi dan kemudian relaks. Hal ini dapat mendorong pemulihan dari kram dengan lebih cepat.

Tips mencegah kram kaki di malam hari

Setelah kamu mengetahui cara cepat untuk mengatasi kaki kram, kini giliran kamu untuk mencari tahu cara apa saja yang digunakan untuk mencegah kram seperti berikut ini :

Minum banyak cairan

Meminum banyak air putih dan cairan menyehatkan yang lain bisa membantumu terhindar dari dehidrasi yang menjadi penyebab kram. Begitu juga meminum sport drink yang mengandung elektrolit bisa berguna mencegah kram.

Regangkan otot kaki sebelum tidur

Meregangkan betis dapat membantu meredakan ketegangan otot dan mengurangi peluang mengalami kram di malam hari. Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Fisiotherapy melaporkan bahwa peregangan sebelum tidur mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan kram kaki nokturnal pada orang dewasa yang lebih tua.

Tingkatkan pola makanmu

Pastikan kamu mendapatkan cukup potassium dalam dietmu. Sumber potassium yang bagus diantaranya adalah pisang, kurma, apricot, anggur, kubis, brokoli, jeruk, ikan, dan domba. Coba tambahkan pula magnesium ke dalam dietmu. Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber magnesium yang bagus.

Konsultasikan ke dokter

Jika kamu seorang wanita hamil, maka konsultasikan dulu ke dokter mengenai meminum suplemen magnesium.

0 comments… add one

Leave a Comment