Cara Cepat & Tepat Mencairkan Makanan Beku

by Ummi on November 6, 2015

Memang, dengan cara membekukan makanan kedalam freezer kulkas bisa membantu kita mengawetkan makanan yang belum sempat kita makan untuk tetap bisa dimakan nanti. Namun, untuk mencairkan makanan yang sudah terlanjur mengeras dan beku (thawing atau defrost) bisa menjadi kerumitan tersendiri dan bisa berbahaya jika tidak kita lakukan dengan baik dan benar. Makanan tersebut bisa berubah rasa, bahkan terkontaminasi bakteri jika kamu mencairkannya dengan cara keliru. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menggunakan beberapa cara cepat & tepat untuk mencairkan makanan beku berikut ini :

cara mencairkan makanan beku

Hindari suhu ruangan

Aturan pertama dalam mencairkan makanan beku adalah jangan sampai terkena suhu ruangan. Hanya dengan mengeluarkan makanan bekumu di atas meja dapur untuk waktu yang lama akan menimbulkan masalah.

Ingat, zona bahaya bagi pertumbuhan bakteri dalam makanan adalah antara suhu 5 derajat Celcius dan 60 derajat Celcius, dan meletakkan makanan beku di tengah-tengahnya, berarti berada pada ‘suhu ruangan’, yakni sekitar 20 hingga 22 derajat Celcius. Beberapa jam makanan beku berada di suhu ruangan akan dengan pasti membuat daging tersebut mencair, namun itu juga merupakan ladang bagi pertumbuhan bakteri, terutama saat bagian terdalam dari daging baru mulai mencair sementara bagian terluar sudah berada pada suhu ruangan selama beberapa jam.

Jika kamu baru benar-benar ingin memasaknya nanti, akan ada peluang bagus jika bakteri seperti E. Coli akan menjadi musnah dalam proses tersebut. Namun sebagai tindakan kemanan umum, akan lebih baik untuk menghindari membekukan daging dalam suhu ruangan. Lalu, apa saja alternatif lain untuk membekukan makanan beku?

Letakkan dalam rak kulkas

Bisa berhasil dengan : daging, buah, beberapa macam sayuran, dan makanan beku

Teknik mencairkan makanan beku yang paling umum dan yang paling aman adalah dengan mengelurakan makanan beku dari freezer dan meletakkannya di rak kulkas (refrigerator). Memang cara ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding dengan cara yang lainnya, namun kamu akan terjamin karena itu masih dalam batasan lingkungan dingin dari kulkasmu, sehingga tidak akan mengembangkan bakteri.

Manfaat lainnya adalah bahwa suhu dalam rak kulkas bisa diatur, sehingga proses pencairannya bisa lebih merata. Kamu perlu memastikan bahwa suhunya berada di 5 derajat Celcius ke bawah. Tentu, sebaiknya kamu lebih dekat ke suhu 5 derajat Celcius, karena dalam suhu tersebut daging bisa mencair dengan lebih cepat, namun suhu antara 3-5 derajat Celcius adalah zona yang terbaik. Selain itu, tidak ada metode pencairan super cepat dari suhu beku, sehingga kamu mungkin akan mendapatkan keseragaman dari semua metode yanag ada. Proses mengeluarkan makanan beku dari freezer dan diletakkan ke rak kulkas juga bisa menjaga makanan beku yang sudah tidak keras lagi lebih aman dikonsumsi untuk waktu yang lebih lama dan masih bisa mempertahankan kemampuannya untuk bisa dibekukan lagi.

Setelah mencairkannya di rak kulkas, item seperti daging cincang, semur daging, ayam, makanan laut, bisa tetap aman dan berkualitas baik untuk tambahan satu atau dua hari sebelum dimasak, dan potongan daging merah seperti daging sapi atau kambing, daging, dan steak, dengan tambahan 3-5 hari. Makanan yang dicairkan di rak kulkas juga bisa dibekukan kembali tanpa harus dimasak lebih dulu, meski akan mengalami penurunan kualitas.

Yang perlu diperhatikan adalah, metode ini akan membutuhkan banyak waktu. Tergantung pada ukuran dari makanan tersebut, kamu mungkin harus membiarkannya di rak kulkas selama antara mulai dari 8-24 jam. Jadi, paling tidak kamu harus memindah makanan beku ke refrigerator satu hari sebelum kamu memasaknya. Dan jangan lupa pula untuk mengalasinya dengan wadah agar air lelehannya tidak tumpah kemana-mana.

Rendam dalam air dingin

Berhasil dengan : daging dan buah

Jika kamu berencana untuk memasak makanan beku secepatnya, dan ingin makanan itu segera mencair, merendamnya dalam air dingin bisa menjadi pilihan yang bagus. Meski begitu, cara ini memerlukan perhatian, sehingga tidak sesimpel seperti ‘taruh, dan lupakan’ yang bisa kamu lakukan kala menaruhnya di dalam rak kulkas.

Kamu perlu untuk membungkus makanan beku dalam kantung plastik klip, dan pastikan bahwa tidak ada kebocoran. Jika makanan bekunya sudah dibungkus plastik, hanya sebagai jaga-jaga, masukkan kembali kedalam plastik klip. Berhubung kamu akan mencelupnya didalam air dingin, maka lebih baik cari jalan yang aman daripada menyesal nanti.

Ambil mangkuk yang seukuran dengan makanan bekumu dan isi dengan air keran yang dingin. Tenggelamkan makanan yang sudah kamu segel ke dalam air ini. Kamu harus mengganti air ini saat sudah menjadi berada pada suhu ruangan (rata-rata setelah sekitar 30 menit). Jika cara ini tampaknya masih kurang berhasil, maka kamu juga bisa menjaganya tetap berada dibawah air keran yang mengalir deras selama mungkin hingga mencair. Namun cara ini akan menggunakan banyak sekali air.

Tergantung dari ukuran dan sifat alami dari makanan bekumu, ia akan mencair dalam waktu kurang lebih satu jam, namun jika ukurannya besar, maka bisa hingga tiga jam. Dan yang perlu diingat, makanan beku yang dicairkan dengan metode ini, tidak bisa dibekukan kembali, jadi kamu harus segera memasaknya hingga habis.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2