Cara Cepat Hentikan Pendarahan Dalam Sekejap

by Ummi on May 17, 2017

Pasti kita semua pernah mengalami yang namanya teriris pisau, tergores serpihan kaca, menginjak duri, terjatuh dari pohon, atau terkena pisau cukur sehingga menyebabkan pendarahan. Bagi sebagian besar jenis luka, darah akan mulai mengental secara alami cukup cepat dan system penyembuhan tubuh akana mengambil alih masalahnya. Namun terkadang, akibat lokasi letak luka atau faktor kesehatan pribadi tertentu, pendarahan tidak akan berhenti.

menghentikan pendarahan

Namun jangan khawatir, untuk menghentikan pendarahan dengan cepat, ada beberapa ramuan dan bahan alami yang bisa kamu gunakan. Yang perlu diingat, setiap kali kamu mengalami luka berdarah dan sebelum menerapkan ramuan alami, maka disarankan untuk mencuci dan membersihkan lukanya terlebih dulu dengan air dan hydrogen peroksida sesegera mungkin. Setelah itu, terapkan tekanan yang halus ke bagian luka menggunakan kain selama 15 menit sembari menjaga luka tetap terangkat ke atas.

Periode waktu 15 menit diperlukan dan meskipun mungkin terasa lama, dibutuhkan tubuh untuk melakukan pekerjaannya. Ini lebih dari cukup waktu bagi darah di luka untuk memulai pembekuan dan bahkan jika pendarahan tidak berhenti, seharusnya mulai berkurang saat itu. Jika lukanya ada di mulut, maka penderita sebaiknya berada dalam posisi duduk dan membungkuk maju ke depan. Hal ini dilakukan untuk mencegah darah meresap ke tenggorokan. Berikut adalah beberapa ramuan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghentikan pendarahan dengan cepat :

Es batu

Kompres dingin adalah ramuan alami yang paling umum digunakan untuk menghentikan pendarahan. Dengan mengompres es batu pada area yang terluka, tidak hanya akan membantu proses pembekuan darah, namun juga bisa bertindak sebagai pereda rasa sakit yang bagus. Saat kamu menerapkan es pada luka, hal itu menyebabkan arteri yang pecah bisa menyempit dan menutup. Kemampuan es batu untuk merawat area bengkak di sekitar luka juga terdokumentasi dengan baik. Saat menggunakan es di atas luka terbuka, pastikan kamu tidak menerapkannya secara langsung. Bungkus seikat es batu dengan handuk sebelum menerapkannya untuk hasil terbaik.

Kantung teh celup

Kantong teh bekerja dengan hebat untuk menghentikan pendarahan. Tidak masalah itu kantung teh jenis apa, entah itu teh hitam biasa atau hijau atau rasa apa pun yang tergeletak di sekitar rumahmu. Ambil saja kantong teh, basahi sedikit dengan air (jangan mengguyurnya hingga basah kuyup) dan tekan di atas luka. Tahan minimal 10 menit. Ini semestinya bisa menghentikan pendarahan. Kantong teh sangat dianjurkan untuk penyembuhan alami guna menghentikan pendarahan di mulut seperti ekstraksi gigi atau luka.

Serbuk kopi bubuk

Serbuk kopi bubuk bisa membantu menghentikan aliran darah dengan cara membantu proses pembekuan. Meskipun dalam kasus cedera serius, ada risiko kontaminasi luka tapi untuk goresan kecil dan luka, ia bekerja dengan sangat baik. Ini adalah salah satu solusi alami tertua untuk menghentikan perdarahan di luar sana dan telah diturunkan dari generasi ke generasi sebagai tips dapur bagi istri.

Cuka putih

Cuka putih memiliki sifat zat yang hebat yang bekerja sangat baik untuk menghentikan perdarahan. Cuka akan membuat arteri pecah yang menyebabkan pendarahan menyempit dan menutup. Ini juga membantu proses pembekuan. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengambil bola kapas atau cotton bud, celupkan ke dalam beberapa cuka putih dan oleskan pada luka yang terbuka. Ini akan terasa sedikit menyengat tapi sebentar lagi kamu semestinya bisa melihat cuka mulai mengerjakan sihirnya.

Lada hitam

Memang lada hitam akan terasa sangat sakit sekali, tapi jika kamu bisa menerimanya seperti orang yang tangguh, maka ini sepadan dengan rasa sakitnya. Lada hitam untuk menghentikan pendarahan sudah ada sejak lama. Satu-satunya alasan mengapa tidak sepopuler beberapa solusi lain dalam daftar ini adalah bahwa ia akan terasa cukup menyengat.

Waktu terbaik untuk menggunakan lada hitam adalah setelah membersihkan luka. Ambil saja shaker lada bubukmu dan taburi beberapa lada hitam di daerah perdarahan. Perdarahan semestinya bisa berhenti cepat. Jika kamu merasa tidak bisa menahan rasa sakitnya, maka masuk ke wastafel terdekat, buka keran dan cuci lada hitamnya segera.

Kunyit

Obat rumahan lain yang mengagumkan dan bisa diandalkan untuk menghentikan pendarahan adalah kunyit. Sifat penyembuhan kunyit memastikan bahwa bila dioleskan pada luka itu akan membantu darah untuk membeku dan tubuh melawan infeksi dan melakukan penyembuhan. Bergantung pada ukuran luka, oleskan kunyit di atasnya sehingga menutupi luka dan biarkan selama beberapa menit. Kunyit akan bereaksi dengan luka dan melakukan tugasnya. Kamu bisa mengganti lagi dengan yang baru nanti jika kamu menginginkannya. Kunyit benar-benar alami, benar-benar dapat dipercaya dan benar-benar aman.

Cabe bubuk

Seperti halnya lada hitam, bubuk cabe adalah salah satu bintang di daftar ini, setiap daftar bahan alami untuk menghentikan pendarahan, tak akan lengkap bila tanpa menyebutkan bubuk cabe. Memang bubuk cabe akan terasa menyengat, tapi tidak separah lada hitam, jadi bersiaplah untuk itu. Setiap daftar pengobatan alami untuk menghentikan perdarahan tidak akan lengkap tanpa bubuk cabai rawit di dalamnya, betapa hebatnya itu. Taburkan sedikit bubuk cabe ke luka. Ini memiliki sifat antiseptik yang hebat dan akan membuat darah membeku dalam sekejap. Tunggulah darah berhenti keluar dan cuci bubuk cabenya.

Deodorant

Sebagian besar antiperspiran mengandung aluminium klorida yang bisa, selain mengecilkan kelenjar keringat, juga menyempitkan pembuluh darah dan menggumpalkan darah.

Lipbalm atau Vaseline

Mengoelskan sedikit lipbalm atau Vaseline akan bekerja seperti segel atau pelindung luka agar tidak semakin melebar plus itu akan menjaga luka yang lebih besar agar tidak membentuk borok luka yang tidak sedap dipandang.

Obat kumur

Alkohol dalam larutan seperti Listerine bisa bertindak sebagai astringent, yang menghentikan aliran darah dengan menyebabkan jaringan berkontraksi.

Obat tetes mata

Obat penghilang mata merah seperti Visine bekerja hampir sama pada luka : mereka memperlambat pendarahan dengan menyempitkan pembuluh darah.