Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat

by Ummi on June 13, 2015

Bagi orang yang menderita jerawat, tentu mereka akan merasa semakin sedih menyadari bahwa hanya karena jerawat mereka baru saja sembuh, tidak lantas berarti kulit wajah mereka akan segera tampak berseri kembali. Faktanya, banyak orang yang berhasil sembuh dari masalah jerawat kini harus berhadapan dengan tanda cokelat bekas jerawat dan bisa berbentuk seperti luka parut.

cara cepat hilangkan bekas jerawat

Kabar baiknya adalah, tanda ini bisa memudar dalam jarak waktu setahun. Kabar buruknya, kamu masih harus siap menghadapi tanda menjengkelkan itu sampai waktu setahun itu habis. Ingin menghilangkan tanda bekas jerawat dengan cepat dan meratakan kembali warna kulitmu? Ikuti tips-tips nya berikut ini :

Tips I
Gunakan tabir surya bebas minyak (oil free). Oleskan lapisan tipis dari tabir surya sebelum kamu pergi keluar ruangan untuk melindungi kulitmu dari kerusakan akibat matahari. Paparan matahari yang berlebihan bisa membuat tanda bekas jerawat lebih buruk dan memperlama periode penyembuhannya.

Tips 2
Terapkan jus lemon yang bermanfaat untuk kecantikan ke kulitmu. Peras satu lemon segar dan oleskan jus tersebut pada tanda bekas jerawat. Biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya. Jangan biarkan lemon tetap di wajah selama semalaman, karena kulitmu bisa jadi merah atau teriritasi. Asam dalam jus lemon akan memutihkan tanda hitam dan membuat warna kulitmu lebih merata jika digunakan secara rutin.

Tips 3
Eksfoliasi (mengelupas sel kulit mati) wajahmu dengan menggunakan scrub lembut beberapa kali seminggu (2-3 kali). Scrub ini sebaiknya mengandung bahan eksfoliasi yang berbentuk butiran bulat lembut, karena bahan eksfolian yang mengandung serbuk biji-bijian atau kerang terlalu kasar dan akan merusak kulit. Pilih butiran bulat yang akan mengelupas sel kulit mati dan membantu membuka sumbatan pori-pori tanpa mengiritasi permukaan kulit.

Tips 4
Temui ahli kecantikan kulit (dermatologist) untuk melakukan chemical peel atau dermabrasi pada kulitmu. Prosedur ini akan lebih ampuh dan membantu mengelupas sel kulit mati di lapisan atas kulit lebih cepat, sehingga tanda merah atau cokelatnya akan segera hilang lebih cepat daripada waktu yang semestinya. Selama perawatan chemical peel, Dermatologist akan menerapkan semacam bahan asam ke kulitmu. Setelah didiamkan selama beberapa menit, asam ini akan dihilangkan. Kulitmu mungkin akan terasa terbakar atau kesemutan, tapi efek ini normal adanya. Iritasi juga mungkin terjadi dan kulit mungkin akan mengelupas. Meskipun begitu, semua hal ini biasanya akan hilang setelah jarak seminggu dan kulitmu akan lebih lembut dengan masalah warna kulit yang lebih berkurang sebagai hasilnya.

Sedangkan pada dermabrasi, ahli kulit akan melakukan semacam operasi kecil untuk mengikis permukaan kulit. Tindakan ini tidak memerlukan waktu yang lama, dan bisa dilakukan hanya satu kali saja. Setelah dermabrasi usai, wajahmu mungkin akan memerah dan bengkak, atau gatal, nyeri, dan terbakar. namun efek ini akan segera menghilang setelah selang 7-10 hari pasca dermabrasi.

Tips 5
Gunakan krim pemutih yang mengandung Hydroquinon. Krim ini akan menghilangkan pigmen gelap dari kulit dan pada umumnya digunakan untuk mengatasi masalah gangguan kulit yang serius seperti vertiligo. Namun begitu, krim ini juga bisa diterapkan untuk membantu memudarkan tanda bekas jerawat. Namun orang yang aslinya berkulit gelap sebaiknya tidak menggunakan krim ini, karena bisa bertahan secara permanen dalam memutihkan tanda tersebut.