≡ Menu
werno-werno.com

Cara Cepat Menghilangkan Berbagai Jenis Noda Pakaian

Tentu kita pernah mengalami kejadian di mana makanan yang kita makan tak sengaja tumpah di pakaian favorit kita, ada seseorang yang menabrak dan menumpahkan anggur merah ke kemeja, teriris pisau dan baju kita terkena noda darah, atau kita meninggalkan noda lipstik di kerah baju suami. Nah, lebih parah lagi jika ternyata baju tersebut merupakan baju pinjaman atau baju yang baru saja kamu beli. Tentu hal tersebut bisa membuatmu frustasi. Jangan khawatir! Noda-noda yang tampaknya sangat sulit dihilangkan seperti noda darah, anggur merah, atau minyak sebenarnya mudah diatasi jika kamu menemukan trik yang tepat. Berikut adalah trik membersihkan noda di baju dengan cepat :

Noda rumput

Tentu menyenangkan saat sang buah hati bermain bola di lapangan, tapi senyummu mungkin memudar saat kamu melihat ada noda rumput pada celana pendek favoritnya. Jika kamu merasa ngeri membayangkan anak-anak berjalan kasar di halaman karena pekerjaan yang harus dimasukkan ke dalam pakaian mereka sesudahnya, jangan khawatir lagi. Noda rumput tidaklah sesulit seperti yang terlihat.

Noda rumput pada pakaian bisa dihilangkan dengan sikat gigi tua dan pasta gigi putih polos; Pastikan kamu menggunakan pasta gigi yang bukan gel. Taruh sejumlah kecil pasta gigi ke noda, lalu celupkan sikat gigi ke dalam air bersih dan gunakan untuk menggosok noda. Ulangi proses ini sesuai kebutuhan untuk merawat semua noda. Bilas area dan cuci pakaian seperti biasa.

Penghilang noda darurat

Jika kamu tak sengaja terkena tumpahan makanan di gaun favoritmu saat di restoran, maka jangan panik. Makan malammu semestinya tidak usah terganggu selama kamu memiliki minuman bersoda di sekitarmu. Langsung gunakan club soda untuk menghilangkan noda dalam sekejap. Terapkan club soda dengan kain bersih dan basah di atas noda.

Noda darah

Jika kamu teriris pisau, hal terakhir yang kamu pikirkan adalah untuk menghindari agar tidak mengenai bajumu. Tapi jika ternyata itu mengenai bajumu, maka gunakan hidrogen peroksida 3 %. Rendam bagian baju yang terkena noda darah dalam larutan hidrogen peroksida. Gunakan jari-jari tanganmu untuk membantu menghapus noda dan mengikis darahnya, lalu bilas dengan hidrogen peroksida yang lebih banyak lagi. Dalam kebanyakan kasus, noda darah akan hilang jika kamu segera mencucinya sesaat setelah terkena darah, sebelum nodanya berpeluang untuk mengering.

Metode lain untuk menghilangkan noda darah dari baju adalah dengan membasahi bagian kain yang ternoda menggunakan air, lalau taburi di atasnya dengan garam meja, lalu gosok-gosok nodanya, dan segera cuci bajunya seperti biasa.

Noda kerah baju

Kamu tidak perlu penghilang noda khusus untuk menghilangkan noda lingkaran di kerah baju. Kamu bisa dengan mudah menyingkirkannya menggunakan shampoo. Cukup tuang sedikit shampoo (shampoo jenis dan merek apapun tak jadi masalah, bahkan shampoo murahan sekalipun) ke kerah bajumu. Gosok kerah baju hingga bersih dan bilas. Lalu cuci seperti biasa.

Noda lipstick

Jika kamu tak sengaja meninggalkan noda bekas lipstick di baju pasanganmu, maka ada trik untuk menghilangkannya dengan cepat. Ambil bagian roti tawar yang berwarna putih untuk menyerap nodanya. Lalu bersihkan sisa remahan roti menggunakan sikat gigi berbulu halus yang bersih.

Noda minyak

Jika kamu sering menggunakan bajumu sebagai serbet, kamu tentu akan kesulitan menghilangkan bekas noda minyak yang menempel. Tidak hanya mereka susah untuk keluar, mereka juga tampak tidak mau membaur dengan serat kain, sehingga tampak menyolok. Nah, untuk menghilangkan noda minyak, maka taburi bagian yang terkena minyak menggunakan tepung maizena. Biarkan maizena menyerap minyaknya selama beberapa menit, lalu sikat. Noda minyak akan terangkat, dan kamu bisa terbebas dari noda minyak yang membandel.

Noda tinta

Jika kamu sering lupa menaruh pulpen yang terbuka di saku bajumu, maka kamu bsa menghilangkan noda tintanya dengan menggunakan alkohol gosok. Tuangkan alkohol gosok di atas area yang terkena tinta, lalu hapus menggunakan kain putih yang bersih. Cara lain untuk menghilangkan noda tinta adalah dengan membasahi kain spon dengan susu, lalu gosokkan pada noda tinta hingga lenyap.

Anggur merah

Jika kamu terkena tumpahan anggur merah, maka cobalah merendam area yang ternoda di dalam air dan lalu buatlah kantung di bagian baju yang terkena noda. Lalu, taruh krim tartar di area yang kamu buat kantung tadi. Ikat ujungnya dan biarkan kainnya terendam. Setelah direndam, celupkan di dalam air panas lalu cuci seperti biasanya.

Jika nodanya masih baru, segera taburi diatasnya dengan baking soda. Kemudian, sesegera mungkin bentangkan kain yang ternoda di atas mangkuk besar atau ketel, dan tuangkan air mendidih di atas nodanya.

0 comments… add one

Leave a Comment