≡ Menu
werno-werno.com

Cara Cepat & Efektif Untuk Mengobati Sariawan

Sariawan adalah salah satu peradangan mulut  yang paling umum terjadi, yang menyerang sekitar 20% dari populasi penduduk dunia. Setiap orang bisa mengalami sariawan, meski begitu wanita lebih cenderung mengalaminya daripada pria. Sariawan tidaklah menular, dan kamu tidak usah khawatir dengan lecet dan rasa panas yang kamu rasakan. Sariawan biasanya muncul berupa luka memerah dengan warna putih atau kuning ditengahnya, dibagian dalam pipi atau bibir, lidah, langit-langit mulut atau dasar gusi.

cara cepat mengobati sariawan

Gejala dari sariawan meliputi sensasi terbakar, perih, peradangan, demam dan pembengkakan kelenjar getah bening. Penyebab persis dari sariawan masih belum diketahui dengan pasti. Namun, beberapa faktor yang bisa memicu munculnya sariawan adalah sistem kekebalan tubuh yang lemah, perubahan hormon dalam tubuh, terlalu banyak stress, merokok berlebihan, pengaruh obat tertentu, anemia, menggunakan produk perawatan gigi dan mulut yang keliru, alergi makanan, dan infeksi virus. Sebagian besar sariawan biasanya tidak perlu diobati, karena mereka biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam 7 hingga 10 hari. Meski begitu, jika kamu ingin cepat sembuh, kamu bisa mencoba beberapa ramuan alami berikut ini untuk mengurangi rasa sakit dan peradangannya untuk mempercepat proses penyembuhannya :

Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah ramuan alami yang efektif untuk mengobati sariawan. Lidah buaya memiliki khasiat anti radang, antibakteri, dan penyembuh yang bisa membantu meringankan perih dan radang begitu juga mempercepat proses penyembuhan. Ambil gel dari daun lidah buaya dan oleskan langsung diatas sariawan, lakukan ini beberapa kali sehari. Alternatif lain, kamu bisa membilas mulutmu (berkumur-kumur) dengan jus aloe vera segar sekitar tiga kali sehari. Jika kamu tidak punya tanaman lidah buaya, kamu bisa membeli gel atau jus lidah buaya dari toko.

Ketumbar

Ketumbar adalah salah satu bahan terbaik untuk mengobati sariawan. Ia mengandung sifat anti radang, antiseptik, dan anti jamur yang bisa dengan efektif membantu mengurangi perih dan rasa tidak nyaman terkait dengan sariawan. Rebus satu gelas air dan tambahkan satu sdt biji ketumbar kedalamnya hingga mendidih. Diamkan selama beberapa waktu dan lalu saring. Kumur-kumur mulutmu dengan air ini tiga-empat kali sehari. Atau kamu bisa meminum jus dari daun ketumbar segar beberapa kali sehari. Namun, jangan langsung kamu minum semuanya langsung, lebih baik biarkan tetap dimulutmu beberapa waktu dulu sehingga jus ini bisa bekerja pada area yang terdampak.

Madu

Madu termasuk bahan penenang yang sangat manjur, dan memiliki khasiat antiseptik dan juga antibakteri.

  • Oleskan 1 sdt madu murni secara hati-hati disekitar sariawan. Rasanya mungkin akan menyakitkan selama beberapa menit, namun dengan segera akan menghilangkan rasa perih dan peradangannya. Lakukan hal ini beberapa kali sehari.

Atau kamu bisa mencampur 1 sdt madu dan ¼ sdt bubuk kunyit untuk membuat pasta yang lembut. Oleskan pasta ini diatas area yang terdampak dan biarkan selama beberapa menit. Lalu bilas mulutmu dengan air hangat. Lakukan proses ini dua kali sehari.

Garam

Garam akan membantu menarik cairan dari sariawan dan juga mempercepat proses penyembuhan. Caranya, campur 1 sdt garam didalam segelas air hangat lalu aduk hingga rata. Gunakan ramuan ini untuk mencuci mulut. Kumur-kumurkan ramuan ini disekitar sariawan setidaknya selama 30 detik, lalu buang. Hal ini akan membantu mendesinfektan mulutmu. Setelah menyelesaikan mencuci mulut, taruh sejumput garam langsung diatas sariawan. Ini akan menyebabkan sedikit sakit, namun akan membantu banyak dalam proses penyembuhan. Lakukan proses ini 3-4 kali sehari.

Baking soda

Baking soda adalah bahan efektif lain yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Kegunaan baking soda untuk membantu menetralisir keasaman dan meredakan perih dan radang dari sariawan. Tambahkan sedikit air ke 1 sdt baking soda utuk membuat pasta. Oleskan pasta ini  ke area yang terdampak dengan menggunakan jarimu atau cotton bud. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas mulutmu dengan air hangat. Lakukan ini 3-4 kali sehari. Alternatif lain, kamu bisa mencampur 2 sdt baking soda kedalam segelas air hangat, dan gunakan untuk berkumur-kumur.

Bawang bombay

Bawang bombay mengandung sulfur yang bisa membantu menyembuhkan sariawan dan mengurangi rasa perih serta radang. Caranya, iris bawang bombay menjadi bentuk kecil-kecil. Tekan irisan bawang bombay diatas sariawan selama beberapa menit. Pastikan jus dari bawang bombay telah diserap kedalam area kulit yang terkena sariawan. Lakukan proses ini 3-4 kali sehari.

Alternatif lain, blender satu buah bawang bombay dan saring jusnya. Oleskan ke area yang terdampak beberapa kali sehari. Kamu juga bisa menyertakan bawang bombay kedalam setiap menu makananmu untuk mencegah dan mengobati sariawan.

Tea tree oil

Tea tree oil memiliki khasiat antiseptik dan antibakteri yang bisa bekerja efektif sebagai disinfektan untuk membantu menyembuhkan sariawan. Tambahkan 10 tetes tea tree oil kedalam segelas air. Gunakan ramuan ini sebagai mouthwash untuk mencuci mulutmu. Lakukan hal ini 3-4 kali sehari. Kamu juga bisa melarutkan dua tetes tea tree oil didalam satu setengah sdm air dan oleskan langsung pada sariawan. Lakukan 2-3 kali sehari.

Cabe merah

Bahan lain yang umumnya digunakan untuk mengobati sariawan adalah cabe rawit. Cabe memiliki kandungan capsaicin yang bisa sementara waktu membuat kebas syaraf, memberikan bantuan cepat dari rasa sakit dan peradangan. Ambil sedikit bubuk cabe, campur dengan sedikit air, dan oleskan langsung ke sariawan. Pada awalnya kamu mungkin merasakan iritasi, namun segera setelah itu rasa perih dan radangnya akan berkurang. Lakukan ramuan ini dua kali sehari selama beberapa hari hingga sariawan benar-benar lenyap.

0 comments… add one

Leave a Comment