Cara Ampuh Untuk Mengusir Tikus Tanpa Racun

by Ummi on May 18, 2017

Ada alasan bagus mengapa kita harus mengusir tikus sesegera mungkin dari tempat tinggal kita. Tikus bisa berbahaya bagi kesehatan, karena mereka dapat membawa beberapa penyakit dan mengirimkannya melalui air seni dan kotorannya. Nah, belum lagi kerusakan parah yang bisa mereka lakukan dengan gigi tajam mereka.

Tikus bisa bereproduksi dengan cepat, sehingga populasinya bisa tumbuh dengan cepat dan tak lama lagi kamu akan menemukan binatang mungil yang berlari di sana sini dan dimana-mana. Untuk mengendalikan serbuan tikus, beberapa orang lebih memilih untuk menyerahkan masalah ini kepada petugas profesional pengendalian hama. Tapi itu bisa menjadi urusan mahal yang tidak sesuai dengan anggaran semua orang. Plus, mereka mungkin menggunakan produk berbasis kimia yang bisa mengenalkan racun ke rumahmu.

Untuk mengusir tikus, ada beberapa cara mudah dan sederhana yang bisa kamu coba sendiri di rumah seperti yang akan kami ulas berikut ini :

Jauhkan mereka dari makanan

Tikus masuk ke rumah untuk mencari makanan, dan mereka akan tinggal di sekitar rumahmu asalkan masih ada makanan yang tersedia. Oleh karena itu, merampas makanan mereka adalah salah satu cara logis untuk menghadapi tamu tak diundang ini :

  • Selalu simpan makanan dalam wadah kedap udara.
  • Hindari membiarkan piring kotor menumpuk di wastafel, terutama dalam semalam.
  • Lap meja dapurmu setelah menyiapkan makanan.
  • Jaga agar meja makan tetap bersih dan jangan biarkan remah-remah makanan tertinggal.
  • Sapu lantai dapur setiap hari.
  • Bersihkan makanan hewan peliharaanmu setelah member makan mereka.
  • Kosongkan semua tong sampah secara teratur dan jaga agar tetap tertutup rapat.
  • Buang koran tua, majalah dan barang lainnya yang mungkin digunakan tikus untuk tempat tidur.
  • Berhubung tikus adalah pendaki yang hebat, jangan simpan makanan di atas meja atau lemari.

Tutup semua lubang bukaan

Cara lain yang efektif untuk mengendalikan pertumbuhan hewan pengerat di rumahmu adalah dengan menutup semua lubang bukaan kecil dan celah di rumahmu. Dengan cara ini mereka tidak akan bisa memasuki rumah. Agar metode ini berhasil, menemukan titik masuk mereka sangatlah penting. Setelah kamu selesai melakukannya, saatnya untuk menutupnya.

Karena tikus bisa muat melalui celah kecil sekalipun, maka kamu perlu ekstra hati-hati untuk menutup setiap lubang yang ada di bawah pintu, di bawah papan skirting, di papan lantai dan di dinding bata. Bahkan celah di sekitar pipa di lemarimu di bawah wastafel perlu dijaga. Jika lubang bukaan terlalu besar untuk ditutup, pasang wol baja di dalam lubangnya. Tikus tidak bisa mengunyahnya. Kamu juga bisa menggunakan busa ekspansi, jaring tembaga atau bubuk kuali untuk menutupnya.

Pindahkan mereka menggunakan jebakan tikus manusiawi

Perangkap tikus yang manusiawi adalah salah satu cara terbaik untuk menangkap tikus yang menjelajah di tempatmu. Perangkap ini menangkap dan menahan tikus hidup-hidup, dan mereka tidak begitu kejam seperti perangkap jepret dan perangkap lem yang bisa membunuh tikus. Untuk memancing tikus masuk ke dalam perangkap ini, kamu bisa menggunakan selai kacang, coklat atau sesuatu yang kamu tahu mereka suka. Setelah tertangkap, kamu perlu melepaskannya di hutan atau di ladang yang jauh dari rumahmu.

Usir mereka dengan minyak peppermint

Kamu bisa menggunakan minyak peppermint untuk menyingkirkan tikus. Tikus sangat sensitif terhadap bau, dan mereka menganggap aroma dari minyak peppermint sangat berlebihan dan menyengat. Selain itu, minyak ini aman digunakan di sekitar manusia dan hewan.

  1. Masukkan minyak peppermint pada beberapa bola kapas.
  2. Letakkan bola kapas secara strategis di sekitar rumahmu.
  3. Ganti mereka setiap beberapa hari, kapan pun kamu memperhatikan jika baunya sudah memudar. Pastikan minyak peppermint yang kamu gunakan diberi label 100% murni.

Bubuk cabe

Cabe rawit bekerja sebagai solusi non-racun yang hebat untuk mencegah hama seperti tikus, tupai, semut dan serangga lainnya. Ini karena kebanyakan hama tidak menyukai baunya yang kuat. Cukup taburi bubuk cabai rawit atau serpihan cabai kering di daerah di mana kamu ingin mengusir tikus. Lakukan ini beberapa kali dalam seminggu.

Catatan : Jangan gunakan obat ini jika kamu memiliki hewan peliharaan rumah.

Kotoran kucing

Tikus takut kucing karena kucing adalah pemangsa alami mereka. Bau kotoran kucing sudah cukup untuk mengusir tikus. Kamu bisa meletakkan bak berisi kotoran kucing di dekat pintu masuk rumahmu atau di sekeliling rumah. Jika kamu enggan mencari kotoran kucing atau tidak memiliki kucing di rumahmu, maka kamu bisa menggunakan amonia.

Gunakan amonia untuk membersihkan rumah, terutama di sekitar area di mana kamu menemukan tikus. Bau amonia yang kuat tidak hanya akan mengusir tikus, tapi amonia juga merupakan pembersih yang sangat baik untuk menyingkirkan kotoran dan bau kotoran tikus. Sebagai alternatif, kamu dapat menempatkan beberapa mangkuk berisi amonia di daerah di mana kamu menemukan hewan pengerat ini.

Peliharalah kucing

Jika kamu memiliki kucing, maka pekerjaanmu sudah selesai. Kucing atau binatang pemangsa lainnya dapat membantu mengusir hewan pengerat dari rumahmu. Faktanya, breed anjing jenis terrier sering dilatih untuk pengendalian hama.

Hewan peliharaan yang menghabiskan waktu di luar rumah suka berburu makanan sendiri dan mungkin melacak tikus yang telah lama ingin kamu usir. Bahkan kucing dan anjing dalam ruangan suka menangkap tikus, dan mereka mencegah tikus baru untuk masuk ke rumah.

Jaga rumah tetap bersih

Menjaga rumah tetap bersih tidak akan membuatnya menjadi anti-tikus, tapi rumah yang berantakan akan menarik mereka dan membiarkan mereka berkembang dalam jumlah yang lebih banyak. Oleh karena itu, rumah yang bersih merupakan langkah kecil namun penting menuju usahamu untuk ditunjukkan kepada binatang pengerat segala ini.

Bersihkan rumahmu secara teratur dan beri perhatian khusus untuk menghilangkan tempat dimana tikus dapat menemukan tempat berlindung dan bersembunyi. Dari tempat sampah hingga gudang sampai tumpukan koran tua di garasimu, kamu harus menjaga setiap sudut rumah tetap bersih dan bebas dari berantakan. Buang barang-barang yang tidak dibutuhkan, bukannya menyimpannya di garasi atau gudang.