≡ Menu
werno-werno.com

Cara Ampuh Untuk Mengusir Rayap

Rayap merupakan hama yang hidup dalam koloni dan memakan selulosa yang ditemukan dalam tanaman dan kayu. Dengan begitu banyaknya makanan pada sumber “makanan” yang sama, mereka pasti dapat menghancurkan apapun. Tentu saja, kita semua ingin mereka keluar dari rumah kita secepat mungkin. Tapi sebelum mengambil langkah-langkah untuk menghancurkan mereka, penting untuk memahami beberapa fakta dasar.

Secara umum, ada lima jenis rayap: Conehead, dampwood, Drywood, formosan dan rayap tanah. Terlepas dari lokasi tempat kamu tinggal, salah satu atau semua jenis rayap ini dapat ditemukan di rumahmu. Tetapi yang paling umum adalah rayap Drywood yang memakan benda-benda kayu. Rayap tanah akan membuat gundukan sarang mereka di luar, tapi mereka bisa mendapatkan akses ke dalam rumah melalui terowongan yang luas dari bawah tanah.

Ada beberapa tanda-tanda peringatan bahwa rayap mungkin telah menginvasi rumahmu

  • Jika kamu menemukan adanya retakan atau gelembung cat di dinding rumahmu, maka rayap mungkin saja telah menggerogoti melalui bagian dalam struktur dan telah mencapai lapisan atau permukaan cat.
  • Ketika kayu solid terdengar berongga (kamu bisa mengeceknya dengan menekan pada kayunya dan perhatikan apakah menciptakan sedikit gema), maka rayap dapat menggerogoti selulosa di dalamnya.

Rayap bukanlah hama musiman. Mereka dapat menyerang setiap saat sepanjang tahun. Itulah mengapa kamu harus selalu siap dengan rencana pengendalian hama untuk mengatasi adanya serangan. Kamu dapat mencoba beberapa langkah-langkah rumahan berikut ini untuk membantu mengontrol masalah hama rayap :

Biarkan rayap terkena sinar matahari

Rayap sangat rentan terhadap sinar matahari dan mati bila terkena sinar ultraviolet (UV) matahari yang keras. Mengekspos mereka ke sinar matahari adalah metode yang bagus untuk menghilangkan rayap dari sebuah perabot atau barang lainnya yang dapat ditempatkan di luar ruangan di bawah sinar matahari.

  1. Tempatkan furniturmu yang digerogoti rayap di luar rumah di bawah sinar matahari langsung.
  2. Cobalah untuk menjaga perabotan tetap berada di bawah sinar matahari selama 3 sampai 5 hari.

Buatlah jebakan kardus basah

Sebuah perangkap kardus basah adalah cara tidak beracun lain untuk membunuh rayap. Kardus berisi selulosa yang biasa mereka makan.

  1. Basahi beberapa kotak kardus yang bergelombang.
  2. Tempatkan mereka di dekat tempat di mana kamu menduga adanya serangan rayap.
  3. Bila kamu menemukan rayap mulai berkerumun dan menggerogoti kardusnya, singkirkan dan bakar kotak kardusnya.

Minyak jeruk

Minyak jeruk mengandung d-limonene, suatu senyawa aktif yang membunuh rayap Drywood saat terkena kontak. Ini adalah obat yang sangat efektif untuk menghilangkan koloni Drywood yang telah menyerang area terbatas.

  • Oleskan minyak jeruk pada permukaan di mana kamu melihat adanya koloni rayap Drywood. Oleskan kembali minyaknya selama beberapa hari.
  • Kamu juga dapat mengebor lubang kecil ke permukaan yang digerogoti rayap dan suntikkan minyak jeruk ke dalam ruang yang berongga. Suntikkan kembali minyaknya selama beberapa hari, tergantung pada tingkat keparahan serangan rayapnya.

Air sabun

Sebuah solusi air sabun yang sederhana dapat membantu menyingkirkan rayap. Air sabun tersebut akan membentuk segel yang tak dapat ditembus pada kulit luar rayap. Ini akan menghancurkan sistem pernapasan mereka dan akhirnya mereka mati.

  1. Campur 2 sendok makan sabun cuci piring cair dalam 4 gelas air.
  2. Masukan solusi ini ke dalam botol semprot.
  3. Semprotkan larutan pada setiap kayu yang terkena dampak dan daerah lainnya.
  4. Terapkan beberapa kali sehari sampai kamu puas dengan hasilnya.

Cuka putih

Cuka putih adalah metode lain yang efektif untuk mengendalikan serangan rayap di daerah-daerah kecil.

  1. Campur ½ cangkir cuka putih dan air perasan dari 2 lemon.
  2. Tuang larutan ini ke dalam botol semprot.
  3. Semprotkan campuran ke area di mana kamu melihat rayap.
  4. Ulangi dua kali sehari selama beberapa hari.

Bubuk cabe

Untuk area kecil dan terlokalisir yang penuh dengan rayap kayu, maka kamu dapat mencoba bubuk cabe karena itu dapat membantu membunuh hama ini.

  • Taburkan bubuk cabe secara bebas di daerah kecil yang terserang rayap. Ulangi selama beberapa hari sampai kamu menemukan semua rayap mati.
  • Kamu juga dapat membuat pasta dari cabai rawit dan minyak sayur ringan dan terapkan ke tempat yang bentuknya vertikal, sekali sehari selama beberapa hari.

Garam

Untuk membunuh makhluk-makhluk kecil ini, garam juga sangat efektif. Hal ini juga membuat rayap menjauh, sehingga mencegah terjadinya serangan yang lebih lanjut.

  1. Campur bagian yang sama dari air hangat dan garam dalam mangkuk, dan aduk sampai garam larut.
  2. Isi jarum suntik dengan solusi ini dan suntikkan ke titik-titik masuk rayap.
  3. Tuang beberapa solusi garam ini di sekitar titik masuk juga.
  4. Ulangi setiap hari selama beberapa hari.

Tips tambahan:

• Singkirkan kayu, balok, dan bahkan kertas-kertas bekas di dekat pondasi rumahmu karena mereka dapat menjadi sumber makanan mudah untuk rayap.
• Secara teratur periksa tangga, pagar atau komponen kayu lainnya untuk menemukan tanda-tanda awal dari serangan rayap.
• Jika kamu menemukan retakan di dinding atau situs di mana utilitas melewati dinding, maka isi area tersebut  dengan semen atau dempol untuk mencegah serbuan rayap.
• Gunakan parasit nematoda, yang merupakan cacing pemakan rayap dan dapat sangat efektif dalam menghilangkan hama ini.
• Jauhkan kelembaban dari pondasi rumahmu. Jauhkan selokan dan got tetap bersih dan hilangkan rembesan air di atap rumahmu.
• Perbaiki kebocoran pipa air dan aksesoris pipa lainnya.

0 comments… add one

Leave a Comment