Cara Ampuh Menghilangkan Noda Minyak dan Lemak Dari Baju dan Karpet

by Ummi on June 4, 2017

Minyak dan lemak adalah salah satu diantara jenis noda yang paling sulit untuk ditangani di ruang cuci. Jika baju yang terkena noda terbuat dari bahan serat alami seperti kapas dan linen maka akan lebih mudah dibersihkan; Tetapi jika kain itu berbahan sintetis buatan manusia seperti polyester atau nilon yang terbuat dari minyak bumi, maka molekul minyak akan membentuk ikatan yang kuat dengan serat sehingga sulit dihancurkan. Mulai dari noda minyak goreng, mentega hingga oli motor, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghilangkan noda berminyak dengan cepat :

noda minyak

Cara menghilangkan noda minyak dari baju yang bisa dicuci

Kunci untuk menghilangkan noda lemak dan berbasis minyak dari jenis kain apapun adalah dengan menggunakan deterjen berat berbasis enzim atau penghilang noda dan air sepanas mungkin yang tidak akan merusak kain.

Mulailah dengan membuang zat lemak yang padat dengan ujung pisau yang tumpul atau sendok. Jangan digosok, karena menggosok hanya akan mendorong lemak masuk lebih dalam ke dalam serat kain. Jika minyaknya berbentuk cairan, serap dengan tisu putih polos biasa. Kamu juga bisa memercikki noda dengan sedikit bedak atau tepung maizena untuk membantu menyerap minyak. Biarkan bedak menetap pada noda setidaknya selama lima belas menit lalu sikat.

Sesegera mungkin, pergilah ke ruang cuci dan hilangkan noda dengan semprotan berbasis pelarut atau gel seperti Zout atau Shout atau Spray ‘n Wash. Jika kamu tidak memiliki penghilang noda berbasis pelarut, maka terapkan deterjen cair heavy duty langsung ke noda dan biarkan bekerja dengan cara menggosok kain secara lembut menggunakan jari-jarimu atau dengan sikat gigi bekas.

Jika kamu hanya memiliki deterjen bubuk biasa, buatlah pasta dengan sedikit air hangat dan oleskan ke noda. Bersabarlah dan biarkan penghilang noda untuk bekerja pada noda setidaknya selama 15 menit, atau lebih bagus lagi 30 menit. Ini akan memungkinkan bahan kimia untuk memisahkan minyak atau molekul minyak dan membuatnya lebih mudah untuk disiram dari serat kain.

Setelah melakukan pretreatment, cuci pakaian seperti biasa di air terpanas yang direkomendasikan untuk kain beserta deterjen yang disarankan untuk cucian rutin. Jika kain itu seperti poliester sintetis yang biasanya tidak dicuci dengan air panas, rentangkan kain bernoda yang sudah di pretreatment di atas mangkuk dan tuangkan aliran air panas langsung ke noda dan kemudian cuci dengan air dingin atau hangat. .

Periksa daerah yang ternoda dari pakaian sebelum mengering dan ulangi perawatan jika perlu. Jangan sekali-kali menempatkan garmen dengan noda minyak di pengering, karena panas yang tinggi akan membuat noda lebih sulit untuk dikeluarkan. Ulangi langkah pembersihan jika perlu.

Catatan :

Jika kamu memiliki banyak pakaian atau linen dengan noda minyak berat dan bau seperti seragam montir mobil atau makanan cepat saji, maka cuci terpisah dari cucian lainnya. Karena  minyak berat dimungkinkan untuk menulari pada kain lainnya. Untuk menghilangkan bau minyak basi, gunakan pewangi kain atau tambahkan 1/2 cangkir ammonia non-sudsing ke mesin cuci. Jangan pernah mencampur amonia dan pemutih klorin di setiap tumpukan cucian karena asap beracun dapat terjadi.

Cara menghilangkan noda minyak dari baju yang ‘dry clean only’

Saat gumpalan mentega itu mengenai jaket dry clean only favoritmu, maka gunakan pisau tumpul atau tepi kartu kredit untuk mengangkat padatannya. Serap sebanyak mungkin cairan berminyak dengan tisu putih kering atau bahkan sepotong roti tawar putih atau kamu bisa memerciki noda dengan tepung maizena atau bedak.

Jika noda minyaknya sedikit, kamu mungkin bisa membuangnya dengan cara menggunakan pelarut dry cleaning. Sesegera mungkin, pergilah ke binatu dan tunjukkan dan identifikasi noda itu ke petugas pembersih profesionalmu. Jika kamu menggunakan peralatan dry cleaning rumahan, maka pastikan untuk merawat noda dengan penghilang noda yang disediakan sebelum meletakkan garmen di tas pengering.

Cara menghilangkan noda minyak dari karpet

Apakah noda itu berupa makanan yang jatuh di karpet atau oli yang tercecer dari garasi, kuncinya adalah merawat noda dengan segera. Angkat sebanyak mungkin zat padat lemak dari serat menggunakan pisau tumpul. Jangan menggosok karena hanya akan mendorong minyak masuk lebih dalam ke karpet dan membuat noda lebih meluas.

Taburi noda dengan tepung maizena, baking soda atau bedak untuk menyerap minyak. Gunakan sikat bulu lembut agar dapat bekerja ke karpet. Biarkan bedak untuk tetap di noda setidaknya selama lima belas menit. Gunakan vakum cleaner untuk mengeluarkan bedak. Tutul-tutul noda dengan pelarut dry cleaning sesuai petunjuk produk. Gunakan kain putih bersih atau tisu. Tetap blotting sampai tidak ada lagi minyak yang dipindahkan dari karpet ke kain.

Jika kamu tidak memiliki produk pelarut dry cleaning atau pembersih khusus karpet, campurkan satu sendok makan deterjen pencuci piring dengan dua gelas air panas. Tambahkan satu sendok makan amonia rumah tangga. Serap noda dengan spons yang dicelupkan ke dalam larutan pembersih lalu dengan tisu kering sampai noda hilang.

Pastikan untuk “membilas” area dengan kain yang dicelupkan ke dalam air biasa untuk menghilangkan sisa sabun yang benar-benar akan menarik lebih banyak tanah. Ulangi langkah pembersihan di atas sampai tidak ada noda lagi.